5 Situs Online Pengganti PowerPoint untuk Bikin Presentasi Keren

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Rasanya hampir tidak ada pekerjaan di era sekarang ini tidak membutuhkan slideshow untuk keperluan presentasi. Bagaimana pun juga slideshow merupakan alat yang cukup penting agar orang lain dapat memberi perhatian pada apa yang kita ucapkan atau ingin sampaikan.

Salah satu perangkat yang biasa digunakan banyak orang tentu saja, adalah Powerpoint. Mudah digunakan kapan saja dan di mana saja. Lantaran semua orang bisa menggunakannya, maka sulit bagi kita untuk terlihat berbeda dan unik bukan?

Selain Powerpoint, berikut adalah beberapa alternatif perangkat yang bisa digunakan untuk membuat slide presentasi dengan koleksi beragam desain yang super keren.

1. Google Slides

powerpoint
sumber: youtube

Sukses sebagai platform mesin pencari nomor satu dunia, Google nyaris tak pernah berhenti mengembangkan beragam fitur produk menarik lainnya. Salah satunya adalah Google Slide, yang menjadi alternatif PowerPoint. Perangkat ini menawarkan banyak fitur yang kurang lebih sama dengan PowerPoint, seperti transisi dan interface yang pastinya familiar bagi pengguna PowerPoint.

Perangkat ini cocok untuk menyajikan presentasi online sederhana. Tapi, jika ingin mencari perangkat yang menawarkan lebih banyak opsi, Google Slides tampaknya bukan solusi yang tepat.

2. PowToon

powerpoint
sumber: lifewire

Presentasi linear tradisional sangat membosankan, dan PowToon mampu menyediakan solusi alternatif dengan pendekatan berbasis storytelling. Kamu bisa mendesain karakter untuk menarasikan presentasi dengan sentuhan animasi dan transisi yang mampu membawa konten tersebut lebih hidup. Situsnya sendiri cukup mudah digunakan di mana di dalamnya terdapat banyak galeri animasi yang siap dipakai. Namun, tak seperti situs presentasi berbasis cloud kebanyakan, kreasi kita di Powtoon tidak bisa disimpan secara offline dengan format ppx.

3. Moovly

powerpoint
sumber: moovly

Perangkat alternatif lainnya adalah Moovly, yang lebih merupakan perangkat presentasi animasi dibandingkan sebagai pengganti Powerpoint yang lebih tradisional. Kamu bisa menggunakan fitur seperti kolaborasi real time dan penyimpanan cloud. Perangkat ini gratis digunakan, namun ada beberapa koleksi animasi yang hanya bisa digunakan untuk akun premium berbayar.

4. Prezi

powerpoint
sumber: prezi

Prezi juga menjadi pilihan situs yang bisa digunakan untuk menyajikan slide presentasi menawan. Dibandingkan menyajikan slideshow yang berurutan, Prezi lebih memungkinkan para pengunanya untuk bisa men-zoom beberapa sub topik penting sehingga presentasi lebih menarik dan persuasif. Perangkat ini juga memiliki banyak template menarik yang siap digunakan. Sayangnya, Prezi mengunakan model langganan berbayar di mana, calon pengguna bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari dulu.

5. Knowledge Vision

powerpoint
sumber: youtube

Perangkat  presentasi yang satu ini juga tak kalah menarik, di mana kamu bisa menggabungkan teknik video storytelling dengan presentasi online demi mencapai interaksi maksimal dari para audiens. Jika kamu cukup punya waktu untuk mempelajari cara baru menciptakan presentasi dan menggunakan segala opsi custom secara maksimal, mungkin Knowledge Vision bisa dipertimbangkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.