5 Cara Tingkatkan ROI di Kampanye Sosial Media

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Pernahkah anda beriklan, namun tidak menghasilkan konversi sama sekali ke penjualan? Sudahkan anda menggunakan cara yang tepat dalam menyampaikan pesan ke prospek atau pelanggan anda?

Pernahkah anda mempertimbangkan konten berupa pelanggan anda sendiri? Menggunakan foto pelanggan bersama foto produk anda dalam pemasaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan awareness terhadap brand dan produk anda sendiri.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan return on investment (ROI) dengan memaksimalkan konten kampanye anda di sosial media.

Mengapa pelanggan anda bisa meningkatkan konten kampanye?

Dengan perkembangan chanel online berhadapan dengan cara-cara pemasaran tradisional, maka anda pun akan dihadapkan dengan persaingan sengit memperebutkan atensi pelanggan. Daripada anda hanya bergantung pada tim kreatif sendiri untuk membuat konten, cobalah untuk menjadikan pelanggan anda alat pemasaran.

Mari lihat cara-cara yang dilakukan 5 brand ini yang menggunakan pelanggan mereka sebagai obyek kampanye iklan mereka di Facebook, Instagram, Twitter.

Jadikan fans anda sebagai model produk

iklan facebook

Salah satu cara yang cukup banyak dipakai oleh brand adalah menjadikan pelanggan mereka sendiri sebagai model produk. Jadi, semacam dibuat kontes foto, lalu di antara banyak foto yang masuk, akan diseleksi untuk dipilih yang terbaik agar tayang di sosial media atau website brand tersebut. Itulah yang salah satunya dilakukan brand Charlotte Russe seperti tampak pada gambar di atas.

Hargai pelanggan anda

iklan facebook

Contoh lainnya, seperti yang dilakukan 6 Pack Fitness yang meluncurkan kampanye #LeadThePack dengan hadiah mingguan sebuah tas. Mereka meminta para pelanggannya, untuk mengunggah foto yang memberi peluang bagi banyak orang untuk memenangkan hadiah tersebut.

Perusahaan menilai cara tersebut berdampak baik bagi performa e commerce-nya. Para pelanggan yang berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam sebuah foto memiliki peluang 2,7 kali lipat melakukan pembelian dan 12 persen pesanan lebih banyak pada produk yang ditawarkan.

Bangun kebanggaan lokal

iklan sosial media

Mengambil contoh lainnya yang dilakukan The Breckenridge Colorado Tourism Office telah menjalankan kampanye sosial media dengan sukses hanya dengan bertanya: Mengapa anda cinta Breckenridge? Dengan menggunakan tagline #BreckBecause, para fans mereka diarahkan untuk membagi pemikiran mereka lewat Twitter, Instagram, dan Facebook.

Hanya dengan kampanye pertanyaan sederhana itu, GoBreck.com mengalami peningkatan trafik website dari sosial media lebih dari 841 persen dan peningkatan followers Instagram hingga 93 persen.

Rayakan cerita pelanggan anda

iklan facebookAhnu memiliki data pelanggan yang merupakan orang-orang yang aktif berpetualang menggunakan sepatu mereka. Brand ini meluncurkna #Ahnu campaign untuk mengumpulkan hal-hal keren terkait apa yang dilakukan dan destinasi wisata yang dikunjungi oleh pelanggan mereka.

Perusahaan ini juga memposting kampanye tersebut di halaman Facebook dan para pengikut dapat ikut mem-voting foto favorit mereka. Dengan cara ini pula, website Ahnu mengalami peningkatan trafik 12 kali lebih banyak.

Manfaatkan gaya hidup pelanggan

iklan facebook

Seperti halnya yang dilakukan brand pakaian Charlotte Russe sebelumnya, perusahaan California Natural Products ingin meningkatkan brand awareness salah satu produk Svelte protein shake di sosial media.

Dengan penggunaan hashtag #DrinkSvelte, perusahaan ini meminta para pelanggan mereka mengunggah foto mereka dengan produk tersebut. Sedangkan, foto terbaik akan ditampilkan di website Svelte, foto itu pun mendapat 2 juta impresi secara online.

*Sumber: socialmediaexaminer.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.