Peluang Usaha Custom T Shirt Design, Buku, atau Mug yang Efisien

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Apakah kamu seorang desainer, penulis, atau pengusaha pemula? Sebuah produk yang ciamik tentunya bisa menjadi kendaraan sempurna untuk memonetisasi kreativitas. Dari mulai T-shirt design, poster, tas ransel, buku, casing hp, mug, sarung bantal kamu bisa mengekspresikan ide orisinil di beragam produk itu dan menjualnya secara online.

Ya, di era digital, layanan print on demand alias custom memang bisa menjadi alternatif tersendiri. Dibandingkan cara tradisional di masa lalu di mana si pengusaha harus membeli atau membuat produk dalam jumlah besar sekaligus menyiapkan inventori, pastinya memiliki risiko besar apabila tidak semua produk terjual.

Jasa custom semacam ini bisa menjadi alternatif untuk memangkas waktu, investasi, dan risiko terkait pengelolaan stok, dan biaya tinggi.

Apa sebenarnya layanan cetak sesuai permintaan (print on demand) dan bagaimana cara kerjanya?

Layanan print on demand merupakan proses di mana kamu akan bekerja sama dengan para suplier untuk membuat produk custom (seperti tote bag, topi, mug, buku dan lainnya) dengan desain dan label sendiri serta menjualkan dengan sistem PO  (pre order). Artinya, kamu tidak perlu membayar produk sampai bisa menjualnya, sehingga tak diperlukan inventori besar.

Apa saja manfaat membuka layanan print on demand?

  • Mengetes ide sebuah bisnis atau lini produk tanpa risiko inventori stok
  • Monetisasi audiens: Apakah kamu seorang youtuber, social media influencer, kartunis, maka kamu bisa menghabiskan waktu menciptakan konten lewat produk-produk yang dicetak sendiri dan dijualkan kepada para fans setia.
  • Menciptakan produk berdasarkan ceruk pelanggan tertentu. Misalnya, pakaian khusus bagi para pecinta game, fitnes, atau kucing. Salah satu contoh internet marketer yang sukses menjualkan produk berdasarkan ceruk tertentu adalah Albert Leonardo yang berhasil menjualkan puluhan ribu kaos bertemakan Pi Day (hari matematika) dropship Teespring di Amerika Serikat (AS) lewat iklan digital.

Apa saja kelebihan dan kekurangan layanan ini?

t shirt design
sumber: printedgoods.net

Layanan cetak sesuai permintaan ini memang biasanya cocok bagi model bisnis dropship, di mana proses produksi dan pengiriman akan ditangani pihak ketiga alias suplier. Jenis usaha ini juga cocok buat para pengusaha pemula yang ingin memulai bisnis online. Namun, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan jenis bisnis ini sebelum mulai terjun dan menyelami:

Kelebihan:

  • Bisa membuat produk secara cepat. Ketika kamu sudah memiliki konsep desain, maka kamu pun bisa langsung mulai menciptakan produk dan menjual sampel lebih dulu.
  • Bagi yang menjalani model bisnis dropship, misalnya Teespring, maka kamu bisa menyerahkan segala produksi dan pengiriman, bahkan sampai layanan servis pelanggan oleh suplier. Maka, kamu bisa lebih fokus pada proses penjualan saja.
  • Investasi murah, dan risiko kecil: Karena kamu tidak perlu memiliki inventori secara fisik, maka akan lebih mudah melakukan tes dan riset produk ke pasar atau mengubah pendekatannya. Dengan begitu, kamu hanya akan membutuhkan modal untuk beriklan atau promosi saja.

Kekurangan:

  • Margin lebih rendah: Secara umum, biaya membuat produk per item biasanya akan lebih tinggi dibandingkan membeli produk dalam jumlah banyak. Dalam layanan product on demand, mungkin akan menghasilkan keuntungan lebih tipis, tergantung dari harga yang ditawarkan, proses akuisisi pelanggan, dan target pasar.
  • Kontrol rendah dalam pengiriman: Biaya pengiriman bisa saja menjadi begitu kompleks lantaran banyaknya variasi produk. Jika pengiriman dilakukan oleh pihak suplier, maka biasanya sang marketer akan kehilangan kesempatan untuk menawarkan pengalaman atau kejutan bagi konsumen.
  • Kustomisasi bisa jadi terbatas: Kemampuan kamu untuk bisa mengkustomisasi produk akan tergantung sekali dengan fasilitas vendor. Apakah mereka bisa melakukan ragam teknik cetak, ukuran sesuai, dan membuat produk seunik mungkin sesuai permintaan.

==

Itulah beberapa catatan kecil bagi kamu yang ingin terjun ke bisnis online layanan cetak. Jika ingin menambah keterampilan cara menjualkan secara online silahkan gali informasinya DI SINI

Diolah dari Shopify

Leave a Reply

Your email address will not be published.