Ini 5 Pelajaran Bisnis dari Oscar de la Renta

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
Oscar de la Renta
Oscar de la Renta

Belum sampai setahun lalu, dunia fesyen dunia telah kehilangan salah satu desainer terbaiknya. Dilirik banyak selebriti kenamaan dunia, seperti Oprah Winfrey, Sara Jessica Parker, Amal Amaluddin dan Mo Abudu, hasil rancangan Oscar de la Renta telah memperindah penampilan sepanjang momentum spesial dan karir para pesohor tersebut. Oscar de la Renta meninggal dunia pada usia ke-82 tahun.
Ia telah banyak menginspirasi banyak orang dengan pernyataan-pernyataannya yang bijak dan segala kepandaiannya. Desain de la Renta tidak pernah menghindarkan diri dari berbagai catatan dan saran. Ia sangat diingat dengan penggunaan volume, warna dan konstruksi dramatis untuk kepuasannya.

Berikut adalah lima pernyataan yang sangat menginspirasi dari seorang desainer kelas atas yang telah mendapat banyak penghargaan dan pujian atas jasanya di industri fesyen, di mana para pengusaha pemula dapat belajar darinya. Yuk kita tengok, apa saja pelajaran bisnis dari seorang Oscar de la Renta yang bisa dicontoh:

Fokus

“Jika anda menggunakan parfum berbeda setiap harinya, maka saya pasti tak akan mengenal anda”

Pernahkan anda merasa selama ini memberi pelayanan berbeda setiap harinya? Apakah anda seorang desainer fesyen selama 1 menit, kemudian seorang dokter, dan mungkin seorang nelayan di malam hari? Ataukah anda tipe orang yang kerap mengganti nama perusahaan selama 3 kali dalam sepekan. Nantinya, akan tiba waktunya di mana anda harus membangun sesuatu dan menjadi dikenal. Beri kesempatan pada banyak orang untuk menyerap dan memahami karakter anda, apa yang anda lakukan, dan bagaimana anda melakukannya. Temukan benang merah dari ide-ide anda dan berpegang teguhlah pada konsep itu. Cari waktu untuk memilih sesuatu yang khusus, aplikasikan dengan segala kemampuan anda.

Jadilah menarik

“Kualitas yang paling saya sanjung dalam diri seorang wanita adalah kepercayaan diri dan kebaikan”

Seseorang akan bekerja dan berinvestasi pada orang yang dipercaya. Mereka cenderung memilih untuk bekerja pada anda karena anda dinilai mampu membuat mereka merasa nyaman, selain kualitas kerja yang bisa anda berikan. Banyak orang ingin bekerja dengan seseorang yang berperilaku layaknya orang biasa dalam lingkungan sosial. Anda tak perlu terlalu menyanjung diri dan menunjukkan seolah diri anda yang paling cerdas, bersikaplah netral.

Jadilah otentik

“Fesyen adalah tentang bagaimana anda berpenampilan sesuai dengan apa yang menjadi tren. Gaya itu lebih dibanding menjadi diri sendiri.”

Banyak para wirausaha terperangkap untuk tujuan agar bisnis mereka menjadi terdepan dengan mengadopsi teknologi paling terkini, dan menghadiri berbagai ajang bergengsi serta menyediakan pelayanan paling tren. Namun, ingatlah tetap menjadi otentik menjadi satu-satunya alasan mengapa bisnis anda tetap bertahan dan tak akan lekang oleh waktu.

Tawaran berguna

“Saya ingin membuat baju yang orang ingin pakai, bukan gaya yang akan membuat heboh di panggung catwalk.”

Jangan pernah melupakan apa yang ingin anda lakukan sebelumnya. Tentu sangat mudah, anda terbawa oleh geliat dan kemewahan publisitas perusahaan dan taktik perusahaan anda. Tetap pertahankan rancangan produk anda, dan jual pelayanan serta produk anda kepada orang yang membutuhkan. Seorang pengusaha pun harus makan—Serius!

Jadilah terinpirasi

“Saya terinspirasi oleh wanita”

Jalan wirausahawan sangatlah terjal dan penuh tantangan. Setiap pengusaha harus menggali sumber inspirasi masing-masing untuk mempertahankan motivasi dan semangat. Risiko adalah sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan kewirausahaan. Untuk memulai dan mendukung usaha anda, maka anda pun harus siap dengan kondisi untuk meninggalkan karir tetap, keuangan pribadi, dan kesehatan mental anda. Semua harus siap anda pertaruhkan!

Bagi kebanyakan orang, prospek membuat keputusan sendiri dan menjajal nasib anda, justru menjadi sesuatu yang amat berharga. Namun, jika anda ingin sukses menjadi pengusaha, anda pun harus mempersiapkan setiap risiko dan tantangan yang datang.

Sumber: Enterpreneur.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.