5 Alasan Menulis Tangan Lebih Baik Dibanding Mengetik

menulis tangan
dok.playbuzz

Memang tidak bisa dimungkiri, jika kemajuan teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk dalam kegiatan tulis menulis. Dari mulai kemunculan mesin tik, komputer, PDA, ponsel pintar, laptop, dan tablet, terkadang memaksa banyak di antara kita untuk enggan menulis menggunakan kertas dan pulpen.

Ingatkah anda kapan terakhir kali anda menulis dengan tangan? Padahal, berdasarkan penelitian otak kita justru lebih banyak mendapat manfaat karena menulis dengan tangan.

Berdasarkan pernyataan seorang grafolog, dan penulis The Definitive Book of Handwriting Analysis (dipublikasikan 2008) Dr. Marc Seifer, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh ketika lebih sering menulis dengan tangan;

Menulis tangan memberi efek menenangkan

Dengan menulis kalimat sederhana, sebetulnya kita sedang melatih terapi grafologi. Dengan menuliskan sebuah kalimat, seperti “Saya akan lebih tenang,” sebanyak 20 kali sehari, terkadang bisa menurunkan risiko gangguan bagi seseorang. Tak hanya itu, teknik ini membuat seseorang memang benar-benar menjadi lebih tenang.

Menulis tangan mendorong anda belajar

Membuat catatan dengan menulis tangan adalah salah satu cara untuk belajar dan mendapat pengetahuan baru. Alasannya, menulis tangan akan menstimulasi bagian otak yang bernama RAS, atau Reticular Activating System. Sistem ini akan menyaring semua informasi yang diproses otak, serta memprioritaskan hal yang bisa anda fokuskan selama menulis.

Menulis tangan membantu anda fokus

Akibat pengaruh teknologi yang merajalela, terkadang kita sering menghadapi gangguan, dari mulai membuka satu per satu sosial media, yang lama-lama membuat kita tidak fokus pada pekerjaan yang seharusnya dibereskan.

Studi tahun 2012 menunjukkan, bahwa istirahat 5 menit untuk sekedar browsing Buzzfeed atau Tumblr mungkin bisa mendorong produktivitas saat bekerja. Namun, jika gangguan saat mengetik di komputer sudah tidak mampu anda tangani lagi, cobalah beralih ke kertas dan pena.

Menulis tangan menguatkan memori

Menulis tangan merupakan cara yang luar biasa bagi perkembangan balita yang ingin ingatan mereka tetap kuat. Menurut Direktur Marketing dan Sales di CMP, Kelsey Poe, menulis tangan mampu menguatkan memori, maka pastikan jurnal atau buku catatan kecil anda bawa kemana pun.

Hal ini juga diamini oleh para psikolog, di mana menulis tangan secara ilmiah memang mampu meningkatkan memori baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Menulis tangan mengaktivasi otak

Menulis tangan akan membuat anda lebih banyak menggunakan bagian otak. Daerah otak akan dihubungkan dengan membaca secara bersamaan ketika menulis dengan tangan saja, dibanding mengetik.

 

dok.lifehack

 

One thought on “5 Alasan Menulis Tangan Lebih Baik Dibanding Mengetik

  1. Saya orangnya lebih suka mengetik daripada menulis. Entah kenapa menulis tangan membuat tangan saya pegal. Alhasil, untuk urusan tulis menulis atasan saya tidak pernah mempercayakannya kepada saya. Resiko malas menulis tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.