7 Tips Jitu Mengelola Situs Web dan Meningkatkan Trafik

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

trafik website

Di era digital seperti sekarang, bukan hal aneh jika setiap orang bisa memiliki situs web sendiri untuk meningkatkan branding, baik bagi kepentingan personal maupun bisnis. Namun, nyatanya mengelola situs web, apalagi meningkatkan trafik kunjungan bukanlah hal sederhana dan mudah karena memiliki sebuah situs web seperti halnya merawat bayi baru lahir.

Bagi anda pemilik blog atau situs toko online, seberapa lama anda mengabaikan situs tersebut akhir-akhir ini? Situs web merupakan salah satu bagian penting dari sebuah bisnis. Dengan keberadaan situs web, tentunya akan memudahkan brand atau produk anda dikenal secara luas, bahkan menarik lebih banyak pelanggan lebih banyak.

Faktanya, memang tak ada jaminan, jika situs web sudah dibuat, orang langsung datang mengunjunginya. Tentu, butuh kerja keras untuk membangun tingkat kepercayaan. Berikut adalah beberapa tips jitu untuk mengelola situs web dan meningkatkan trafik yang harus anda lakukan secara konsisten;

Pilih  pengembang situs yang tepat

Sukses dimulai ketika anda memiliki fondasi yang kuat dan tepat. Langkah pertama, tentu adalah memilih pengembang situs atau penyedia hosting terbaik dengan layanan dan kualitas SDM yang baik pula. Ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih pengembang situs, di antaranya fasilitasi manajemen konten, fungsi, harga, fitur SEO, kapasitas memori, serta integrasi sosial media.

Perbarui konten secara reguler

Memperbarui situs dengan memposting tentang event terbaru perusahaan, promosi, atau artikel berita dan tips akan membuat bisnis anda lebih disukai oleh konsumen. Tak ada sesuatu yang menarik bagi pembaca, jika artikel terakhir anda terakhir anda perbarui 6 bulan atau bahkan setahun lalu.

Konten yang diperbarui terus menerus memungkinkan situs dan bisnis anda ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Jika anda terlalu sibuk, cari orang yang mampu menangani konten situs secara reguler, tidak mesti setiap hari, minimal seminggu sekali.

Pikirkan desain situs dengan baik

Orang banyak menilai bagus tidaknya situs web berdasarkan halaman utama dan desain keseluruhan. Jika situs anda kerap mengalami gangguan, lamban, teks eror, serta terdapat link yang patah, maka tak heran jika tidak ada orang yang ingin mengunjungi. Sering kali, kualitas produk dan jasa terlihat dari tampilan luarnya. Maka, jika anda ingin menarik trafik bahkan membuat orang yang mengunjunginya berlama-lama di situs anda, buatlah tampilan lebih menarik, perbaiki dari mulai halaman utama, navigasi, logo, dan gambar.

 

Review konten situs

Selain memperbarui secara reguler, anda juga perlu mereview postingan konten yang mendatangkan interaksi atau engagement terbaik bagi pembaca atau konsumen anda. Pada dasarnya, dasar sebuah konten adalah artikel blog, gambar, dan video. Sebelum dipublikasikan, pastikan tidak ada kesalahan dalam konten tersebut, pastikan pula isi konten merujuk pada sumber yang terpercaya. Isi konten yang baik akan mendatangkan koneksi yang baik pula untuk pelanggan berharga.

Optimasi SEO situs web

Tanpa optimasi SEO alias Search Engine Optimazation yang baik, maka situs web anda tidak akan bisa ditemukan di mesin pencari. SEO menjadi proses penting yang akan mengangkat trafik ke situs anda secara organik dan konsisten. Banyak cara dan teknik SEO yang bisa dilakukan agar situs anda mudah ditemukan, di antaranya melakukan riset kata kunci untuk pembuatan artikel. Namun, jika anda tidak memiliki banyak waktu, banyak orang yang menyewa jasa SEO untuk melakukannya untuk meningkatkan penjualan dan visibilitas.

Aktif di forum komunitas

Internet banyak dipenuhi oleh informasi dan opini para pengguna. Saat ini, banyak orang membagi sentimen atau keluhan atas sesuatu yang tidak disukai. Inilah mengapa pentingnya, anda bergabung dan aktif dalam forum komunitas. Jika memungkinkan, anda bisa juga menyelipkan link situs anda, di thread atau forum yang membahas sesuatu yang mirip atau berhubungan dengan bisnis anda.

Manfaatkan sosial media

Keberadaan sosial media saat ini memiliki peran strategis dalam mempromosikan bisnis, produk dan jasa anda. Anda pun bisa meraih banyak audiens untuk meningkatkan penjualan Tak terkecuali, anda sangat bisa memanfaatkan sosial media untuk menggaet audiens yang bisa diarahkan ke situs web untuk mengakses informasi lebih lanjut atau pembelian produk dan jasa. Tak bisa dimungkiri, jika sosial media menjadi salah satu sumber trafik utama untuk banyak situs web.

 

lifehack

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.