5 Plugin Email Subscription Popup Terbaik untuk WordPress

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Pernah berkunjung ke situs-situs toko online besar, lalu anda ditawari diskon jika memasukkan nama dan email?

Tak perlu harus merogoh kocek dalam buat beli server sendiri, atau diinvestasi gede-gedean buat desain situs web keren mampus untuk bisa menayangkan pop up email  langganan loh…cuma modal wordpress aja bisaaa… 😉

Di era internet, para pemasar atau sales dituntut harus memahami pentingnya  teknik mengumpulkan fans atau prospek untuk mencapai target penjualan. Dalam content marketing, sangat dikenal istilah seperti, top of the funnel (ToFu), middle of the funnel (MoFu), atau atau below of the funnel (BoFu) yang bertujuan dari mulai membangun awareness, evaluasi, hingga untuk mencapai konversi penjualan lewat ragam kanal.

Selain blog dan media sosial, email juga menjadi salah satu kanal yang banyak dimanfaatkan para pemasar untuk mencapai konversi, yakni dengan cara membangun email list building atau email berlangganan. di mana para pelanggan atau prospek dapat menerima berbagai konten kiriman dalam jangka waktu tertentu.

Mengapa email marketing atau list building begitu penting dan efektif?

Secara umum, ini merupakan cara personal untuk membangun hubungan dengan audiens. Semakin kepercayaan dibangun, maka mereka pun cenderung lebih suka untuk membeli produk dari anda.

Tentu saja, jika anda komitmen membangun email list, pertanyaan besarnya adalah: Bagaimana saya mendapat lebih banyak pelanggan?

Selain beriklan dan mengoptimalkan konten di blog dan media sosial, cara lainnya adalah dengan memasang opsi form berlangganan email yang eye catching. Semakin banyak, pengunjung yang melihat form tersebut, makin banyak pelanggan yang bisa didapat bukan?

Namun, untuk semakin efektif dan menarik perhatian, maka solusi memasang form berupa pop up bisa menjadi pilihan. Yah, walaupun cara ini menurut saya sendiri rada mengganggu yah, apalagi jika baru membuka sebuah situs, langsung muncul terus-menerus tanpa ada tanda “silang” untuk menutup 😉

Tapi, jika anda benar-benar fokus untuk menggenerasi konversi dan pelanggan, tak ada salahnya mencoba beberapa plugin form langganan email rekomendasi ini untuk ditaruh di blog atau situs toko online anda berbasis wordpress dari mulai gratis hingga berbayar. Apa saja?

OptinMonster (mulai dari 49 dolar)

pop up email
dok. winningwp

OptinMonster adalah salah satu pilihan plugin email pop up  terbaik yang menawarkan begitu banyak fasilitas. Plugin ini memungkinkan anda membangun desain pop up yang menawan, dan profesional dengan sembilan pilihan template.

Lebih menyenangkan lagi, anda bisa mengatur sendiri, warna, font, dan ukuran banner pop up email. Bahkan, anda juga bisa mengontrol kapan saja pop up ditayangkan (ini penting banget, supaya pengunjung situs tak merasa terganggu yah), misalnya saat masuk situs di awal, dalam hitungan berapa detik sekali, atau saat pengunjung membaca poin tertentu dalam artikel.

Plugin sudah termasuk jasa analitik, di mana anda dengan cepat dan mudah dapat menelusuri pop up mana yang menghasilkan konversi terbaik, bahkan mencoba A/B testing untuk seterusnya menciptakan konversi.

Untuk lisensi basic, OptinMonster menawari anda 49 dolar per tahun, namun jika anda ingin fitur lebih lengkap, anda bisa memilih lisensi pro sebesar 199 dolar per tahun.

Bloom (dari mulai 89 dolar)

pop up email
dok. eleganthemes

Bloom juga merupakan salah satu pemain besar dalam pasar plugin email berlangganan. Selain pilihan template menawan, custom-built UI, lalu apa lagi yang spesial dari Bloom?

Jawabnya kualitas dan kuantitas, Bloom tidak hanya memiliki tampilan template terbaik, namun juga mendukung hingga ratusan pilihan template. Tiap template dapat di-kustomisasi, dengan berbagai style border, kontrol terhadap orientasi gambar, serta gambar yang bebas dipilih sesuai dengan gaya situs web anda.

