6 Tips Mengoptimasi Fanpage Facebook untuk Bisnis

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Salah satu kelebihan Facebook bagi para pebisnis online adalah fitur fanpage. Bagi anda yang sedang menggeluti bisnis, memperbarui konten fanpage adalah keharusan. Lalu, kapan kira-kira terakhir kali anda memperbarui Fanpage facebook anda?

 

Anda tertarik untuk membuat sesuatu yang lebih profesional dan pengalaman berkesan bagi para pengunjung halaman facebook anda? Ada beberapa taktik yang bisa anda gunakan untuk membuat halaman (fanpage) lebih menarik untuk bisnis. Simak penjelasannya berikut ini;

 

Menyediakan informasi perusahaan lengkap

fanpage facebook

fanpage facebook

Selama ini mungkin anda berpikir bahwa tak ada seorang pun yang memperhatikan deskripsi bisnis, sayangnya pemikiran seperti ini salah besar. Menyediakan informasi bisnis yang baik di halaman facebook dapat membantu anda terlihat lebih profesional, dan pastinya terpercaya. Contohnya saja, perusahaan kreatif pakaian Threadless yang memiliki informasi mengenai perusahaan super lengkap. Pastikan juga, anda menulis username sesuai dengan nama brand-nya. Isi juga bagian lokasi, jam buka, dan alamat, rangkum juga dalam deskripsi singkat mengenai perusahaan anda.

 

Memperkuat branding dengan cover dan foto profil

fanpage facebook

Foto cover memiliki visibilitas tinggi pada halaman facebook. Pastikan juga foto cover secara visua menarik dan memiliki resolusi tinggi, serta sejalan dengan gaya brand anda. Selain itu, foto profil juga memiliki tujuan yang jelas. Contohnya saja, merk minuman bir Redhook Brewery yang lebih menampilkan foto profil dengan produk dengan latar dikelilingi makanan dan barbeque di luar ruangan.

fanpage facebook
Dengan gaya ikonik dan pilihan warna tepat dan kreatif, audiens akan langsung mengenali si pemilik brand ini.

Cobalah untuk menambahkan konteks pada produk di foto cover fanpage anda. Pastikan pula, foto cover anda beresolusi 828×315 pixel pada desktop komputer dan 640×360 pixel pada ponsel pintar. Jangan lupa untuk menambahkan link situs untuk menarik pengunjung.

 

Tambahkan tombol tindakan yang relevan

fanpage facebook

Pastikan anda menambahkan tombol tindakan (Call to Action/CTA) yang sesuai dengan tujuan anda. Di halaman facebook, anda memiliki banyak opsi, seperti Book Now, Send Message, Use App, Play Game, Shop Now, Sign Up, Watch Video, Send Email, Learn More, dan Request Appoinment.

Pin postingan penting di halaman paling atas

fanpage facebook

Pin postingan penting ke halaman paling atas Facebook, sehingga akan menjadi perhatian dan meningkatkan visibilitas. Untuk melakukan pin post, klik bagian pojok atas kanandari postingan dan pilih Pin to Top dari menu. Berikut adalah tipe postingan penting yang ingin anda naikkan ke atas:

-Pin post yang memiliki sensitivitas waktu, seperti promosi event atau kontes dengan tenggat waktu tertentu.

-Tandai konten top ; jika anda melakukan banyak upaya untuk membuat konten yang menganggumkan seperti, post blog atau ebook, pertimbangkan memberi tanda cinta ekstra dengan pin post.

-Konten fitur kolaborasi dengan perusahaan lain; Pin post juga bisa mempromosikan konten kolaborasi brand anda dengan perusahaan lain.

Buat pencapaian perusahaan di timeline halaman

fanpage facebook

Milestone merupakan tipe spesial postingan di Facebook yang menggarisbawahi pencapaian atau agenda. Ini merupakan cara terbaik untuk membagi sejarah brand anda, dan memberi konteks cerita untuk perusahaan . Misalnya, tahukah anda Taco Bell, sebagai restoran cepat saji pertama yang menawarkan isi ulang air minum gratis?

Buat dan kelola tabel halaman

fanpage facebook

Setiap halaman facebook memiliki tabel dasar seperti Tentang, Events, dan Foto. Secara otomatis, hanya empat tabel yang terlihat. Sedangkan, yang lainnya tersembunyi di balik More tab. Jika anda mau membuat prioritas tabel, klik Manage Tabs untuk mengaturnya.

 

Dok. socialmediaexaminer

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.