6 Tips Menggunakan Endorse Seleb untuk Promosi

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
endorse artis
Gaya Kim Kadarshian saat memposting sebuah produk di Instagram-nya. Dok Phillyvoice.com

Semua tahu bahwa saat ini kita semua sedang berada  dalam dunia yang terobsesi dengan gaya hidup para selebriti. Tak jarang, jika berita-berita tentang kehidupan artis atau orang ternama selalu menjadi sorotan utama mata publik.

Saya sendiri sebelumnya sempat tak percaya, bahwa ada salah satu brand hijab yang baru berdiri 3 tahun dan hanya mengandalkan Instagram sebagai media promosi, kemudian rela mengontrak eksklusif salah satu fashion blogger dengan bayaran fantastis yakni Rp110 juta dalam 12 hari untuk mempromosikan produk-produk hijabnya.

Memanfaatkan artis atau endorse figur publik memang menjadi salah satu strategi yang ditempuh banyak brand agar cepat dikenal orang dengan harapan akan mendongkrak pula angka penjualan. Tapi, benarkah strategi ini selalu berhasil? Nyatanya tidak juga lhoo.. 🙂

Yuk, cek lebih dulu apa saja tips yang tepat menggunakan jasa endorse seleb untuk mempromosikan usaha kita 🙂

Pilih tipe figur publik

Figur publik umumnya terbagi dalam kategori:

Selebriti; bintang film, TV, sinetron, musisi, komedian

Atlet: olahragawan berprestasi

Expert: para ahli di beberapa bidang, seperti kuliner, fesyen, kecantikan, finansial, gaya hidup, wisata dan lainnya.

Satu hal yang perlu anda ingat, pikirkan kembali strategi brand anda, tidak semua tipe figur publik tersebut bisa merepresentasikan produk atau jasa anda. Lihat kembali pesan produk dan nilai perusahaan anda sebelum memutuskan figur publik yang akan mempromosikan produk sekaligus dapat diterima oleh pasar anda.

Pahami upaya marketing sang seleb

Upaya marketing sendiri bisa berupa; bagaimana cara seleb menarik trafik, menarik perhatian media, menginformasikan dan memberi pengaruh kepada fansnya. Kemampuan si figur publik dalam mengeksekusi upaya pemasaran tersebut tentunya akan sangat berpengaruh terhadap respon audiens terhadap brand anda.

Spesifik terhadap jasa si seleb

Para selebriti endorser biasanya telah memiliki templat sendiri lengkap dengan jasa dan biayanya. Jasa bisa berupa, interview media, personal appearance, pidato, posting sosial media, posting blog, serta penggunaan nama seleb di situs toko online kita. Anda pun perlu spesifik menentukan, mana jasa yang kira-kira akan bekerja efisien untuk brand anda.

Realistis terhadap anggaran

Anggaran tentunya menjadi salah satu pertimbangan penting banyak brand untuk memutuskan menggunakan jasa endorse selebriti. Beberapa nama artis terkenal Indonesia rata-rata memasang tarif antara Rp3,5 juta hingga puluhan juta rupiah sekali posting dan menyebut brand anda di sosial media artis. So, semuanya akan kembali pada anggaran yang anda punya 🙂

Pahami perjanjian kerja sama

Komitmen dalam kerja sama endorsement juga menjadi hal penting. Pastikan anda dan si seleb memiliki kesepakatan yang jelas, jikalau terjadi cancel kerja sama tiba-tiba. Biasanya, pihak selebriti memiliki poin-poin khusus sebelum bekerja sama dengan sebuah brand.

Periksa biaya-biaya tambahan

Jika anda ingin mengontrak selebriti eksklusif, dan ingin melakukan photoshoot di lokasi yang anda pilih, perhatikan pula biaya-biaya tambahan yang muncul. Contohnya, nilai barang itu sendiri yang diperuntukkan untuk seleb, uang transportasi, biaya hotel, dan makan. Jika anda menyerahkan sepenuhnya pada si seleb, maka biaya pengiriman barang dipastikan brand yang akan menanggung.

Selamat mencoba 🙂

Baca juga: 5-cara-efektif-promosi-produk-di-instagram/

 

One thought on “6 Tips Menggunakan Endorse Seleb untuk Promosi

  1. Saat ini strategi pemasaran endorsment memang sedang populer, apalagi di media sosial. Btw, terima kasih untuk artikel yang informatif ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.