Liburan Seru dengan Kereta Api Bareng Si Kecil, Kenapa Tidak?

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Saat ini pamor kereta api tengah menanjak. Moda transportasi darat yang satu ini tidak lagi dihindari karena kerap dianggap penuh sesak dan membuat perjalanan tidak nyaman. Sebaliknya, banyak orang kini berbondong-bondong melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan kereta api sebab dianggap lebih leluasa dan bebas macet.

Ya, dibandingkan menggunakan bus, menumpang moda transportasi yang satu ini memang bisa membuatmu lebih nyaman karena sudah berkonsep one seat one person yang membuatmu terhindar dari tidak kebagian tempat duduk di dalam kereta.

Adanya  toilet yang bersih hingga kafetaria pun membuat perjalanan menggunakan kereta api lebih tenang sebab kamu tidak perlu menahan diri ketika hendak membuang air ataupun bisa segera bersantap ketika lapar menyerang. Dari segi waktu perjalanan, kereta api pun lebih pasti karena moda transportasi ini memiliki jalurnya sendiri di atas rel. Dari hari ke hari pun, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api kian tepat waktu.

Belum lagi, sekarang tidak sulit memesan tiket kereta api. Kamu bisa membelinya di mana saja. Mulai dari mengunjungi langsung website resmi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), membelinya lewat jaringan minimarket, hingga memesannya kapan saja selama 24 jam via agen perjalanan online, seperti Traveloka. Mudah, bukan?

Membawa si kecil berjalan-jalan ke luar kota menggunakan moda transportasi yang satu ini pun dapat menjadi pilihan yang pas untuk menunjang liburanmu. Namun tentunya, ada beberapa tips yang perlu kamu jalankan ketika membawa buah hati kesayanganmu menggunakan kereta api. Tips-tips ini bisa membuat perjalananmu dengan si kecil kian menyenangkan dan menenangkan.

Pesanlah Tiket dari Jauh-jauh Hari

Saking populernya kereta api sebagai moda transportasi darat saat ini, tiket kereta api dengan berbagai jurusan sering sekali habis dari jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Karena itulah, ketika sudah merencanakan hendak berlibur bersama si kecil menggunakan alat transportasi yang satu ini, sebaiknya juga saat itu juga kamu mulai mencari tiket kereta api.

Tiket kereta api sudah bisa kamu pesan sejak H-90 dari waktu keberangkatan moda transportasi tersebut. Mulai dari waktu pula, kamu sudah bisa memburu tiketnya dengan berbagai cara. Salah satu cara paling simpel adalah dengan memesan tiket kereta api yang lebih hemat di Traveloka.

Cukup mengunduh aplikasinya, kamu pun bisa memesan tiket yang kamu butuhkan kapan saja. Semakin cepat memesan tiketnya akan semakin baik sebab dengan demikian kamu bisa lebih bebas memilih tempat duduk yang kamu inginkan.

 Pilih Waktu Keberangkatan ketika Malam Hari

Saat membawa anak kecil dalam perjalanan jauh, salah satu kekhawatiranmu pastilah anak tersebut akan mudah rewel dan tidak bisa diam. Kamu pun mungkin sudah membayangkan betapa repotnya menjaga si kecil tersebut di kereta, mulai dari mencoba membuatnya tidak menangis hingga harus terus menjaganya yang hendak berjalan-jalan ke mana-manan di sepanjang koridor kereta.

Sebenarnya, hal-hal yang merepotkan seperti itu dapat diminimalkan kok. Kamu cukup memilih waktu perjalanan yang sesuai dengan waktu tidur si kecil. Disarankan lebih baik memilih malam hari sebagai waktu keberangkatanmu.

Dengan demikian, besar kemungkinan si kecil akan menghabiskan waktu perjalanannya dengan tidur di dalam kereta. Begitu ia bangun di pagi hari, diharapkan juga moda transportasi yang kamu tumpangi tersebut telah tiba di tempat tujuan yang kamu idam-idamkan untuk berlibur.

 Pakaikan Si Kecil Baju Hangat dan Jaket Tebal

Dahulu kereta api memang dianggap sebagai moda transportasi yang membuat gerah, khususnya apabila kamu memilih kereta ekonomi. Bayangan harus terus mengipasi tubuh akibat suasana panas pun mungkin telah terpatri di otakmu sebagai kenang-kenangan perjalanan dengan kereta pada masa lampau.

Namun kini, kamu tidak akan menemukan kegerahan seperti itu lagi. Sebaliknya, saat ini kamu harus sedia baju hangat jika bepergian menggunakan kereta, apalagi jika waktu keberangkatannya malam hari.

Semua koridor di gerbong kereta api sudah dilengkapi barisan pendingin udara yang siap membuat penumpangnya membeku. Hal ini pula yang mesti kamu antisipasi apabila hendak bepergian dengan si kecil menggunakan kereta. Sangat mungkin si kecil akan menggigil jika kamu tidak memakaikannya baju hangat.

Oleh sebab itu, pastikan di dalam tasmu telah tersedia jaket tebal untuk dipakai si kecil. Awal berangkat dari rumah, pastikan juga si kecil telah memakai baju hangat untuk mencegahnya kedinginan selama di dalam kereta api.

Sebenarnya, mau membawa atau tidak membawa si kecil, berbagai tips di atas pun perlu kamu terapkan untuk perjalanan menggunakan kereta api yang menyenangkan. Apalagi jika membawa si kecil, ketiga tips di atas bisa menolongmu dari kekesalan dalam perjalanan menggunakan moda transportasi darat yang satu ini, yang relatif memakan waktu tempuh yang panjang.

*sponsored*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.