Belum Punya Modal? Coba Tiga Pilihan Ide Bisnis Ini

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

bisnis rumahan

Banyak orang merasa enggan memulai bisnis karena merasa tidak punya modal. Padahal, memulai sebuah bisnis tidak melulu harus dengan modal besar. Meski, tidak punya uang bukankah anda masih memiliki aset yang lain, seperti otak yang masih berfungsi, dua tangan dan kaki yang masih lengkap, serta panca indera yang semuanya masih berfungsi sempurna.

Nah, maka itu, jika anda benar-benar tidak memiliki uang atau modal dengan jumlah terbatas, bukan berarti anda tidak memiliki opsi lain jika ingin memiliki bisnis sendiri. Maka, sangat mungkin jika anda memulai bisnis dengan uang yang tidak banyak, jika anda memiliki kombinasi tepat atas keterampilan, etos kerja, dan cara pemasaran.

Berdasarkan pernyataan Chris Guillebeau, penulis The US$100 Startup, “Untuk menjadi sukses dalam proyek bisnis, khususnya sesuatu yang anda senangi, akan membantu untuk memikirkan tentang keterampilan yang anda miliki yang dapat membantu orang lain,”

Berikut adalah beberapa opsi atau langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis saat anda hanya memiliki modal kecil atau bahkan tidak ada uang sama sekali.

Buat sesuatu (produk)

Ya, membuat sesuatu pastinya akan mengeluarkan biaya tertentu untuk ketersediaannya, namun sering kali, produk-produk ini dapat terjual melebihi dari ongkos produksi sebenarnya. Anda tentu bebas memutuskan apa yang ingin anda buat, namun belakangan tahun terakhir, banyak marketplace online bermunculan yang sia menjual produk-produk handmade anda.

Banyak para pebisnis produk handmade memulainya dengan modal sangat kecil, namun sekarang mampu berpenghasilan berkali-kali lipat.

Jika anda hanya mampu membuat produk dalam skala kecil, anda bisa menjualnya kepada orang-orang terdekat. Banyak pebisnis online pemula menjual produk mereka di banyak platform online untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya peluang. Namun, satu hal yang kerap terlupa, banyak pebisnis online pemula adalah kadang mereka lupa memperbarui informasi stok di situs penjualan.

Menjualkan barang milik orang lain

Nah, pilihan ini cocok bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan urusan produksi. Maka, masih banyak para pebisnis pemula yang memulai dulu dengan menjualkan produk milik orang lain. Hal ini mencakup beberapa cara:

Dropshipping: Bagi anda yang ingin menjual produk orang lain, tanpa mengeluarkan modal sama sekali untuk stok, maka anda bisa mencoba dropshipping. Anda hanya perlu memasarkan produk milik produsen berdasarkan materi foto dan keterangan produk (dari produsen), setelah barang berhasil terjual, anda akan mendapat komisi sesuai kesepakatan.

Reseller: Berbeda dengan teknik dropshipping, reseller adalah seseorang dengan tingkatan lebih tinggi, karena mereka sudah memiliki basis pelanggan yang cukup loyal juga. Para reseller biasanya membeli barang dalam jumlah tertentu untuk stok yang kemudian dijual kembali.

Jasa titip (jastip); Ini juga merupakan salah satu cara yang cukup banyak dilakukan banyak orang belakangan terakhir. Mereka datang ke mal-mal, untuk mencari barang-barang bermerk yang sedang mengadakan diskon, lalu menjualkan kembali secara online dengan menaikkan sedikit margin. Selain itu, mereka kerap membuka jasa titip barang bermerk tertentu, terutama bagi para pembeli yang berada di luar kota atau daerah.

Menjual jasa

Cara lainnya lagi memulai bisnis dengan modal kecil atau bahkan tidak ada sama sekali, adalah menjual jasa dibandingkan produk fisik. Begitu banyak jasa yang bisa anda tawarkan, tergantung dari latar belakang pendidikan dan hobi anda. Misalnya, membuka jasa akunting, biro hukum, penerjemah, desain, fotografi dan masih banyak lagi.

Lantaran anda menjual jasa, anda pun memerlukan rencana branding yang memastikan nama dan perusahaan anda dikenal banyak orang. Jika anda memahami teknik pemasaran online, anda bisa membuat blog pribadi atau mempromosikan diri dan jasa lewat sosial media.

—-

Memulai bisnis memang memerlukan otentisitas dan semangat melakukannya. Ketika anda mampu menemukan sesuatu yang membuat anda senang, anda pun akan lebih mudah menemukan cara untuk menghasilkan uang.

 

 

One thought on “Belum Punya Modal? Coba Tiga Pilihan Ide Bisnis Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.