5 Cara Kreatif Menghasilkan Uang dari Internet

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Di tengah kondisi sulitnya mencari pekerjaan yang layak, atau gaji yang tak jua meningkat membuat sebagian orang merasa perlu menciptakan kran-kran pemasukan selain penghasilan dari pekerjaan utama.

Tentu diperlukan strategi yang cermat agar pekerjaan utama tidak terganggu dengan rencana melakukan kerja sampingan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Tak hanya mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap saja yang nyatanya dapat memanfaatkan peluang usaha mendapatkan uang dari internet, namun juga bagi para ibu rumah tangga yang ingin memiliki kebebasan waktu untuk mengurus anak dan keluarga.

Tak jarang, bermodal kreativitas dan kegigihan, justru di antara mereka ada yang berhasil menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan dan bukan lagi menjadi kerja sampingan dengan penghasilan recehan. Apa saja kira-kira cara kreatif yang bisa jadi ide anda untuk menghasilkan tambahan dari internet? Yuk, simak J

Penulis freelance: Menjual kata-kata

penulis freelance

Dalam 10 tahun terakhir, internet memang telah mengubah segalanya. Saat ini, anda bisa mendapat penghasilan meski tanpa harus keluar rumah sekalipun. Banyak pula industri, yang berubah karena internet, salah satunya adalah bidang penulisan. Kini, jika anda hobi menulis, maka anda pun bisa memutuskan menjadi penulis lepas yang memiliki kebebasan mengatur waktu dan proyek pekerjaan.

Peluang bagi penulis lepas pun kini juga makin meluas, dari mulai media cetak, online, atau bahkan menawarkan jasa menulis untuk blog atau situs orang lain. Di Indonesia sendiri, rata-rata artikel dihargai dari mulai Rp10.000-35.000 tergantung bahasa, jumlah kata, dan tingkat kesulitan.

Membuka kelas online: Jual pengetahuan anda

seminar webinar

Cara keren lainnya untuk menghasilkan uang lewat internet adalah menjual keterampilan atau pengetahuan anda, misalnya membuka kelas online atau kegiatan yang kini cukup populer, adalah menyelenggarakan webinar (istilah lain seminar, namun lewat online). Nyatanya, kini banyak orang yang ingin menambah pengetahuan di berbagai bidang. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan jasa atau jadwal kelas online anda.

Mengiklankan penyewaan rumah

Di dunia online, rasanya hampir tidak ada barang atau produk yang tidak bisa dipasarkan atau minimal diiklankan. Meski, tidak sepenuhnya bisa dijual di dunia maya, saat ini banyak orang merasa terbantu dalam memasarkan produk-produk berharga fantastis di jagad dunia maya, misalnya mobil atau rumah. Nah, jika selama ini anda merasa kesulitan menjual atau menyewakan properti dengan cara lama, mungkin anda bisa memanfaatkan marketplace untuk menawarkan properti anda hanya dengan bermodal foto-foto lengkap.

Menjual hasil karya craft atau seni

craft etsy

Punya hobi membuat barang-barang handmade unik? Sudah tentu, anda pun bisa memanfaatkan beragam fasilitas marketplace, atau sosial media untuk mempromosikan dan menjual produk-produk handmade buatan sendiri. Salah satu marketplace terbesar dunia yang mengumpulkan barang-barang handmade dari seluruh dunia adalah Etsy.com. Pastikan anda membuat koleksi foto terbaik untuk menarik minat pembeli, karena calon konsumen anda tidak bisa menyentuh langsung produk tersebut.

Penerjemah dan fotografer lepas

fotografer

Selain menulis, ada lagi keahlian umum lainnya yang juga bisa anda jual lewat jalur online yakni sebagai penerjemah artikel atau fotografer lepas. Jadi, bagi anda yang memiliki keahlian berbahasa asing atau memotret, tidak ada salahnya anda mencoba menawarkan jasa anda lewat jalur online. Terlebih, perkembangan teknologi yang begitu cepat, menjadikan dua profesi ini menjadi sangat laris.

Nah, yang mana kira-kira pilihan anda?

 

 

One thought on “5 Cara Kreatif Menghasilkan Uang dari Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published.