Jurusan Kuliah Ini Ternyata Digemari Para Psikopat, Berdasarkan Sains

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Para peneliti telah lama mengenal psikopat sebagai salah satu gangguan kejiwaan. Namun, ternyata kondisi kejiwaan tersebut juga bisa dikaitkan dengan pilihan jurusan kuliah atau karir yang dipilih kelak.

Seperti yang dijelaskan dalam laman Psychology Today, psikopat digambarkan sebagai orang yang memiliki kelainan jiwa di mana bisa menampilkan diri mereka secara normal dan menawan, namun di sisi lain mereka tidak memiliki hati nurani dan rasa empati.

Banyak hasil temuan yang menyebutkan jika para pemimpin bisnis menjadi profesi dengan penderita psikopat terbanyak. Bahkan, ada salah satu penelitian yang mengklaim, bahwa satu dari lima pemimpin korporasi terindikasi memiliki sifat sebagai psikopat tingkat tinggi.

Para peneliti mengumpulkan lebih dari 400 mahasiswa yang memilih lima jurusan, seperti psikologi, ilmu politik, bisnis, ekonomi, dan hukum. Mereka dites untuk sifat yang disebut “tritunggal sisi gelap” termasuk tingkat, narsisme, Machiavellianism (filsafat tentang pemerintahan), dan psikopat.

Hasilnya, mereka yang masuk jurusan bisnis dan ekonomi memiliki kecenderungan sifat sisi gelap tertinggi dalam kepribadiannya. Sedangkan, ilmu hukum berada di posisi tengah, dan psikologi memiliki sifat gelap paling rendah.

Namun, hasil itu bukan karena budaya bisnis yang kemudian mengubah orang-orang menjadi psikopat (meski, training bisnis dapat menguatkan tendensi itu). Melainkan, karena sifat atau karakter keinginan memiliki kuasa secara alamiah cenderung ditawarkan oleh jurusan kuliah seperti bisnis dan ekonomi.

jurusa kuliah
sumber: businessinsider

Memang tak bisa dimungkiri, berdasarkan data Top 100 orang terkaya versi Forbes, lulusan jurusan bisnis mampu mencatatkan diri sebagai daftar orang terkaya dunia paling banyak, setelah jurusan teknik. Tercatat ada sebanyak 38 milyuner versi majalah Forbes merupakan lulusan bisnis di kampusnya.

Beberapa tokoh ternamanya adalah Ananda Krishnan lulusan business administration di Harvard Business School, seorang pebisnis asal Malaysia dan memiliki ragam bidang usaha, seperti media, telekomunikasi, minyak dan gas. Tak ketinggalan, Presiden AS Donald Trump, juga merupakan lulusan ekonomi Wharton School of the University of Pennsyilvania di mana sebelumnya ia memiliki banyak ladang usaha.

“Keinginan memiliki kuasa, status, dan uang menunjukkan karakter “tritunggal sisi gelap” di mana jurusan ekonomi, bisnis, dan hukum biasanya menjanjikan karir di dunia korporasi. Sedangkan, dunia korporasi cenderung lebih mendorong pada perilaku melayani diri sendiri, dan diisi orang-orang yang cenderung memiliki kepribadian narsistik untuk mencapai sukses,”kata seorang peneliti.

Kalau menurut kamu, gimana? Setuju nggak? 🙂

Sumber: Inc

One thought on “Jurusan Kuliah Ini Ternyata Digemari Para Psikopat, Berdasarkan Sains

Leave a Reply

Your email address will not be published.