6 Pelajaran Kelola Duit ala Bruce Lee

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
bruce lee
Dok. Huffington Post

Aktor bela diri legendaris asal Hong Kong, Bruce Lee memang telah meninggalkan dunia ini lebih dari 40 tahun lalu, namun peninggalan berupa kalimat-kalimat bijaknya tidak pernah berhenti menginspirasi banyak orang hingga saat ini. Salah satunya, dalam dunia bisnis dan keuangan.

Meski, kematiannya cukup misterius dan menjadi perdebatan hingga kini, aktor laga yang mampu push up hanya dengan satu jari telunjuk ini pun memiliki beberapa prinsip, khususnya jika anda ingin sukses dalam mengelola keuangan. Berikut adalah beberapa di antaranya;

Tak peduli soal lingkungan, saya menciptakan peluang

Tak peduli dari mana anda memulai dari hari ini, anda selalu punya kesempatan dan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan keuangan anda.

Tujuan tak selalu bisa dicapai mudah, mulai dari yang sederhana dulu

Ketika anda merencanakan tujuan finansial, jangan selalu merencanakan tujuan yang serba mudah, coba tetapkan satu saja tujuan yang kira-kira sulit dicapai. Namun, jalankan dari mulai yang sederhana, misalnya tujuan harian, mingguan, bulanan. Misalnya, anda ingin menghasilkan satu juta dolar, pertama coba dulu taklukan tujuan jangka pendek, misalnya dengan menabung 25 ribu dolar.

Selalu jadi diri sendiri

Ketika anda mencoba untuk menduplikasi sukses finansial orang lain, tentunya hal ini bisa membawa pada malapetaka.

Tinggal di Orange County, California dengan bisnis manajemen kekayaan, apakah masalah akan datang, entah anda kaya atau tidak? Anggaplah, para dokter dan pengacara yang tinggal di bukit berdekatan dengan Kobe Bryant, namun mereka tidak menghasilkan uang dari Kobe Bryant bukan?

Mereka malah akan berjuang mati-matian secara finansial jika saja mereka tidak mampu mengontrol pengeluaran. Jadi, jangan hidup di luar kemampuan anda.

Saya tidak takut pada seseorang yang mempraktikkan 10.000 jurus sekali, namun saya takut pada seseorang yang mempraktikkan satu jurus 10.000 kali

Inilah, kata bijak dari Bruce Lee yang paling terkenal. Kebebasan finansial tidak bicara soal ide jutaan dolar, tapi tentang eksekusi jutaan dolar. Misalnya, anda ingin membangun banyak aliran pendapatan, tapi pertama-tama anda harus fokus dan kuasai dulu satu sumber aliran. Lalu, anda bisa pindah ke jurus lain dengan menabung dan mengelola keuangan anda.

Adaptasi yang berguna, hindari yang tak berguna

Banyak orang yang terjebak dalam ragam strategi dan investasi kilat yang kedengarannya terlalu bagus untuk jadi nyata. Apa yang menentukan keberhasilan finansial, tentunya adalah apa yang spesifik bagi anda, begitu pun dengan rencana harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan. Memiliki strategi invetasi yang memnfasilitasi tujuan jangka panjang dengn tingkat risiko tertentu yang membuat anda nyaman adalah kunci mencapai kebebasan finansial.

Jika anda hanya menghabiskan waktu memikirkan sesuatu, anda tak akan menyelesaikannya

Untuk bisa naik ke tingkat finansial yang lebih tinggi, anda tak bisa hanya berpangku tangan. Anda harus kerja. Bruce Lee melatih dirinya melebihi banyak para atlet kungfu pada umumnya, bahkan sebagian orang menilainya ia terlalu keras dan berlebihan berlatih. Jika anda ingin juara dalam keuangan, anda pun perlu berlatih, dan buatlah mimpi anda jadi nyata.

*nerdwallet

Leave a Reply

Your email address will not be published.