4 Keuntungan Berkarir di Bidang Digital Marketing

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Sebuah artikel menyebutkan jika ada 3 jurusan kuliah yang bakal bubar seiring kemajuan teknologi. Pertama, akuntasi lantaran perusahaan kecil menengah sudah mampu menghitung pajak secara online atau menggunakan perangkat lunak jurnal, sehingga akuntan hanya benar-benar diperlukan perusahaan besar. Kedua, paralegal, lantaran pengarsipan sudah bisa dilakukan secara online. Ketiga, jurusan penyiaran, lantaran televisi bukan lagi saluran berita utama.  Benarkah? Gak tau 🙂

Namun, faktanya kini telah terjadi pergeseran informasi dari media mainstream ke new media, seperti Snapchat, Youtube, atau Facebook. Konsekuensinya, ada satu bidang yang bakal kinclong mentereng banget beberapa tahun ke depan. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Pangerapan mengatakan, pada  2020 mendatang pasar ekonomi digital Indonesia diprediksi akan mencapai Rp1.800 triliun.

Kini, keterampilan di bidang digital marketing menjadi permintaan yang serius di pasaran di mana banyak brand besar maupun menengah mulai gencar menggarap pasar digital lewat berbagai konten. Dengan begitu, tentu saja banyak perusahaan membutuhkan tenaga profesional dan kreator andal di dalamnya untuk melakukan promosi di dalamnya.  Berikut adalah keuntungan bekerja di dunia digital:

 

Jadi profesional yang Paling Dicari

 

gaji karyawan facebook
dok. businessinsider

Tidak cuma sarjana di bidang kedokteran atau teknik yang bakalan punya masa depan bagus, tapi juga para penggiat digital marketing. Bahkan, ada sebuah survei menyebutkan, terdapat kesenjangan yang cukup besar di mana ada prediksi peluang 150 ribu pekerjaan di bidang digital tahun 2020 nanti, namun belum diimbangi ketersediaan tenaga profesional yang cukup mumpuni. Di tengah resesi, di mana banyak lulusan sulit mencari kerja, barang kebutuhan mahal dan berbagai persoalan ekonomi lainnya, tentu akan lebih baik untuk mengasah diri dengan keterampilan baru bukan?

 

Punya penghasilan lebih menjanjikan

gaji google
dok. techrity

Tak perlu menanyakan lagi tingkat kesejahteraan karyawan di Google atau Facebook deh ya 🙂  Mereka adalah segelintir perusahaan berbasis teknologi informasi yang menawarkan gaji dan tunjangan menggiurkan. Malahan, non perusahaan berbasis IT pun juga menawarkan peluang kerja digital, seperti maskapai Ryan Air yang membuka 200 lowongan kerja di mana banyak di antaranya merupakan lowongan untuk para profesional di digital marketing. Belum lagi, LinkedIn yang segera membuka lowongan 1200 staf dan Microsoft yang berencana mempekerjakan 100 lulusan bidang digital. Survei terbaru dari Prosperity mengemukakan, bahwa gaji di dunia digital meningkat lebih cepat di tahun 2014 dibanding 5 tahun sebelumnya.

Bisa memulai karir sendiri

ilustrator medsos
Holly Shortall dok. imagemagazine

Tidak berniat untuk bekerja di perusahaan orang lain? Tak jadi masalah. Di dunia digital marketing, seseorang bebas untuk bekerja di mana saja, kapan saja, termasuk jika ingin bersolo karir atau berwirausaha. Mulailah dengan membangun presensi di media sosial serta membuat konten super menarik sesuai target audiens anda. Ada banyak juga ternyata orang-orang yang kemudian dipekerjakan oleh perusahaan gara-gara eksis di dunia maya. Misalnya, Holly Shortall, merupakan illustrator fesyen, berbasis di Dublin yang kerap menge-twit karya ilustrasi selebritinya. Beberapa majalah ternama dan brand fesyen pun banyak yang menghubunginya dan memberi komisi atas karyanya.

 

Berikut ini adalah beberapa bagian peluang digital marketing yang menguntungkan dan banyak dicari perusahaan dan diajak kerja sama brand top:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Social Media Marketing (SMM)
  3. Email Marketing
  4. Search Engine Marketing (SEM)
  5. Content Marketing/Creation
  6. Web Analytics

 

*berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.