Mau Pensiun Dini? Coba 7 Cara Menghasilkan Uang Ini

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Pernahkah anda mengalami kejadian, semacam ini “uangnya sudah ditransfer ya” atau ”selamat komisi afiliasi anda cair” atau “seseorang memesan produk XX di situs X” lewat notifikasi ponsel atau email? Ya, ini adalah beberapa contoh bagaimana aset yang telah anda bangun mampu dijadikan mesin uang kapan saja baik pagi, siang, atau malam.

Maka, mungkinkah menghasilkan uang atau memperoleh pendapatan pasif bahkan pada saat anda sedang tertidur? Mungkin kedengaran klise bagi sebagian orang. Namun, tentu saja, pendapatan pasif ini tidak langsung jatuh dari langit, melainkan bekerja melalui aset yang telah dibangun sekian lama.

Sejak kita hidup di era internet, bukanlah sesuatu yang tak mungkin untuk menghasilkan uang ekstra sebagai hobi atau malah penghasilan utama. Berikut adalah beberapa contoh nyata, bagaimana aset-aset yang dibangun mampu memberi anda pendapatan pasif;

Mulai nge-Blog

Salah satu cara populer bagaimana bisa memperoleh pendapatan pasif adalah dengan membuat dan menulis blog. Anda tak perlu menunggu waktu lama untuk membuatnya, beli domain dan hosting, lalu tinggal pasang berbagai plugin.

Pastikan pula anda menulis konten menarik bagi banyak orang, anda pun bisa memulainya dari keahlian anda. Misalnya, anda seorang akuntan, maka buatlah konten yang membantu para pemilik bisnis dengan informasi seputar laporan keuangan atau pajak.

Ketika pengunjung anda sudah banyak, maka anda bisa menyewakan ruang iklan, sponsor, atau memperoleh komisi afiliasi yang menjadi sumber pendapatan.

Membuat keanggotaan komunitas berbayar

Jika anda seorang figur yang cukup dikagumi dengan keahlian yang anda miliki, maka anda bisa membuat komunitas dengan sistem anggota berbayar per bulan. Salah satunya dengan menyediakan konten dan informasi berkualitas tinggi yang tidak didapat oleh non-anggota.

Contohnya, adalah blogger Timothy Sykes yang mampu menghasilkan lebih dari 100 ribu dolar per bulan pendapatan pasif lewat komunitas keanggotaan berbayar yang mendiskusikan bagaimana menghasilkan uang lewat trading saham.

Jual beli situs

Jika anda cukup baik menaruh perhatian untuk membangun situs yang baik hingga mendapat banyak trafik, maka anda punya peluang untuk menjualnya dengan harga tinggi. Ada marketplace seperti, Flippa yang melayani jual beli situs-situs dan tentu saja anda dapat menghasilkan banyak uang di sana.

Menjual produk fisik

Seperti halnya situs blog yang menjual produk digital, anda juga bisa mendapat penghasilan dengan menjual produk fisik. Misalnya saja, dimulai dengan menjual produk bekas namun layak pakai lewat situs eBay, Kaskus dan lainnya. Namun, apabila anda tidak memiliki produk apa pun untuk dijual, maka anda bisa memulai dropshipping. Selain marketplace, anda juga bisa menjual produk di toko online sendiri lewat banyak penyedia jasa pembuatan toko online.

Investasi saham

Saham kian menjadi salah satu bentuk investasi yang populer belakangan terakhir ini. Anda pun dapat menghasilkan keuntungan hingga beberapa tahun, dan internet telah memudahkan kita untuk melakukan riset terhadap jenis saham yang ingin kita beli.

Menyewakan properti

Di era sharing economy sekarang, siapa pun mampu menjadikan asetnya menjadi sumber duit. Kalau di sektor transportasi, dunia mengenal Uber, maka di sektor properti, kita tentu mengenal Airbnb di mana seseorang dapat menyewakan sebuah ruang kosong di rumahnya bagi para pelancong atau traveler.

Royalti

Anda seorang musisi, aktor, atau penulis berbakat? Maka, bisa dipastikan anda bisa memperoleh pendapatan pasif dari pekerjaan anda tersebut. Dengan kata lain, orang akan membayar anda dalam bentuk royalti lewat pemanfaatan hasil karya atau aset kreatif anda.

Dok. enterpreneur

 

 

One thought on “Mau Pensiun Dini? Coba 7 Cara Menghasilkan Uang Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.