8 Pilihan Karir Profesi yang Disukai Para Psikopat

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Orang yang menderita psikopat cenderung sulit diindetifikasi langsung, lantaran mereka kerap kali tampil normal dalam keseharian. Berdasarkan Diagnostic & Statistical Manual of Mental Disorders, seseorang dengan kepribadian psikopat didefinisikan sebagai kecintaan berlebih terhadap diri sendiri dan bakat memanipulasi orang lain.

Satu hal kecenderungan psikopat adalah pilihan karir profesi mereka. Misalnya, kita akan banyak menemukan mereka yang menduduki jabatan tertinggi, karena karisma, kekejaman, serta minim rasa takut. Mereka sangat baik membuat keputusan, tapi tak terlalu baik untuk melakukan pekerjaan yang penuh empati seperti, perawat, terapis atau pekerja sosial.

Baca juga:  Jurusan Kuliah yang Digemari Para Psikopat           

Kevin Dutton, seorang penulis dan psikolog yang khusus mengamati psikopat, dalam bukunya, The Wisdom of Psychopats: What Saints, Spies, and Serial Killers Can Teach Us About Success,” membuat daftar profesi yang cenderung menarik perhatian bagi mayoritas psikopat. Berikut adalah pilihan pekerjaan yang disusun berdasarkan popularitasnya:

1. CEO

karir
sumber: starpulse

Para psikopat cenderung memiliki yang dinamakan “ daya tahan hingga kekacauan”. Hal ini bukan berarti mereka selalu tenang di bawah tekanan, tapi kadang mereka juga menciptakan masalah untuk orang lain, karena hal itu akan membuat mereka tampil baik ketika semua orang di sekitarnya berjuang keras. Beberapa psikopat cenderung menggunakan cara ini untuk mencapai puncak karir paling atas.

2. Pengacara

karir
sumber: mentalfloss

Dalam bukunya “Confessions of a Sociopath: A Life Spent Hiding in Plain Sight,” sang penulis M.E. Thomas, yang menyebut dirinya sosiopat, merasa jika hal itu membantu dirinya menjadi seorang pengacara yang lebih baik.

Seorang pengacara Ruth Lee Johnson dalam tulisannya turut mengatakan, meski karakter psikopat cenderung memiliki kepercayaan diri tinggi, hati yang dingin, dan manipulatif lewat pesonanya bisa jadi cocok dengan profesi pengacara. Dalam konteks yang tepat, terkadang sifat-sifat itu bisa membuat seseorang tampil hebat.

3. Orang media di TV atau radio

karir
sumber: perezhilton

Sebagian psikopat juga kadang menunjukkan narsisme, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang banyak berhubungan dengan publik. Pilihan karir di media massa adalah salah satu pilihan psikopat karena di sini para pekerja diharuskan menampilkan ketenangan di tengah tekanan.

4. Sales

karir
sumber: mandatory

Seorang psikopat yang bekerja di bidang penjualan juga kerap menunjukkan karakter tidak malu, mempromosikan diri, mencuri daftar kontak orang lain, hasrat untuk memiliki banyak uang dan ketidakmampuan sebagai anggota tim. Tentunya, hal ini akan tergantung bagaimana perusahaan dan organisasi bekerja, bisa jadi mimpi buruk atau justru syarat yang diinginkan sebagai kandidat sales atau tenaga penjual.

5. Dokter ahli bedah

karir
sumber: the daily beast

Sebuah kajian yang dipublikasikan jurnal The Bulletin of The Royal Collage of Surgeons of England berupaya mencari tahu apakan dokter ahli bedah cenderung merupakan psikopat. Hasil menunjukkan bahwa imunitas terhadap stres adalah salah satu karakter menjadi dokter di mana faktanya, para dokter ahli bedah dituntut untuk mengambil keputusan cepat dan sulit setiap hari.

6. Jurnalis

karir
sumber: rollingstone

Berdasarkan daftar Dutton karakteristik psikopat, seperti mempesona, fokus, berhati-hati, kejam, dan beraksi , sangat menguntungkan bagi profesi jurnalis, terutama saat mereka dihadapkan pada deadline yang ketat dan harus mendapat jawaban segera dari sumber-sumber terpercaya.

7. Polisi

karir
sumber: eveningstandard

Psikopat tak selalu memiliki maksud tersembunyi. Salah satu karakter yang lain juga menjadi tenang di bawah tekanan. Polisi adalah pekerjaan yang cenderung berbahaya dan penuh tekanan, jadi sangat menguntungkan jika kamu bisa tenang di tengah krisis. Tak heran, jika penegakan hukum adalah karir yang baik bagi psikopat.

8. Chef

karir
sumber: theindependent

Banyak psikopat yang tak memiliki ketertarikan untuk menyakiti orang lain, jadi jangan khawatir jika orang yang berprofesi chef memiliki akses luas terhadap api dan pisau saat bekerja :D… Psikopat cenderung mampu bekerja di tengah kekacauan di mana yang lain mungkin bisa gagal. Inilah mengapa mereka mampu bekerja dengan baik di dapur yang begitu hectic.

 

Sumber: Inc/Businessinsider

Leave a Reply

Your email address will not be published.