7 Rahasia Mengubah Prospek Jadi Pelanggan

cara ubah prospek jadi pelanggan

Membangun banyak koneksi lewat berbagai sosial media, email, dan blog tidak pernah lebih penting dibanding membangun hubungan yang sebenarnya dengan para calon pelanggan anda. Kenapa? Karena sekedar koneksi dan orang-orang dalam lingkaran anda tidak pernah membuat rekening kas anda terus berdering, tanpa membangun fondasi hubungan yang sebenarnya dengan audiens anda. Lebih dari itu, anda pun mampu mengubah prospek menjadi pelanggan jangka panjang. Berikut adalah beberapa rahasia yang perlu anda tahu:

Menyelesaikan masalah

Prospek tidak peduli dengan seberapa menakjubkannya produk anda. Apa yang mereka butuh adalah solusi terhadap masalah. Pastikan prospek anda memiliki kepentingan terhadap produk atau jasa yang anda jual. Jika anda menyediakan solusi mudah bagi mereka, maka dengan mudah anda dapat membuat mereka menjadi pelanggan loyal anda.

Respon pertanyaan

Jangan lupa untuk membangun sebuah jembatan dengan menjawab pertanyaan calon pelanggan, hal ini membantu anda menciptakan nilai untuk prospek anda. Buat prioritas untuk menjawab pertanyaan mereka secara cepat dan personal baik lewat telepon, sms, sosial media atau email. Ini kesempatan pertama anda untuk menciptakan koneksi.

Berbagi info bermanfaat

Strategi pemasaran konten harus difokuskan pada penyediaan sumber informasi yang berguna bagi konsumen potensial. Hindari terlalu banyak promosi diri atau produk, tapi fokuskan pada memberi nasihat, memberi pandangan atau alasan baru mengapa pelanggan anda perlu memiliki produk atau servis anda.

Jadilah profesional

Ketika seorang prospek melihat anda tak hanya sekedar “perusahaan” tapi orang yang benar-benar memiliki semangat untuk membantu mereka mencapai tujuan, mereka pun akan melihat anda sebagai penerang baru. Jangan ragu untuk sekedar membangun hubungan lebih personal pada pesan-pesan pemasaran anda, asalkan masih dalam batas profesionalisme.

Buat newsletter yang menghibur

Jangan hanya mengirimkan kupon atau segala hal yang berbau promosi penjualan. Newsletter dapat menjadi cara untuk tetap terkoneksi dengan audiens anda. Tapi, jika isi newsletter anda hanya berupa komunikasi satu arah, maka anda akan kehilangan peluang emas. Intinya, buatlah newsletter yang punya nilai bagi pembaca anda. Hal inilah yang akan membuat mereka mau membagi postingan anda. Bisa jadi postingan anda pun menjadi viral.

Berinteraksi di sosial media

Jadikan sosial media sebagai salah satu wadah untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan audiens anda.

Dengarkan prospek anda

Mendengarkan tak hanya sekedar mendengar. Jika prospek anda mengatakan pada anda bahwa ia membutuhkan sesuatu lebih, maka pikirkan bagaimana anda bisa mewujudkan itu. Tentu saja, tak semua orang bisa rasional, tapi upayakan untuk selalu menyediakan nilai lebih bagi konsumen anda.

—————-

Mengapa ini semua penting bagi bisnis jangka panjang anda?

Ketika seseorang mempercayai anda, maka ia pun akan setia pada anda. Anda membangun relasi melalui aksi berulang, dan pemenuhan janji brand anda. Ketika mereka sudah setia, pelanggan anda pun tak segan mereferensikan anda kepada orang lain.

Sumber: succeedasyourownboss.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.