Ini 8 Alasan Mengapa Toko Online Anda Sepi Pengunjung

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Trafik situs jaringan (website) yang baik secara organik memang akan meningkatkan performa bahkan penjualan brand  bisnis dan perusahaan anda. Sebuah studi oleh Nielsen Norman Group menemukan bahwa para pengunjung akan bertahan pada sebuah situs di kisaran antara 10-20 detik.

Para pengunjung juga akan bertahan lebih lama jika mereka menemukan sesuatu yang berharga atau menarik. Untuk sebuah bisnis, setiap detik tentunya berharga. Tidak ada trafik berarti tidak ada penjualan.

Beberapa faktor mungkin bisa menentukan nilai dari sebuah situs. Berikut adalah beberapa masalah yang akan menentukan presentasi situs anda dan bagaimana untuk bisa mendapat trafik yang lebih baik;

Kualitas visual rendah

Banyak tulisan yang membahas tentang kekuatan visual dalam komunikasi. Studi tahun 1986 yang dilakukan oleh University of Minnesota’s Management Information Systems Research Center menyatakan presentasi menggunakan visual menambah 43 persen keyakinan para audiensnya.

Minim ulasan atau testimoni

Jika sebuah situs tidak memiliki ulasan atau testimoni, artinya bisnis tersebut telah kehilangan alat pemasaran yang mudah dan efektif. Testimoni dapat meningkatkan kepercayaan atas penawaran perusahaan baik produk atau jasa. Tidak hanya itu, sebuah testimoni juga dapat menggiring calon pelanggan baru untuk melakukan pembelian.

Penggunaan warna tak tepat      

Faktor lainnya yang menyebabkan penjualan rendah adalah penggunaan warna yang tak tepat pada situs perusahaan tersebut. Pernahkah anda membuka sebuah situs web atau blog dengan warna tulisan nge-jreng dan kontras dengan warna background-nya? Bikin sakit mata rasanya ;(

Brand yang kuat dapat diingat dan dikenali oleh konsumen, bahkan melalui penggunaan komposisi warna yang pas. Perusahaan dapat saja kehilangan kredibilitas apabila situs yang mewakili brand perusahaan tidak menampilkan warna yang impresif.

Pilihlah template themes terbaik atau mintalah jasa profesional untuk mendesain tampilannya jika situs atau toko online anda ingin terlihat unik dan personal.

Informasi basi

Coba anda telusuri situs perusahaan anda sampai bagian bawah, kapan hak cipta terakhir? Apakah konten terus diperbarui? Sebuah tampilan situs yang terlihat basi dan tak pernah diperbaharui, tentu saja menurunkan minat pengunjung untuk melihat-lihat lebih dalam.

Biasanya, para pemilik toko online juga cenderung tidak maksimal memanfaatkan fitur blog. Padahal, makin banyak dan berkualitas konten yang disajikan, akan meningkatkan pengunjung dan peringkat situs web tersebut di mesin pencari. Upayakan-lah selalu memperbaharui konten secara berkala.

Sulit ditemukan

Situs jejaring paling baik di dunia pun menjadi tak berguna, jika tak ada satu pun orang yang bisa menemukannya terutama di mesin pencari Google. Seorang wirausaha harus mengetahui banyak hal tentang optimasi mesin pencari (Search Engine Optimazation/SEO) untuk meningkatkan peringkat halaman situs anda agar mudah dalam pencarian. Tak hanya itu, mengetahui cara-cara berpromosi atau beriklan di era digital juga penting bagi pemilik bisnis online saat ini.

Tidak mobile friendly

Situs perusahaan mungkin bisa tampil menawan dengan segala seni desainnya ketika dibuka di komputer anda (personal computer/PC), namun tak demikian halnya ketika dibuka di ponsel atau gadget jinjing lainnya. Jika begitu, maka perusahaan akan kehilangan segmen yang tengah tumbuh di ranah online.

Sulit temukan kontak

Ketika berada di sebuah toko, pernahkah anda membutuhkan bantuan, namun semua respresentasi penjualan tak ada di tempat? Di ritel, hal tersebut mungkin kerap terjadi, begitu pula di ranah online.

Jika pelanggan anda memiliki pertanyaan atau bantuan lainnya, maka kontak informasi pada situs tersebut harus mudah ditemukan. Misalnya, menyediakan fitur live chat juga sangat membantu bisnis anda.

Waktu loading lama

Selain ingin mendapat konten yang informatif, para penikmat dunia digital adalah tipe orang yang ingin serba cepat dan praktis dalam memenuhi setiap kebutuhannya. Sekalipun, ada sebuah situs yang bisa menarik perhatian banyak pengunjung,  namun jika waktu loading terlalu lama, maka siap-siap saja akan ditinggal.

*enterpreneur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.