Inovasi lainnya, adalah memungkinkan anda untuk menawarkan konten premium bagi para pengunjung yang telah bersedia memasukkan email. Bloom juga memberi anda kontrol intensif di mana dan kapan form pop up dapat tayang. Ada juga fitur page level targeting yang dapat digunakan untuk postingan spesifik, halaman, maupun kategori di mana form dapat tampil.

Agar tidak mengganggu pengunjung situs, maka form pop up dapat dikonfigurasi sesuai momentum untuk dapat tayang. Misalnya, di bawah postingan, setelah scrolling, setelah komentar, atau setelah membeli.

Serupa dengan OptinMonster, Bloom juga dapat meningkatkan konversi dengan menggunakan A/B testing, serta dapat menelusuri statistik dan aktivitas pengunjung. Anda dapat menggunakan Bloom dengan harga mulai dari 89 dolar per tahun.

Pippity (mulai dari 49 dolar)

pop up email
dok.bloggingpro

Jika ingin membuat form pop up email dengan mudah, maka plugin Pippity dapat menjadi pilihan. Plugin ini dapat menyederhanakan proses membangun pop up yang tak hanya menawan secara desain, namun juga user friendly.

Pippity punya 12 pop up templat, dan enam template bar yang dapat dipilih bebas dengan desain menawan, dan semua elemen di dalamnya bisa dikustomisasi. Pengembang Pippity juga sangat mengerti bahwa banner pop up bisa mengganggu pengunjung situs jika tidak diimplementasikan dengan tepat.

Maka, Pippity pun hanya mengembangkan pop up untuk tampil di akhir konten atau setelah pengunjung membuka beberapa halaman, sehingga mereka tetap terhubung dan bahkan tertarik untuk berlangganan.

Desain pop up Pippity juga tidak akan memakan waktu loading, karena file intinya memiliki kurang dari 1 KB. Serupa dengan dua plugin premium sebelumnya, di Pippity anda juga dapat menelusuri performa pop up, bahkan melakukan A/B testing untuk memaksimalkan konversi. Jika anda tertarik mencoba, lisensi tunggal plugin ini berbiaya 49 dolar per tahun.

SumoMe List Builder (Gratis)

pop up email
dok. winningwp

Meskipun gratisan, SumoMe merupakan plugin yang cukup fantastis bagi pengguna WordPress. Untuk menggunakannya, anda bisa mengunjungi situs SumoMe untuk mengunduh plugin intinya. Ketika sudah terinstal, anda akan diminta untuk membuat akun SumoMe, jangan khawatir, tetap gratis kok….

Versi gratis list builder ini memungkinkan anda untuk menggunakan dan mengedit template default. Anda juga bisa mengatur waktu tayang pop up agar tidak terlalu mengganggu pengunjung situs nantinya. SumoMe juga menyediakan versi pro dengan biaya 50 dolar per bulan, di mana memberikan anda akses pada 7 template premium dan brand  SumoMe tak akan ditampilkan lagi.

Icegram (Gratis)

pop up email
dok. onextrapixel

Satu lagi plugin buat penggemar gratisan 🙂

Jika anda mencari sesuatu yang agak berbeda, bisa pertimbangkan untuk mengecek plugin Icegram. Untuk sebuah plugin gratisan, Icegram ternyata kaya fitur. Anda bisa membuat pop up, action bars, messenger pop up, dan toast notifications.

Plugin ini juga mudah digunakan untuk membuat kampanye tertarget untuk ditayangkan pop up. Anda bisa mengatur kapan pop up tampil (termasuk halaman, berapa detik, serta di perangkat apa bisa tampil.

Anda mau mendapat fasilitas lebih? Icegram mencakup juga:

  • analytics (currently free)
  • behavior triggers, including exit intent and scroll position ($7)
  • geo-targeting ($9)
  • sidebar optins ($9)
  • in-content optins ($9).

Pastinya, Icegram merupakan plugin gratis dan premium yang sangat pas dan terjangkau digunakan untuk situs web anda.

Sudah menentukan pilihan?

 

Dok. winningwp

Leave a Reply

Your email address will not be published.