5 Lokasi Belanja Tekstil untuk Peluang Bisnis

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Anda punya hobi jalan-jalan dan belanja? Kenapa tidak mencoba menjadikan hobi ini sebagai peluang bisnis? Memang banyak tempat baik di dalam maupun luar negeri yang bisa anda jadikan destinasi untuk berburu barang-barang unik dan lucu dan pastinya layak untuk dijual kembali.

Nah, buat anda yang ingin mencoba memulai bisnis sendiri terutama di bidang fesyen, namun masih bingung mulai dari mana, kenapa tidak mencoba menjual kembali barang-barang yang sudah ada. Yuk, tengok tempat belanja mana saja yang bisa kita jadikan referensi untuk mencari barang fesyen atau craft lucu-lucu;

Pasar Tanah Abang, Jakarta

Wah, ini sih gak usah ditanya lagi ya, selain melayani penjualan ritel, Pasar Tanah Abang telah lama dikenal sebagai pusat grosir kain dan bahan tekstil terbesar di Asia Tenggara. Lantaran bisa dibeli dalam jumlah banyak, maka tak heran jika harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif. Bahan-bahan tekstil yang dijual di sini pun cukup lengkap dari mulai katun, sutera, batik, jersey, brokat hingga bahan membuat tas dan aksesoris lainnya.

Akses ke Pasar Tanah Abang juga cukup mudah bagi anda yang tinggal di kawasan Jabodetabek karena ada fasilitas Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, di mana dari stasiun anda pun bisa jalan kaki menuju kawasan Blok A dan Blok B.

Jika membawa kendaraan pribadi, memang agaknya cukup merepotkan karena anda harus rela menunggu antrian ke lokasi parkir lumayan lama ditambah jalanan sekitar kawasan yang terkadang jadi super macet. Apapun pilihan anda, pastikan anda menggunakan akses yang nyaman ya:)

Pasar Cipadu, Tangerang

pasar cipadu
dok. kompas

Selain Tanah Abang, pasar Cipadu juga kerap menjadi surga belanja bagi para pecinta kain dan pengusaha bidang fesyen atau dekorasi rumah. Ragam kain, pakaian jadi, seprai, bed cover, hingga tirai untuk melengkapi keperluan dekor di rumah anda.Buat anda yang berencana merancang pakaian sendiri, inilah surganya untuk beburu aneka ragam bahan kain, meski anda juga harus tetap teliti sebelum membelinya. Sistem jualnya di antaranya ada kiloan dan meteran. Bahan per kilo rata-rata dijual Rp70 ribu boleh campur motif, sedangkan bahan meteran dijual dari mulai Rp10 ribu saja. Penasaran? Langsung saja ke Jalan K.H Wahid Hasyim, Kreo, Tangerang.

Pasar Asemka, Jakarta

pasar asemka

Kalau tempat destinasi sebelumnya diperuntukkan bagi para pecinta kain dan tekstil, kalau tempat belanja yang satu ini adalah surga belanja bagi para pecinta aksesoris di daerah Asemka, Jakarta Utara. Beragam aksesoris dengan aneka model, seperti kalung, gelang, anting, dan bros. Lantaran pusat grosir, maka barang pun bisa dibeli secara lusinan, dan tentu saja harga yang didapatkan lebih kompetitif, apalagi jika anda ingin menjualnya kembali.  Namun, patut diingat bahwa banyak  pula barang berkualitas rendah yang dijual di sini, maka pastikan anda tetap teliti saat akan membelinya.

Sentra Kaos Suci (SKOCI)

skoci bandung
dok.bisnisindonesia

Bisnis kaos T-shirt memang gak ada matinya,terlihat dari tumbuhnya bisnis distro di Tanah Air. Jika anda ingin mencoba peruntungan di bidang ini, mungkin anda bisa mengunjungi daerah Surapati, di Lapangan Gasibu Bandung. Sebagai pusat kota kreatif fesyen, Bandung memiliki ratusan pengrajin yang memproduksi kaos T-shirt berkualitas. Hasil produksinya tak hanya dijual di distro daerah Bandung, namun juga jaringan distro di Jakarta, bahkan ada yang sampai diekspor ke luar negeri.

Kampung Batik, Trusmi Cirebon

batik trusmi
dok. klikhotel

Inilah pusat kain batik di Cirebon yang dikenal dengan aneka motifnya yang berwarna cerah, seperti Mega Mendung. Jika ingin membuat aksesoris dari batik, tentu di sinilah tempat belanja paing lengkap untuk batik khas Cirebon. Selain batik, ada juga aksesoris, seperti gelang, anting, dan kalung yang dibuat oleh pengrajin sekitar. Lantaran lokasi yang berada di daerah pesisir, tak jarang pula ditemukan produksi aneka aksesoris terbuat dari kerang dan kayu.

Selemat berburu belanjaan dan menikmati peluang bisnis ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.