5 Cara Memilih Tema Video Youtube yang Menjual

youtube

Tak bisa dimungkiri, jika saat ini Youtube menjadi mesin pencarian nomor dua paling populer di dunia setelah Google. Hal ini pun banyak dimanfaatkan orang untuk mencari penghasilan dari situs web berbasis video yang awalnya dirintis oleh 3 mantan karyawan perusahaan Paypal, yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim itu.

Bermodalkan kreativitas dan konten unik, telah banyak lahir para Youtuber dunia yang menjadi miliarder dalam beberapa tahun terakhir  (Baca juga: http://ini-daftar-youtuber-terkaya-dunia/)

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data, konten video lokal mengalami pertumbuhan 4 kali lipat hingga September 2015 ini dibanding tahun lalu. Waktu tonton rata-rata di Indonesia pun juga meningkat cukup tajam hingga 110 persen dari tahun ke tahun dengan segmentasi yang berbeda-beda tergantung usia penonton dari mulai 15-35 tahun. Misalnya, kategori remaja lebih menyukai musik dan film, kategori lebih dewasa lebih menyukai video tutorial.

Kepopuleran platform ini juga menggoda banyak brand-brand besar yang perlahan mulai mengabaikan cara beriklan hard selling dan lebih membangun story telling melalui Youtube. Hal ini dikarenakan metode story telling jauh lebih disukai penonton, sebut saja Geico, Dove (real beauty sketch), atau aplikasi chatting LINE dengan Ada Apa dengan Cinta?

Bagi anda yang hobi membuat, mengedit, atau mengunggah video ke Youtube, mungkin ini bisa jadi peluang, dan berikut adalah beberapa cara memilih tema video yang menjual untuk menggaet audiens niche anda.

Cara membuat/melakukan sesuatu

Jika anda mengetikkan ‘cara membuat’ di kolom pencarian, maka mesin Youtube akan secara otomatis mendeteksi. Apapun yang anda butuhkan bisa didapatkan di situs tersebut, misalnya cara membuat kue atau masakan tertentu, cara membuat bermain alat musik tertentu, atau cara mengganti oli kendaraan. Video tutorial hijab pun menjadi salah satu pencarian paling populer di Youtube.

Gosip artis

Berita terhangat mengenai kehidupan artis memang selalu mendapat perhatian khalayak. Banyak orang selalu mencari gosip mengenai artis sepanjang waktu di mana mereka juga ingin melihat video tersebut.

Sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan

Salah satu video Youtube yang paling populer pada 2013 lalu adalah video yang menjelaskan mengenai lebih dulu mana antara ayam dan telur. Sebuah kanal pendidikan, AsapSCIENCE mendapatkan lebih dari 14 juta orang peng-klik atau penonton.

Review produk

Internet kini menjadi wadah juga bagi banyak orang untuk mencari informasi mengenai apa pun, termasuk produk, misalnya gadget, peralatan rumah tangga, kendaraan, merk make up dan banyak produk lainnya. Banyak pula orang yang mencari perbandingan antara fitur dan harga satu produk dengan produk lainnya sebelum memutuskan membeli. Misalnya, saat ada beauty blogger yang membuat video tutorial make up, maka ia akan membandingkan berbagai merk make up, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Permainan petualangan

Banyak penggila permainan (games) yang ingin mengetahui cara bermain suatu games, misalnya bagaimana cara memecahkan teki teki atau trik-trik untuk memainkan games tersebut.

*berbagai sumber (the richest, markeeters)

One thought on “5 Cara Memilih Tema Video Youtube yang Menjual

  1. Terimakasih banyak atas info dan pencerahannya mbak… Kebetulan banget lagi mau belajar main YT nih cuma masih banyak PR yg musti dikerjakan sebelum beraksi. Cukup membantu buat saya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.