Ini Rahasia Di Balik Keputusan Membeli Konsumen

Bagaimana perasaan Anda jika selalu mengalami penolakan saat menawarkan sebuah produk atau jasa? Tentu sangat jengkel, bukan? Hal ini kerap dialami banyak tenaga penjual di mana pun dan apa pun sektor industrinya. Mungkin juga merupakan pengalaman anda pribadi 😉

Dan, sekarang apakah anda sedang mencari cara untuk meningkatkan strategi atau teknik penjualan? Sebanyak 20 persen tenaga penjual menghasilkan 80 persen uang, dan sebanyak 80 persen tenaga penjual hanya menghasilkan 20 persen uang.

Sebuah riset menunjukkan bahwa anda tidak bisa menghasilkan lebih dari 10 persen ke atas atau bawah dari yang anda harapkan. Untuk meningkatkan penjualan, lebarkan konsep diri anda untuk mengakomodasi ekspektasi dalam meraih penjualan lebih tinggi.

Maka, semakin tinggi konsep penguasaan diri, semakin baik pula performa penjualan anda. Salah satu buku terbaik dan fenomenal terkait teknik menjual adalah The Psychology of Selling  karya Bryan Tracy di mana sebagai seorang penjual anda perlu lebih dulu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.

psikologi penjualan

Berikut adalah beberapa sinopsis dari buku tersebut yang bisa anda renungkan sebelum menawarkan produk atau jasa:

Jangan takut gagal

Rasa takut, seperti gagal atau penolakan merupakan dua hambatan utama dalam berjualan. Untuk mengatasinya, anda membutuhkan rasa menghargai diri yang kuat (self esteem) dan menyadarinya bahwa penolakan saat menjual bukanlah masalah personal.

Banyak orang membeli karena alasan emosi

Kenyataannya, banyak orang membeli berdasarkan alasan emosi dan merasionalisasi keputusan mereka berdasarkan logika. Dua motivasi utama mengapa orang ingin membeli adalah “keinginan untuk mendapat kesenangan atau ketakutan untuk menderita kehilangan.” Keinginan “mendapat” berhubungan dengan peningkatan dari kondisi “sebenarnya” saat ini mencapai kondisi “ideal”.

Tanyakan kebutuhan prospek anda

Mengerti apa yang dibutuhkan konsumen sangat penting untuk bisa mencapai penjualan. Kebutuhan manusia paling populer adalah uang, keamanan, rasa ingin disukai, status, prestise, kesehatan, penghargaan dan pengakuan, cinta dan perkawanan, pengembangan diri, pengaruh, dan popularitas. Pastikan, produk atau jasa anda mampu menjawab kebutuhan tersebut lebih baik dibanding lainnya.

Temukan karakter menakjubkan dari produk

Temukan karakter dari produk atau jasa yang anda tawarkan, setelah itu tanyakan mengapa seseorang harus membelinya dari anda? Ada empat elemen strategi berjualan yakni “spesialisasi, diferensiasi, segmentasi, dan konsentrasi,”. Tentukan apa keuntungan spesifik penawaran anda dibanding kompetitor, misalnya, harga, kualitas, atau bahkan kekuatan personal anda. Hindari membicarakan produk atau jasa anda lewat telepon, fokuslah pada pertemuan face to face.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.