5 Gerakan Komunitas yang Bisa Anda Coba

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
gerakan komunitas
Dok. Pixabay.com

Bergabung dalam sebuah komunitas tak hanya membuat seseorang bisa berbuat sesuatu untuk masyarakat, namun juga mendatangkan kedamaian dalam pikiran. Tak ada hal yang lebih memuaskan ketika anda bisa memberikan sesuatu yang berharga untuk dunia. Dengan berbagai kegiatan penuh manfaat di komunitas tentu akan membuat seseorang sangat bersemangat dalam mengisi hari. Berikut adalah beberapa aktivitas jika bergabung dalam sebuah komunitas pengembangan kapasitas kemasyarakatan atau bahkan anda ingin menginisasi-nya sendiri.

Mengajar anak tak mampu

Mengajar merupakan kegiatan yang sangat mulia, terlebih ketika anda bisa meluangkan waktu untuk mengajari anak-anak yang belum bisa mendapat kesempatan sekolah karena kondisi ekonomi. Anak-anak membutuhkan pendidikan untuk bersaing lebih baik di masa depan. Banyak organisasi non profit yang mencari tenaga pengajar yang bersedia mendedikasikan waktunya untuk anak-anak kurang mampu ini.

Menjaga lingkungan

Dengan berjalannya waktu, tanpa disadari lingkungan di sekitar kita makin rusak dan teracuni sedikit demi sedikit. Inilah waktunya untuk anda pecinta lingkungan menyelamatkan dunia dari polusi. Banyak NGO mengatur kegiatan ini di mana anda juga bisa turut berpartisipasi baik dalam bentuk kegiatan sosial atau pun pendanaan finansial.

Mengambil proyek

Begitu banyak proyek-proyek terbengkalai yang membutuhkan waktu dan pendanaan. Misalnya, membersihkan taman di lingkungan rumah, mengadopsi hewan peliharaan terlantar di jalan, memperbaiki sekolah rusak. Anda bisa menemukan banyak peluang dan kesempatan untuk menjadi bagian yang mengubah dunia menjadi lebih baik dan positif dari hal-hal yang mungkin dianggap orang lain kecil.

Kampanye online

Jika anda merupakan salah satu ahli yang bisa membuat website atau pemasaran internet, anda tentu bisa meraih lebih banyak audiens yang lebih luas untuk mengkampanyekan hal-hal positif. Misalnya, kampanye mengenai kesadaran memelihara konservasi atau binatang langka, kesadaran atas penyakit tertentu, dan berbagai gerakan positif lain yang bisa disuarakan lewat sosial media atau blog.

Membuat acara amal

Anda juga bisa membuat acara-acara untuk tujuan amal dan pendanaan untuk gerakan sosial dan kampanye tertentu. Dana yang dikumpulkan bisa disumbangkan untuk anak yatim tak mampu, anak putus sekolah, dan berbagai gerakan positif lainnya.

Jadi orang tua asuh

Menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yatim piatu adalah hal yang mulia dan banyak dilakukan oleh orang. Anda pun bisa meluangkan waktu berharga untuk membimbing mereka langsung atau hanya dengan mendonasikan sejumlah uang tertentu setiap bulannya. Banyak panti asuhan atau organisasi non profit yang menerima jika anda ingin menjadi orang tua asuh.

Stay Happy 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.