8 Ide Bisnis Cerdas yang Bisa Anda Coba Tahun Ini

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Bagi anda yang belum memiliki resolusi besar di 2016, atau ingin berbisnis tetapi masih bingung bidang apa yang ingin ditekuni, ada baiknya anda mencoba beberapa ide bisnis cerdas ini mumpung masih dalam suasana di awal tahun.

Ya, di era serba terbuka seperti sekarang, agaknya kita perlu berterima kasih pada kemajuan teknologi yang semakin memudahkan aktivitas kita, di antaranya, sosial media, crowdfunding, serta ragam platform ritel online makin memudahkan jalan anda untuk memulai bisnis.

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa anda coba seiring berjalannya tren dalam beberapa tahun terakhir. Tentu banyak cara yang bisa anda tempuh untuk mewujudkan mimpi sekaligus menginspirasi anda sebagai pengusaha pemula. Berikut ini di antaranya;

Konsultan Instagram

pemasaran instagram

Dalam laporan tahunan tren, The Future 100, yang biasa mengemukakan tren besar dan kecil maka perlu diperhatikan pada tahun berikutnya, JWT Intelligence melaporkan, bahwa makin banyak perusahaan saat ini menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran.

Berdasarkan, laporan itu, aplikasi sosial media yang mencapai 400 juta pengguna di 2015, dan jumlah perusahaan dengan karyawan lebih dari 100 orang menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran diperkirakan naik menjadi 48,8 persen di 2016.

Meski, Instagram kian populer saat ini, ternyata tak semua brand tahu apa yang harus mereka lakukan di aplikasi itu. Nah, jika anda punya latar atau ketertarikan di sosial media, fotografi dan pemasaran online, tak ada salahnya membuka bisnis konsultan bagi para pemilik brand untuk meningkatkan kualitas konten dan tentunya penjualan.

Platform kesehatan wanita

female daily

Wanita adalah salah satu pangsa pasar yang selalu menggiurkan bagi banyak brand, ditambah lagi dengan peningkatkan jumlah populasi wanita di 2015 lalu, tahun ini pun diprediksi populasi mereka semakin tumbuh. Berdasarkan data The Future 100, kemunculan platform yang berhubungan dengan isu-isu wanita baik media maupun produk semakin banyak. Jadi, bisnis di bidang ini tentu masih akan sangat menjanjikan ke depan.

Klub fitnes bagi milenial

klub fitnes 20 fit

Berdasarkan data The Future 100, banyak para generasi muda atau kalangan milenial yang memiliki adiksi pada makanan atau minuman kurang sehat, dan minim perhatian terhadap kesehatan. Ini berarti membuka jasa terkait kesehatan dan fitnes bagi kalangan muda bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Buatlah konsep dan program yang lebih menarik, dan disukai anak muda untuk menggaet pelanggan potensial.

Aplikasi edukasi anak-anak

aplikasi edukasi anak-anak

Selain kaum wanita dan anak muda, anak-anak juga merupakan segmen pasar yang terus bertumbuh ke depannya. Anak-anak akan menjadi calon pelanggan potensial anda ke depannya, jadi pastikan anda menggaet loyalitas mereka dari sekarang.

Berdasarkan data Common Sense Media 2015, sepertiga anak-anak di dunia mengakses gadget mereka. Makanya, ini menjadi peluang bisnis untuk siapa saja yang ingin membuat produk atau aplikasi teknologi bagi anak-anak. Misalnya, anda membuat aplikasi edukasi bermain mengenai kesehatan, maka anda harusnya bisa juga mengambil hati orang tua mereka.

Pengakutan sampah daur ulang    

bisnis sampah         

Kesadaran yang makin tinggi masyarakat dunia terhadap lingkungan tentunya akan menciptakan peluang bisnis yang berbasis pada alam. Masalah yang terjadi saat ini adalah, kebanyakan pemilik rumah tidak paham mengenai pengelolaan sampah di lingkungan rumah tangga.

Misalnya, seperti barang elektronik tak terpakai atau batere yang dapat berbahaya bagi lingkungan. Anda bisa saja membuat jasa pengakutan untuk sampah daur ulang, dan membawanya ke tempat atau usaha pemrosesan daur ulang barang tertentu.

Food truck

food truck di indonesia

Sejak mencapai kepopulerannya, bisnis food truck yang awalnya tren di AS beberapa tahun lalu itu, nampaknya masih akan terus berlanjut di Tanah Air pada tahun ini. Meski, nilai investasinya cukup besar, namun berbisnis dengan truk masih sedikit lebih terjangkau dibanding membangun restoran permanen.

Menurut pendiri Mobi Munch Josh Tang, tingkat kegagalan bisnis ini hanya sekitar 10-20 persen (dibanding resto permanen hingga 60-90 persen). Dengan kelengkapan yang pas, target pasar yang tepat dan resep yang enak, anda bisa menawarkan produk anda ke mana pun.

Jasa freelance

freelancer

Data juga menunjukkan bahwa, semakin banyak perusahaan yang mempekerjakan para freelance dan pekerja kontrak untuk mengisi kekurangan staf di divisi tertentu. Maka, membangun perusahaan yang menyediakan jasa freelance tentu akan sangat menguntungkan.

Berdasarkan data Freelancer.com, yang memiliki daftar lebih dari satu juta proyek freelance di situsnya, permintaan paling banyak perusahaan terhadap tenaga freelance, adalah bagian entri data, penulisan, proyek excel, dan pengolahan data. Sebagian tenaga freelance ini pun dibayar berdasarkan proyek atau per jam, di mana angkanya sangat variatif.

Lembaga konseling bisnis

konseling bisnis

Dampak resesi global tak dimungkiri mengakibatkan begitu banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja dengan para karyawannya. Kondisi ini pun membuat banyak mantan pekerja yang berminat untuk membuka bisnis sendiri.

Seiring dengan itu, saat ini banyak pula berdiri lembaga konseling dan pelatihan bisnis tak hanya untuk perusahaan besar, namun juga kelas kecil menengah. Meski, jenis bisnis ini banyak dilakoni para pemain besar, bukan tak mungkin jika anda juga bisa memulainya dengan skala kecil dengan spesialisasi atau niche tertentu, misalnya memberi kursus sehari pelatihan pemasaran online atau pembuatan situs web.

 

Sumber: businessnewsdaily

Leave a Reply

Your email address will not be published.