5 Tips Aman dan Nyaman Belanja Online

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

harbolnas 2015

Sejak empat tahun terakhir, seiring dengan masifnya pertumbuhan belanja daring alias online, banyak e commerce berlomba-lomba menggaet konsumen lewat perayaan harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) setiap tahunnya.

Tapi tahukah anda sejarah lahirnya harbolnas? Jauh sebelum belanja online nge-tren seperti sekarang, negara-negara seperti AS, Kanada, Inggris, dan Jepang sudah lebih dulu mengenal perayaan belanja online yang dijuluki Cyber Monday sejak lebih dari 10 tahun lalu. Saat itu, para peritel mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving day (sebuah peringatan syukuran panen akhir tahun di Amerika Utara).

Nah, Cyber Monday ini sebenarnya diinspirasi dari perayaan belanja Black Friday yang dilaksanakan hari Jumat setelah Thanksgiving Day dan menjelang libur Natal. Selama perayaan Black Friday, biasanya toko-toko ritel buka lebih lama dan berlomba menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik konsumen. Sebutan Black Friday juga populer karena pada hari itu, neraca pembukuan para peritel berubah dari merah (merugi), menjad hitam (untung).

Terilhami dari itu, saat ini para e commerce bersatu untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online dan nyaman melalui kampanye Harbolnas ini. Tahun ini, para e commerce serentak menggelar diskon besar dari mulai tanggal 10-12 Desember 2015.

Belanja online telah menjadi fenomena yang tumbuh saat ini, tak terkecuali Indonesia. Anda bisa menemukan anek produk, dari mulai make up, baju, sepatu, tas, atau apa pun yang selama ini mungkin tak bisa anda temukan di toko konvensional. Jika anda belum pernah belanja online, berikut adalah aturan main belanja yang aman dan nyaman;

Ketahui daftar toko online terpercaya

Salah satu cara paling mudah agar anda tetap nyaman bertransaksi adalah ketahuilah daftar toko-toko online terpercaya. Toko online yang punya nama besar biasanya memang lebih terpercaya, tapi jika anda belanja ke toko online yang baru anda kenal, anda bisa melihat lebih dulu terms & condition, atau kebijakan privasi toko itu. Misalnya, melihat alamat toko fisik, ada nomor yang mudah dihubungi, atau jika memungkinkan melihat review atau testimoni pelanggannya.

Berselancar dan membandingkan

Salah satu kelebihan belanja online adalah anda bisa dengan mudah berselancar dari satu toko ke toko lain atau dari satu produk ke produk lain dengan mudah. Namun, jangan tergiur dengan harga murah, tapi periksalah dengan saksama kualitasnya, jadi pastikan anda membaca detil deskripsi yang tertera, seperti bahan, cara perawatan, dan ukuran.

Telusuri review pelanggan

Salah satu kekurangan belanja online adalah anda tidak tahu kualitas pasti dari produk tersebut, maka tak ada salahnya anda membaca review pelanggan untuk mendapatkan bayangan keseluruhan.

Mencoba sebelum membeli

Lah kok bisa? Memang ada brand-brand tertentu yang memiliki toko konvensional, misalnya di mal. Nah, jika anda ingin berencana membeli dari brand tertentu, misalnya pakaian atau sepatu, maka anda bisa melihat kualitas produk aslinya di toko konvensional tertentu. Hal biasa diakukan beberapa orang, melihat dulu barangnya baru belanja online, (biasanya harga di toko online bisa lebih murah).

Simpan bukti pemesanan dan pembayaran

Jika anda membayar cash, maka pastikan anda menyimpan dengan baik bukti pemesanan dan konfirmasi pembayaran. Tanpa dokumentasi yang baik, anda akan kesulitan untuk meminta refund (pengembalian dana) ketika barang yang sampai tidak sesuai keinginan.

Itulah beberapa tips yang perlu anda ketahui, saat belanja online. Manfaatkan, diskon akhir tahun ini untuk membeli produk kebutuhan dan gaya hidup anda. Selamat berbelanja online 🙂

*berbagai sumber/wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.