5 Tips Berhemat Saat Bepergian ke Luar Negeri

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Liburan akhir tahun masih seminggu lagi, apakah anda termasuk yang displin menyediakan dana liburan?

Ketika kita bepergian ke luar negeri dan menceritakan perjalanan kepada kerabat mungkin banyak di antara mereka bertanya, “Bagaimana anda berhemat untuk waktu perjalanan yang panjang? Berapa lama anda menabung?” dan sebagainya.

Tentunya, setiap orang memiliki cara pengelolaan uang sendiri-sendiri. Berikut adalah kisah dan tips yang diberikan ala pasangan travel blogger Jarryd Salem dan Alesha Bradford agar anda bisa mewujudkan perjalanan impian, namun tetap berhemat dengan anggaran yang dimiliki.

“Kami pulang setelah perjalanan pertama di tahun 2010 dalam kondisi masih berutang, tepatnya 25 ribu dolar dari kartu kredit.  Kami berdua bekerja keras, karena kami masih menginginkan perjalanan berikutnya,”kata Alesha.

Alesha memiliki 2 pekerjaan paruh waktu, sebagai asisten penjualan di toko ritel, dan kasir/barista di kafe. Sedangkan, pasangannya Jazza memiliki pekerjaan di industri konstruksi. Mereka bekerja keras dan hidup sederhana selama 10 bulan ke depan demi membayar utang hingga mampu menabung sebesar 20 ribu dolar.

Nah, berikut adalah beberapa tips agar anda mampu berhemat selama perjalanan, terutama saat bepergian ke luar negeri dalam waktu cukup lama;

Anggaran, anggaran, anggaran

angaran jalan-jalan

Anda ingin bepergian jauh, memang anda tidak boleh abai dengan anggaran, bahkan soal anggaran ini harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum bepergian. Jika anda ketat mengatur anggaran, akan membuat anda menghemat lebih banyak.

Anggaran yang dibutuhkan bagi kami di antaranya;

  • Sewa
  • Makanan
  • Bills/tagihan
  • Kartu kredit/debit
  • Sosial
  • Tabungan

Belanja produk lokal

ben tre vietnam
dok. style hi club

Saat berkunjung ke Ben Tre Vietnam, pasar buah lokal terlihat lebih berbeda. Jika anda belanja produk lokal, terutama buah di negeri ini, maka anda akan temukan buah segar dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Tentunya, cara ini akan jauh lebih hemat dibandingkan anda harus membelinya di supermarket modern.

Borong belanjaan & masak sendiri

tips bepergian ke luar negeri
dok. delisha

Memborong belanjaan, terutama bahan makanan bisa juga dilakukan apabila tempat anda menginap memungkinkan anda untuk memasak bahan makanan itu. “Kami dulu sering membeli roti, daging, buah, dan sayuran dalam jumlah besar  saat musim diskon dan menyimpannya di lemari pendingin,”ujar Alesha. Dengan memasak sendiri, tentunya anda bisa menghemat uang antara 50-75 dolar per minggu, tergantung dari negara dan kurs mata uang yang berlaku.

Patuhi rencana perjalanan

tips bepergian ke luar negeri
dok. visihow

Sebelum bepergian, biasanya kita akan membuat semacam rencana perjalanan atau itinerary, salah satunya berisi tentang daftar tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Pastikan, anda mematuhi rencana perjalanan itu, untuk menghindari agar anda tidak menghabiskan lebih banyak anggaran lagi di luar rencana perjalanan.

Pakai transportasi massal/berjalan kaki//sepeda

tips bepergian ke luar negeri
dok. locallife

Di luar negeri, biaya parkir biasanya dipatok cukup mahal, maka akan lebih baik jika anda menggunakan trasportasi umum massal, seperti kereta api, bis atau bahkan menggunakan sepeda atau berjalan kaki selama masih dijangkau. Cara ini cukup mengehemat tabungan anda.

 

Sumber: NOMADasaurus/Alesha Bradford

Leave a Reply

Your email address will not be published.