5 Produk yang Menjanjikan Dijual Online

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Pada dasarnya semua produk atau jasa bisa dipasarkan lewat jalur online. Namun, tidak seluruh transaksi bisa sepenuhnya dilakukan hanya lewat dunia maya. Dunia perdagangan memang berkembang cukup pesat selama ratusan tahun, setelah adanya transportasi kereta, bermunculan industri manufaktur, dan internet. E commerce pun kini menjadi primadona, lantaran mampu menjangkau pasar lebih luas, di mana aplikasi maupun situs web akan membantu pemasaran bisnis banyak orang lebih efisien.

Bagi wirausaha pemula, produk apa yang kira-kira cocok untuk dijual online? Berdasarkan penyedia layanan situs e commerce Shopify, para pelanggan mereka banyak menjual barang-barang handmade yang dijual mulai dari pameran, pop up market, serta lewat situs online sendiri ke seluruh dunia. Tak jauh berbeda dengan data yang disajikan Shopify yang melayani pasar internasional, di Indonesia sektor industri kreatif juga memegang peranan penting dalam perdagangan.

Dikutip KataData, tahun 2015, kontribusi industri kreatif terhadap PDB mencapai Rp852 triliun dan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. Saat itu industri ini mampu menyerap 13,9 persen tenaga kerja dan menyumbang 19,4 miliar dolar terhadap ekspor nasional.

Tahun ini, Badan Kreatif Nasional menargetkan kontribusi ekonomi kreatif bisa mencapai Rp1.042 triliun. Menurut Ketua Bekraf Triawan Munaf, sektor unggulan kreatif di Indonesia mencakup fashion, kuliner, dan kerajinan. Sedangkan, film, musik, dan games juga dinilai memiliki potensi yang tak kalah menjanjikan.

Tapi, perlu diingat jika di era pemasaran 4.0 ini, produk hanya sebagai kendaraan, bukan segalanya untuk mencapai tujuan. Lantaran, yang lebih penting dari sebuah bisnis yang dijalani adalah seberapa kreatif kita bisa menciptakan value bagi calon konsumen.

Berikut adalah beberapa produk kreatif yang sangat menjanjikan dijual di pasar online ala Shopify. Siapa tahu bisa jadi inspirasi dan cocok dijalankan nantinya..

1.Sabun mandi handmade

produk
sumber: pinterest

Kalau kamu googling, mungkin kamu akan menemukan banyaknya tutorial tentang cara membuat sabun mandi handmade. Kesadaran masyarakat yang makin tinggi terhadap kesehatan juga turut mengerek penjualan sabun atau kosmetik perawatan tubuh berbahan alami. Dengan kemasan dan branding yang tepat, bukan tak mungkin kamu bisa meraup omset yang besar dari produk sabun handmade ini.

2. T-shirt dan merchandise print

produk
sumber: koovs

Bisnis kaos memang nggak ada matinya. Biasanya, bisnis kaos ini akan diiringi dengan menjual merchandise print, seperti mug, tote bag, topi, atau bandana. Selain mudah untuk dilakukan pengiriman online, bisnis ini juga memiliki peluang permintaan yang tinggi, apalagi jika menyasar komunitas atau organisasi tertentu. Namun, banyaknya kompetitor tentu harus membuat pelaku usaha bisnis ini lebih kreatif.

3. Perhiasan

produk
sumber: pinterest

Ide bisnis yang satu ini juga menarik untuk coba dijalankan lewat online. Sebut saja, menjual mutiara, kalung, atau gelang ternyata memiliki penggemarnya sendiri. Meski, banyak orang bilang pasarnya sudah jenuh, namun kreativitas pemilik bisnis akan selalu membawa nuansa baru di bidang ini. Mau coba?

4. Produk digital

produk
sumber: pixabay

Penjualan produk digital tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda kejenuhan. Menciptakan dan menjual produk digital, seperti webinar, photoshop, font license, template website, tools media sosial, landing page license dan masih banyak lagi yang menunjukkan peluang baik lantaran pengguna internet makin meningkat per tahunnya. Biaya overhead-nya pun relatif minim, dibanding menjual produk fisik yang membutuhkan fasilitas inventory.

5. Produk kulit, kayu, dan rajutan

produk
sumber: neighbourlist

Meski belum terlalu dihargai seperti di luar negeri, bidang craftsmanship di Indonesia perlahan mulai tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat dari bermunculan brand-brand lokal baru yang bergerak di bidang kulit, kayu, art print, atau rajutan. Berlawanan dengan produk massal yang cenderung serupa, kini konsumen makin dimanjakan dengan produk yang lebih unik, artisan, dan personal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.