5 Cara Mengetahui Anda Sudah Memiliki Ide Bisnis Hebat

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Siap untuk memasuki dunia wirausaha? Untuk mencapai kesuksesan start up, tentu saja anda membutuhkan ide bisnis yang hebat. Menciptakan ide bisnis tidak hanya sekedar idealis atau bagus saja, namun anda perlu menguji ide tersebut di pasaran agar terus eksis.

Jika anda menyadarinya, banyak sekali risiko ketika memasuki dunia ini, maka penting untuk mengetahui seberapa tepatkah ide yang bisa dieksekusi nantinya oleh anda sendiri. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus diajukan ke diri sendiri sebelum anda menjalankan ide bisnis tersebut. Berikut di antaranya seperti dilansir Business News Daily;

Apakah ide ini menyelesaikan masalah?

ide bisnis

Bikin bisnis gak bisa nyelesain masalah orang? Coba pikir lagi deh 😉

Pendiri sekolah desain web The Starter League Mike McGee mengatakan, ide bisnis yang hebat adalah yang mampu menyelesaikan masalah tertentu.

“Jika ada masalah yang menggangu teman, keluarga atau kolega anda, maka besar kemungkinan menganggu sebagian orang lain pula bukan? Berangkatlah dari pengalaman di sekitar anda,”ujarnya.

Buat ide bisnis dengan dua pilihan tujuan,  “berguna atau menghibur” 🙂

Maukah orang membayarnya?

ide bisnis

Menurut co-founder dan CEO Fundable Will Schroter, ketika ada orang yang bersedia membayar untuk ide bisnis anda, berarti anda punya peluang untuk sukses.

“Ide hanya sekedar ide sampai ada pelanggan yang mau membayar atau membelinya. Semua orang dapat meremehkan sebuah ide sederhana, namun tidak ada yang bisa meremehkan pelanggan yang bersedia membayarnya,”ujarnya.

Berapa harga yang ingin ditentukan?

ide bisnis

Founder & Partner firma investasi H3&Co, Charlie Harary mengatakan, bahwa ada begitu banyak cara untuk menyelesaikan masalah, Ide bisnis yang besar mampu melakukannya dengan cara tidak lebih mahal daripada kemampuan daya beli pasar yang dituju.

“Ketika anda menentukan apa yang dapat memecahkan masalah pada skala tertentu, maka anda perlu menentukan tak hanya nilai yang ingin anda sampaikan, tapi orang seperti apa yang rela membayar untuk nilai barang/jasa anda itu. Dengan begitu, anda akan tahu seberapa berharga kah ide bisnis anda,”kata Harary.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Anda Sudah Memiliki Ide Bisnis Hebat – Bag 2

Seberapa besar pasar untuk ide bisnis anda itu?

ide bisnis

Tanpa, pasar yang cukup besar, ide bisnis anda mungkin tidak akan bisa melesat. CEO shapewear company, Hourglass Angel, Ruben Soto mengatakan, bisnis anda harus mampu mengakomodasi pasar yang khusus.

“Mulailah fokus pada pasar khusus yang anda tahu, yang mampu melayani lebih baik, pastikan pasarnya cukup besar di mana anda bisa melayani pelanggan lebih baik sebagai alternatif. Perusahaan besar tidak hanya fokus pada pasar khusus, sehingga selalu ada ruang untuk bersaing dan meningkatkan ekspektasi pelanggan,”ujarnya.

 

Anda cukup bergairah mengerjakannya?

ide bisnis

 Passion, penting untuk memastikan bahwa anda cukup bergairah mengerjakan ide bisnis itu agar dapat sukses. Melissa Bradley, executive in residence & director of entrepreneurship & innovation Kogod School of Business American University mengatakan, memulai sebuah bisnis membutuhkan waktu, energi dan kesabaran yang besar. Maka, pastikan bahwa ide bisnis anda itu adalah sesuatu yang benar-benar anda inginkan, misalnya anda punya keahlian dan pengalaman di dalamnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.