4 Kantin Kece Ini Dijamin Bikin Karyawan Betah di Kantor

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Kantor sudah menjadi rumah kedua bagi sebagian besar orang yang sibuk bekerja. Salah satu fasilitas yang penting namun banyak diabaikan pengusaha adalah kondisi kantin alias tempat makan bersama. Selama ini, kantin tak lebih dari sekedar deretan meja dan kursi panjang berisi orang-orang makan bak berada di barak militer.

Sekian puluh tahun lamanya, kondisi kantin tak berubah hampir di semua institusi, seperti sekolahan, kampus, pabrik, hingga lembaga pemerintah dan perkantoran swasta. Terkadang, kantin menjadi tempat yang paling jorok di antara semua tempat di insitusi-institusi itu.

Berawal dari Sillicon Valley di California, AS,  cara pandang kaum milenial tentang kantin pun mulai berubah. Kantin yang tadinya hanya sekedar tempat makan, dirombak menjadi tempat bercengkrama paling nyaman, interior dibuat ciamik untuk menyemangati para pekerja, lengkap dengan makanan enak bahkan di beberapa institusi usaha rintisan diberikan gratis.

Di mana saja kantin-kantin kece itu berada?

1. Google

kantor google
sumber: bostonglobe

Kalau kamu pernah menonton film The Internship, bisa dibayangkan betapa banyaknya fasilitas tak biasa yang diterima para karyawan Google. Tak dimungkiri, jika Google menjadi pionir dalam penciptaan kafetaria modern dengan layanan gratis sarapan pagi, makan siang dan malam untuk karyawannya. Mereka merekrut juru masak purna waktu dan mempekerjakan 100 orang untuk mengurus kantin. Di beberapa perusahaan teknologi informasi, kondisi kantin justru menjadi salah satu faktor yang membuat mengapa orang harus melamar kerja di sana.

2. Dropbox

kantor
sumber: dezeen

Jejak Google kemudian banyak diikuti oleh perusahaan teknologi lainnya, termasuk perusahaan aplikasi berbagi dokumen, Dropbox. Kepala Chef Dropbox sendiri, Brian Mattingly merupakan mantan chef di kantin Google. Perusahaan berbasis di San Fransisco ini juga mempekerjakan chef pastry Laurie Moran yang sebelumnya bekerja di toko kue terkenal di New York. Dengan luas 4000 meter persegi, kantin yang dinamakan Dropbox Tuck Shop ini siap memanjakan para karyawannya dengan ragam menu pilihan spesial dari mulai pembuka, utama hingga penutup.

3. Apple

kantor
sumber: pinterest

Karyawan di kampus Apple, Cupertino juga mendapat layanan istimewa ketika jam makan siang tiba. Di Caffe Macs, para karyawan bisa menikmati makan siang dari menu-menu pilihan terbaik dari mulai burger ramen, nachos, ikan, pizza, dan tiram. Menu juga kerap diganti termasuk dengan menyajikan sushi, paella, steak, dan pasta.

Itu baru makan siang, untuk menu sarapan pagi, kafe yang berada di lingkungan outdoor ini juga menyediakan chocolate chip pancakes, telur, roti panggang strawberi, tak ketinggalan makanan penutup berupa jus segar, dan beberapa varian rasa gelato. Makan siang dan sarapan pagi di Caffe Macs hampir gratis di mana karyawan hanya perlu membayar sebagian saja.

4. Pixar

kantor
sumber: dailymail

Para karyawan Pixar Disney tampaknya memang tak hanya dimanja dengan ragam animasi cantik, tapi juga dimanja dengan ragam pilihan makanan yang menggugah selera. Di Café Luxo dengan atap yang tinggi, tempat terbuka dilengkapi pencahayaan alami membuat suasana istirahat makan siang kian sempurna lantaran pemandangan yang keren.

Karyawan dapat menikmati ragam makanan super enak, seperti maple salmon, tofu ramen, hamburger, roti panggan ravioli, dan steak, tak ketinggalan akses menuju ke bar burrito, bar sereal dan pizza. Seperti halnya perusahaan lain dalam daftar ini, makanan di kafe Pixar disajikan dengan kemasan Styrofoam atau piring kertas yang diatur cantik, membuat pengalaman makan serasa di restoran kelas wahid.

Kalau di Indonesia, kantin mana kira-kira yang menyajikan suasana baru seperti di atas? Ada yang tahu?

Sumber: Dailymail

Leave a Reply

Your email address will not be published.