5 Cara Menghasilkan Uang Saat Menganggur

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

cara menghasilkan uang saat menganggur

Tidak bisa dimungkiri kalau angka penggangguran sarjana terdidik ada kecenderungan meningkat tiap tahunnya. Tak heran, jika pameran bursa kerja di mana-mana kerap dipenuhi para calon pelamar yang berjibaku berdesakan mengambil formulir pendaftaran.

Pengangguran kerap menjadi masalah sosial yang cukup serius, tidak hanya bagi lingkungan sosial, namun juga secara individu. Tidak akan mudah untuk tetap berpikir atau bersikap positif ketika seseorang yang tidak bekerja harus menghadapi ketidakpastian.

Beburu pekerjaan tentunya sangat menyita waktu, namun belajar untuk menghasilkan uang tidak akan mengorbankan waktu anda lebih lama lagi karena mampu anda manfaatkan dengan baik, minimal anda memperoleh pengalaman.

Bagi anda yang belum mendapat kesempatan bekerja, jika saja  mau melihatnya sebagai tantangan, tentu akan selalu ada peluang di dalamnya. Sembari menunggu lamaran kerja diterima atau panggilan wawancara dan tes lainnya, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi waktu luang bahkan menjadi pundi-pundi uang anda;

Menjual sesuatu

Apa salahnya jika anda mengasah kemampuan yang satu ini? Berjualan bukanlah sesuatu yang dianggap rendah di masa sekarang. Di era kemajuan teknologi, sudah saatnya anda memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan.

Daripada bosan dan frustrasi menunggu panggilan kerja, lebih baik anda menjual sesuatu di dunia maya. Bagaimana sistemnya? Saya tidak punya modal? Salah satunya yang paling mudah adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Sebagai dropshipper, anda tidak perlu pusing memikirkan modal atau  produk yang mau dijual, karena sudah disediakan oleh pemasok.

Anda bisa memililih pemasok yang bertanggung jawab dari situs marketplace atau sosial media yang membuka peluang reseller dan dropshipper. Satu hal yang perlu diingat, lihat sistem mereka lebih dulu. Bukan tak mungkin, dari sesuatu yang hanya dilakukan iseng-iseng, malah bisa menjadi sumber penghasilan utama anda nantinya.

Menjadi freelancer

Punya keahlian tertentu? Bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas cenderung lebih mudah dilakoni lantaran tidak terlalu banyak tes yang dilalui.

Namun, karena penghasilan yang tak menentu, pastikan anda benar-benar mencari perusahaan atau lowongan pekerja lepas yang bisa memberi upah layak sesuai dengan beban tugas yang ditanggung. Lowongan pekerja lepas, biasanya tersedia untuk beberapa kategori pekerjaan tertentu, seperti fotografi, menulis, atau desain.

Jika anda punya kemampuan lain, seperti bahasa atau matematika, tidak ada salahnya juga untuk mengajar di tempat-tempat bimbingan belajar yang cenderung lebih mudah menerima fresh graduate, bahkan mahasiswa tingkat akhir.

Mengambil proyek di kampus

Sudah menjadi hal lumrah, jika kampus biasanya memiliki banyak kegiatan proyek penelitian yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Bagi anda yang belum juga mendapat panggilan kerja, tak ada salahnya jika mencoba mengambil proyek tersebut. Selain menambah pengalaman, pastinya juga akan menambah teman-teman baru bukan?

Ketika anda mampu melepas beban berat, anda pun akan lebih terbuka terhadap berbagai peluang baru di depan mata. Ketika peluang menyambut, anda pun selalu siap kapan pun. Jangan lupa, jika teman-teman anda merupakan aset penting yang membuka koneksi ke lebih banyak peluang juga.

Melanjutkan pendidikan

Jika anda merasa sudah sangat jenuh dengan panggilan kerja yang tak kunjung tiba, anda bisa menempuh cara lainnya, dengan mengasah kemampuan diri dan wawasan, entah melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau mengikuti rangkaian seminar dan workshop pelatihan.

Dengan demikian, anda pun bisa mendapat pandangan baru, dibanding larut dalam ketidakpastian dan kekhawatiran akan masa depan.

Tetaplah pertahankan pemikiran positif, sehingga anda akan selalu terbuka mencoba hal baru. Jika anda sudah berpikir negatif duluan, anda pun akan sulit mencoba lagi. Anda pun akan terkurung menjadi orang yang terus pesimistis.

Mengikuti kegiatan sosial.

Bergabung dengan komunitas tertentu serta aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di luar rumah juga akan membuat anda lebih fokus pada membangun keterampilan berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Anda juga tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam sambil stres memikirkan panggilan kerja. Ingatlah, koneksi sosial anda adalah sumber daya besar yang bisa membukakan ragam peluang yang tidak pernah anda ketahui. Nikmati setiap interaksi yang anda lakukan bersama kawan-kawan atau orang di sekitar anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.