Cara Bisnis Online: Di Mana Potensi Uang Tersembunyi di Era Digital?

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

bisnis online

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis secara online, memiliki ide tepat mengenai bisnis yang akan dijalankan sangatlah penting. Tak peduli seberapa brilian ide bisnis yang anda punya, tanpa perencanaan baik, kesabaran, dan pemikiran matang, bisnis tersebut bisa mati.

Membangun sebuah bisnis online membutuhkan dedikasi sungguh-sungguh atas waktu dan upaya. Begitu pula komitmen, dan kemauan untuk tetap bertahan pada apa pun yang terjadi.

Saat ini pun beredar banyak istilah mengenai Internet Marketing, Online marketing, Jualan Online, Bisnis Online, atau apapun namanya, pada intinya adalah memasarkan sebuah Produk. Apa medianya? INTERNET

Intinya, Internet Marketing adalah bagian dari sebuah rencana dan proses marketing dan menjual secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus dipahami sebelum anda memulainya;

ADA PRODUK — ADA TARGET MARKET YANG DITUJU

Istilahnya adalah PRODUCT MARKET FIT— Benarkah produk jualan kita diingingkan oleh pasar? Ini tahap pertama yang mesti dijalankan saat menjadi seorang internet marketer.

Maka, ada penentuan target market setelah itu, misalnya usianya, jenis kelaminnya, gender,  seberapa penting produk kita bagi mereka, lokasinya, kebiasaannya, dan lainnya. Semakin baik kita bisa mengurai target market, maka semakin mudah kita pula kita menjualnya.

MARKETING ATAU SELLING  DULU?

bisnis online

Banyak orang masih terkecoh dengan perbedaan antara marketing, selling, dan branding. Padahal, ketiga hal tersebut memiliki konsep dan hasil yang berbeda atas setiap upayanya. Praktisi Branding Pak Subiakto pun merinci perbedaan ketiganya;

MARKETING: Ini merupakan serangkaian kegiatan menciptakan DEMAND dengan tujuan MARKET SHARE. Contoh; Anda bisa mengutak-atik strategi PRODUK, PROMOSI, PRICE, atau PLACE.

SELLING: Serangkaian kegiatan untuk menciptakan STIMULAN dengan tujuan PEMBELI. Anda bisa menggarap prospek jadi pembeli hanya dengan tiga cara saja: DISKON, GRATIS, BONUS.

BRANDING: Serangkaian kegiatan menciptakan LOYALTY dengan tujuan menciptakan PELANGGAN. Contoh; Anda bisa menciptakan sesuatu yang membuat seseorang ingat terus pengalaman pertama saat mencoba produk atau jasa anda hingga akhirnya mereka membentuk PERSEPSI tentang anda atau bisnis anda.

 

Lalu apa itu SELLING? Menjual adalah proses yang sangat penting dalam sebuah bisnis jika ingin terus bertahan dan sukses.

Setelah mengurai target pasar, barulah kita bisa membuat strategi menjual untuk menaikkan omset. Beragam cara pun bisa anda lakukan misalnya memberi diskon atau bonus untuk calon pelanggan. Dalam bisnis online, proses ini bisa dilakukan lewat teknik Copywriting atau Covert Selling.

Apa yang bisa kita pasarkan di internet?

PRODUK FISIK
PRODUK DIGITAL
JASA

APA SAJA PERAN KITA?

PRODUSEN,

Produsen adalah orang yang membuat konsep produk untuk dipasarkan dan dijual. Maka, kita bisa langsung memasarkan produk kita (fisik atau digital) dengan keuntungan penjualan lebih maksimal. Hal ini karena salah satu fungsi internet memungkinkan PRODUSEN LANGSUNG BERHADAPAN DENGAN KONSUMEN tanpa distributor, karena peran distributor sudah digantikan oleh keberadaan teknologi.

AGEN, RESELLER, DISTRIBUTOR.

Kalau seseorang ingin membangun bisnis di dunia internet, yang perlu dibangun adalah konsepnya. Agen, reseller distributor merupakan bagian dari konsep bisnis. Mereka memiliki peran penting untuk memasarkan dan menjual produk si produsen dengan perolehan margin tertentu (ditetapkan produsen). Mereka juga biasanya fokus menjual produk tersebut di wilayah domisili tertentu.

DROPSHIPPER

Ada yang pernah dengar istilah dropshipper? Dropshipper pada intinya sama dengan agen atau reseller, atau distributor membantu menjualkan produk si produsen dengan margin keuntungan tertentu kepada calon konsumen. Hanya saja polanya, dropshipper tidak mengurusi packing dan shipping barang (pengepakan dan pengiriman) karena produk itu berada di tangan produsen.

AFFILIATE
Affiliate merupakan istilah lain dari agen atau reseller dalam dunia bisnis online. Affiliate membantu memasarkan produk atau jasa melalui website/blog pribadi. Maka, semakin kita mampu mengoptimalkan trafik (kunjungan), semakin banyak pula peluang orang melihat dan menjadi pembeli produk affiliate kita.

Cek info lebih lengkap DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.