Ini 5 Cara Jitu Raup Penghasilan Tambahan lewat Blog

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Kemajuan teknologi saat ini sangat banyak membantu orang untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan di luar gaji. Tak mengherankan, jika generasi milenial banyak yang meraup berkah tak sedikit hanya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet. Salah satunya, dengan menjadi blogger atau content creator.

Dengan modal kreatifitas, otentisitas, dan kerja keras, mereka menjelma layaknya selebriti yang memiliki banyak fans dan pengikut. Seiring dengan banyaknya pengikut pun, pundi-pundi kantong para blogger ini pun makin tebal karena banyak dilirik baik brand besar maupun start up untuk membantu promosi mereka.

Sudah sejak beberapa tahun lalu, kegiatan blogging tak hanya menjadi wadah untuk mengungkapkan perasaan pribadi saja layaknya anda memiliki diary .Kini, aktivitas blogging telah menjadi tren di mana siapa pun bisa menjadikannya sarana mendapat penghasilan.

Hitung-hitung sambil menuangkan hobi menulis, anda pun bisa mendapat penghasilan tambahan. Asalkan dilakukan dengan fokus dan konsisten, bukan tak mungkin anda bisa  memperoleh penghasilan hanya dari menulis blog atau membangun web authority;

PPC dan CPM

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh para blogger atau internet marketer adalah dengan memasang iklan di blog. Dua jenis iklan yang paling dikenal adalah:

Paid per click  (PPC): Ini adalah spanduk iklan yang ditempatkan pada konten atau sidebar blog anda. Setiap ada pengunjung yang mengklik iklan itu, maka anda akan menerima bayaran. Yang membayar adalah penyedia iklan PPC, seperti Google Adsense, Ads, Adhitz, dan Chitika. Sedangkan PPC lokal, adalah IklanBlogger, Chitti. KlikSaya, IDBlogNetwork.

Cost per million (CPM): Ini sebuah layanan iklan dengan sistem, anda akan dibayar per 1000 kali tampilan. Jadi, pengunjung tak perlu mengklik iklan, namun anda akan dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melihat iklan. Layanan CPM, di antaranya, CPM fun, Adhexa, dan Propeller Ads.

Menyewakan ruang iklan

Jika anda memiliki trafik tinggi di blog, maka tak jarang pula, anda akan dihubungi pengiklan atau pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Anda pun bebas memasang tarif, selama sesuai dengan tingginya pengunjung atau trafik blog anda. Layanan jasa iklan di sini bisa berupa banner, tombol, atau link. Bahkan anda juga bisa menghasilkan uang dari menulis artikel berupa review produk atau jasa yang dipromosikan.

Afiliasi

sb1m jakarta

Selain, cara di atas, layanan promosi produk atau jasa bisa dalam bentuk program afiliasi. Ini adalah cara cukup populer juga bagi e commerce besar yang menggandeng para blogger untuk mempromosikan produk-produk di toko online tersebut. Cara ini juga pertama kali dikenalkan oleh Amazon.com.

Brand ambassador

Salah satu keuntungan menjadi blogger yang kreatif dan otentik adalah memiliki banyak pengikut atau fans layaknya seorang artis. Pendiri dan CEO Avenu yang menampung banyak content creator Desy Bachir mengatakan, jika anda ingin menjadi seorang blogger atau content creator sukses, maka anda harus menjadi otentik, relevan, dan terpercaya.

Pilih yang menjadi fokus niche anda (fesyen, travel, kuliner dsb), update terhadap topik-topik yang sedang tren serta konsisten. Ketika anda sudah berhasil membangun kesan ini di mata audiens, maka jangan heran jika banyak brand yang melirik anda agar menjadi ambassador mereka. Bayarannya pun cukup mencengangkan 😉

Menjual produk

Ini adalah pilihan lain jika anda tidak menghasilkan uang lewat iklan di blog. Anda dapat mencari sumber penghasilan lain dengan menjual produk fisik atau produk digital. Pilih jenis produk dan hasil yang anda harapkan sebelum memulai. Namun, perlu diingat, bahwa produk yang anda jual harus memiliki kualitas yang baik, dan tidak menjual produk yang mengandung unsur SARA, melanggar hukum atau pornografi,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.