Bagaimana Cara Memilih Produk Afiliasi yang Tepat?

pemasaran afiliasi

Dalam dunia internet marketing, model pemasaran afiliasi sudah sangat dikenal baik untuk produk maupun jasa. Banyak orang tertarik dengan model bisnis ini karena tidak diperlukan kegiatan produksi atau pengiriman produk. Namun, selain bicara mengenai cara meningkatkan penjualan afiliasi, penting juga diketahui, bagaimana cara memilih produk afiliasi yang tepat untuk dipasarkan?

Anda dapat meningkatkan penjualan produk afiliasi hanya apabila anda mempromosikan produk yang tepat ke audiens atau target pasar yang tepat pula. Tanpa itu, anda akan kesulitan meningkatkan penjualan. Sebelum membahas yang lebih detil, mari diskusikan lebih dulu beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang saat memilih atau mempromosikan produk mereka;

  1. Mempromosikan produk yang tidak anda gunakan; banyak pemula membuat kesalahan dengan memasarkan produk yang tidak mereka gunakan sendiri. Menghasilkan uang dari sistem pemasaran afiliasi adalah mengenai membangun kepercayaan. Maka, mulailah menjual produk yang anda gunakan secara personal dan puas terhadapnya.
  2. Mempromosikan produk afiliasi yang tidak relevan; Mempromosikan produk yang dipakai sendiri saja ternyata tidak cukup, karena anda harus memiliki target audiens yang sesuai juga.
  3. Mempromosikan terlalu banyak produk; Anda mungkin berpikir, dengan mempromosikan banyak produk, anda semakin mampu menaikkan penjualan dan pendapatan pasif. Salah! Jangan jadikan blog anda, “tempat promosi aneka produk”. Jika pengunjung situs blog anda melihat aneka promosi produk, sebetulnya mereka tidak akan terlalu peduli dengan bisnis anda.

 

Nah, sekarang mari masuk pada pembahasan bagaimana cara memilih produk afiliasi yang tepat untuk dipasarkan?

 

Ketahui kebutuhan dan keinginan pelanggan

Ini adalah poin penting yang berlaku untuk penjualan dan pemasaran produk atau jasa apa pun. Jika anda ingin mempromosikan produk yang tepat, maka cari audiens yang tepat pula. Cari tahu lokasi, gender, usia, grup, dan masalah yang mereka hadapi. Lakukan survei terhadap audiens anda dengan mengirimkan pertanyaan lewat email atau sosial media.

Cek kompetitor

Coba anda membuat daftar 10-15 situs blog yang terkait pula dengan bidang anda. Lalu, temukan produk-produk yang mereka pasarkan, analisa bagaimana mereka menjual produk untuk pasar lebih luas. Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini; berapa banyak produk yang dipasarkan, apakah mereka memiliki daftar email, seberapa sering mereka memperbarui konten blog, seberapa besar pengikut sosial media mereka, dan lainnya.

Lakukan riset kata kunci sebelum berpromosi

Tugas anda belum selesai setelah anda menemukan produk yang tepat, anda juga harus melakukan cara yang benar untuk mencapai audiens yang lebih luas. Tahukah anda bahwa pengunjung organik (datang lewat trafik mesin pencari) merupakan pembeli yang lapar? Mereka secara aktif melakukan pencarian untuk menemukan produk yang dapat menyelesaikan masalah mereka.

Jika mereka mendarat di blog anda dan menemukan produk yang dicari, bukan tak mungkin mereka akan segera melakukan pembelian. Itulah alasan yang menyebabkan para pemasar afiliasi fokus untuk membangun trafik dari mesin pencari. Jika anda ingin meningkatkan penjualan, maka jangan malas melakukan riset kata kunci untuk produk anda.

Dok. bloggertipstricks

Leave a Reply

Your email address will not be published.