Jalan Keliling Dunia Sambil Dibayar? Yuk, Coba Tujuh Cara Ini

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Di awal tahun 2014, pasangan Jarryd Salem dan Alesha Bradford meninggalkan negaranya Australia untuk berkeliling dari mulai Thailand hingga Afrika Selatan tanpa mengambil penerbangan tunggal.

Sejak itu, mereka menghabiskan banyak waktu di jalan, berkeliling kemana saja dari mulai Mongolia, Vietnam, hingga Tajikistan. Di tahun 2015, mereka mampu mengumpulkan 1500-2000 dolar per bulan hasil dari jalan-jalan. Belakangan tahun terakhir, usaha mereka makin menanjak, dan kini mereka bisa meraup keuntungan antara 2000-6000 dolar per bulan. Kok bisa ya?

Seiring meningkatnya penghasilan, mereka pun membuat misi untuk menginspirasi lainnya yang ingin mengikuti jejak mereka. Salah satu yang dilakukan adalah menjadi transparan mengenai dari mana saja sumber penghasilan mereka.

“Sebagai travel blogger, kami memiliki produk digital dan menghasilkan uang lewat afiliasi, jika anda berada di industri ini, anda pasti memahami artinya. Ini menjadi jalan yang menginspirasi bagi banyak orang,”kata Jarryd Salem alias Jazza kepada Business Insider.

Jazza merupakan seorang petualang, antropolog, penulis, guru, seniman, dan pemandu wisata. Ia merasa belum berkontribusi maksimal terhadap seluruh profesi ini, namun kondisi itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mencoba.

Melalui blog yang dibangunnya bernama NOMADasaurus, ia mengungkapkan pengalaman tanpa batasnya lewat tulisan-tulisan yang antusias dan menginspirasi. Misinya adalah mendorong banyak orang untuk keluar dari zona nyaman, lakukan hal yang ingin anda lakukan, kunjungi tempat-tempat yang belum pernah diimpikan sebelumnya.

Kami percaya tidak ada benar dan salah untuk bepergian. Setiap orang punya gaya masing-masing, tujuan dan hasrat untuk berkeliling dunia. Tak peduli, anda seorang penggemar backpacker, petualang, penganut perjalanan mewah, budaya, sejarah, yang terpenting anda melangkahkan kaki untuk melihat apa yang dunia tawarkan,”ujarnya.

Kini, blog yang dikelolanya tidak hanya menjadi sarana baginya untuk menyebarkan passion-nya, namun juga bisnis. Saat menjalankan blog-nya NOMADasaurus bersama pasangannya, beginilah cara ia menghasilkan uang;

Sistem afiliasi

Dalam sistem afiliasi, seorang blogger dapat menyisipkan sebuah link yang menuju ke situs ritel atau jasa perusahaan yang dipromosikannya. Ketika pengunjung situs atau blog anda mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka anda akan menerima bayaran dari perusahaan yang dipromosikan itu sebagai referal.

NOMADasurus sendiri berhasil meraup pendapatan dari mulai 100-1000 dolar per bulan sebagai referal dari beberapa produk, seperti hotel, dan asuransi perjalanan. Namun, menurut Salem jumlah itu masih sedikit dibandingkan blogger lain yang mampu menghasilan 5000, 6000, bahkan 7000 dolar per bulan.

“Itulah industri kami. Jika anda melihat orang-orang yang fokus pada bisnis berbasis afiliasi dengan kekhususan tersendiri, maka mereka pun mampu menghasilkan lebih,”ujarnya.

Perjalanan media

Dalam perjalanan media (press trip), perusahaan tur dan turisme, atau hotel akan membayar para blogger untuk menikmati pengalaman area, pelayanan, serta fasilitas untuk dibagikan ceritanya dengan para pembaca mereka melalui tulisan, video, atau foto-foto.

NOMADasaurus sendiri memberi patokan harga 2000 dolar untuk sebuah perjalanan seperti itu, sedangkan banyak blogger lain yang memberi patokan bayaran lebih dari itu, tentu saja bagi mereka yang profesional dalam dunia videografi atau fotografi.

Kampanye sponsor

Kampanye sponsor hampir mirip dengan iklan tradisional, misalnya seperti memasang banner iklan di sebuah situs, blog, atau sosial media terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

“Mereka biasanya akan menghubungi kami dan meminta kami untuk menulis tentang kegiatan apa yang mereka lakukan. Kami menentukan kisaran harga sekitar 800-1000 dolar untuk satu buah tulisan dan beberapa mention di artikel lainnya.

Sebisa mungkin kami akan mencoba dulu produk atau jasanya sebelum mempromosikannya,”kata Salem.

Menulis freelance

Tak hanya mengurus blog pribadinya, Salem juga menjadi penulis freelance di beberapa situs. Ia bisa meraup dari mulai 20 hingga 500 dolar per tulisan. Sedangkan, untuk penulisan copywriting,  ia bisa meraup 150 dolar per tulisan.

Promosi sosial media

Banyak perusahaan pula yang membayar blogger untuk menjalankan kampanye Twitter dan Instagram di mana blogger tersebut akan mengambil alih sementara akun perusahaan tersebut untuk membagikan foto dan konten lainnya kepada audiens.

Bahkan, beberapa blogger bisa dipekerjakan untuk menangani percakapan dengan audiens terkait produk atau layanan. NOMADasaurus sendiri pernah meraup 350 dolar untuk percakapan Twitter, dan Instagram  sebuah perusahaan turisme, di mana mereka pernah meraup hingga 750 dolar.

Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu layanan yang paling banyak dimanfaatkan oleh para blogger. Secara umum, layanan ini memungkinkan Google menaruh sebuah iklan di sebuah situs, dan membayar pemilik situs untuk setiap klik dari pengunjung. Salem menjelaskan, Adsense biasanya tidak terlalu menghasilkan uang yang besar, karena blogger biasanya membutuhkan trafik yang sangat tinggi jika ingin berhasil di layanan ini.

Produk digital

Penghasilan lainnya yang bisa diperoleh seorang blogger adalah produk digital, seperti e book, atau kursus online, di mana menjadi sumber penghasilan pasif. Sebuah e book biasanya dijual antara 15 sampai 20 dolar per buahnya, dan kursus online untuk travel blogger biasanya berada di kisaran 250-300 dolar.

Baca juga: 5 Tips Berhemat Saat Bepergian ke Luar Negeri

Businessinsider

Leave a Reply

Your email address will not be published.