Tarif Endorse Instagram/Snapgram Artis Terbaru 2018

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Kepopuleran new media, seperti Instagram bagi kalangan milenial dan bisnis, membuat beberapa selebriti menjadikan akun pribadinya sebagai ladang pundi-pundi menghasilkan uang. Dengan jumlah pengikut jutaan orang, tentu tak sulit bagi mereka untuk memiliki penghasilan fantastis tiap bulannya lewat endorse, mungkin bisa-bisa ngalahin gaji Gubernur BI kali 😀

Pengertian celebrity endorser menurut McCracken sendiri yakni “any individual who enjoys public recognition and who uses this recognition on behalf of a consumer good by appearing with it in an advertisement” (1989:310).

Sejak 2013 lalu, banyak brand dan pemilik bisnis yang berlomba-lomba memanfaatkan jasa endorsement ini, dari mulai yang gratisan hingga yang berbayar sampai puluhan atau ratusan juta rupiah. Meski, tidak semua hasil endorsement memiliki hasil yang baik atau dampak langsung pada penjualan, gaya promosi satu ini nyatanya masih tetap diminati hingga sekarang.

Misalnya saja dari kalangan selebriti luar negeri, mantan model Victoria’s Secret, Miranda Kerr dengan jumlah pengikut 11 juta, mematok tarif antara 25 ribu- 50 ribu dolar atau sekitar Rp 350 juta- Rp550 juta sekali posting di Instagramnya.  Tak kalah cetar, model Gigi Hadid dengan pengikut sebanyak 35 juta, juga mematok tarif yang mencengangkan yakni, mencapai Rp 4 miliar sekali posting.

Nah, sekarang bagaimana dengan tarif para selebriti di Indonesia? Saya mengutip langsung dari akun resmi manajemen endorse artis iconic sister, yang tampaknya tak pernah sepi peminat hehe…

Update Januari 2018

Chelsea Olivia @chelseaoliviaa ( 15,1 juta followers)

Foto Snapgram : Rp 3,5 juta

Fee video: Rp 4 juta

Alyssa Soebandono @ichasoebandono ( 7,9 juta followers)

Fee Snapgram : Rp 3,4 juta

Ririn Dwi Aryanti @ririndwiariyanti ( 853 ribu followers)

Fee foto: Rp 1,4 juta

Fee video: Rp 2,25 juta

Nabila Syakieb @nsyakieb85 (3,9 juta pengikut)

Fee foto NK: Rp 4,1 juta

Fee foto K : Rp 4,3 juta

Fee video NK: Rp 5,5 juta

Fee video K : Rp 5,7 juta

Nia Ramadhani @ramadhaniabakrie (7,1 juta followers)

Fee foto : Rp13 juta (Nia atau anak saja)

Aurel Hermansyah  @aurelie.hermansyah ( 6,6 juta followers)

Fee foto: Rp7 juta

Fee video: Rp9 juta

Ashanty  @ashanty_ash (12,8 juta followers)

Fee foto: Rp10,5 juta

Fee video: Rp 12,5 juta

Tentu, itu hanya daftar sebagian selebriti saja, sisa yang lebih lengkap bisa langsung add line@ iconic_sister yaw 😀

Lalu, sebenarnya seberapa besar pengaruh endorse selebriti terhadap angka penjualan? Tentu saja, tidak ada jawaban pasti atas hal itu. Padahal, setiap budget iklan yang keluar, idealnya harus mampu menghasilkan dan berdampak pada angka penjualan.

Perkembangan media sosial 10 tahun belakangan terakhir ini memang memunculkan revolusi strategi pemasaran. Tentu, tidak aneh bukan jika kita sering mendengar berakhirnya  era “push marketing” ( di mana brand secara aktif mempromosikan dan mengiklankan produk dan jasa mereka), dan mulai berkembangnya “pull marketing”, (upaya untuk menarik konsumen lewat media sosial dan kanal lainnya).

Namun, banyak riset pula yang menunjukkan, jika taktik pull tersebut juga tidak akan terlalu efektif jika hanya digunakan sendirian. Artinya, di era pemasaran media sosial modern ini, kita perlu menggabungkan pendekatan tradisional dan baru secara tepat.

Kalau mau tahu lebih lengkap, bisa langsung kalian ikuti diskusi di forum ini endorse artis instagram yah, lumayan buat nimbang-nimbang, daripada udah keluar duit jutaan hasilnya zonk… hahaha… Oh iya, satu lagi update algoritma terbaru instagram tahun ini adalah postingan kita hanya dilihat oleh 10 persen dari followers. Jika, 10 persen dari followers kamu memberi respon secara organik (bukan spammers bot), maka instagram akan mempertimbangkan supaya postingan-mu bisa dilihat oleh 90 persennya lagi.

Itulah makanya, para pengikut artis yang jutaan itu, biasanya hanya mampu mendulang post likes puluhan ribu saja. Jadi, jangan selalu berasumsi pula, bahwa kalau kamu bayar  Luna Maya Rp10 juta untuk endorse produk, maka semua followersnya yang 13 juta itu pasti melihat.

Selain itu, banyak lagi hal-hal yang juga tengah dibenahi baik oleh instagram dan facebook pada tahun ini, terutama bagi kita yang memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis dan publikasi. Silahkan mulai banyak meng-googling 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.