4 Cara agar Tidak Kehabisan Ide Menulis

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Di era digital, menulis adalah kegiatan yang cukup banyak dilakukan orang saat ini. Tidak hanya menjadi jurnalis atau copywriter, saat ini begitu banyak profesi baru dadakan bermunculan akibat perkembangan teknologi, seperti penulis konten situs, blogger, penulis kreatif, dan sebagainya.

Namun, menulis bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan, karena untuk bisa selalu memunculkan ide yang bernilai, terkadang banyak di antara para penulis yang sering kali mengalami kemandekan. Ketika sumber inspirasi terbatas, sangat mudah memang bagi seorang penulis untuk mengatakan bahwa ide yang bagus sangat sulit didapat. Maka itu, salah satu rahasia untuk menggali inspirasi adalah berburu keluar ke tempat-tempat yang tak biasa.

“Keingintahuan, atensi, sedikit keberanian, dan kemauan keras untuk mematah rutinitas dapat menggiring anda pada ide-ide menulis yang luar biasa. Gali, dengarkan, ajukan pertanyaan. Ide menulis yang hebat biasanya datang dari interaksi tatap wajah dengan orang lain,”kata pelatih penulisan Don Fry.

Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan ide-ide hebat menulis;

Gali lebih dalam emosi anda

Jika ada sesuatu yang mengganggu atau menimbulkan teka teki di kepala anda, cobalah cari tahu dengan mengobrol bersama orang lain yang merasakan hal sama. Maka, anda akan menemukan sesuatu di mana anda bukanlah orang satu-satunya yang mengalami masalah terhadap hal tertentu. Awal keraguan terkadang bisa menjadi sumber inspirasi menulis.

Mencoba hal baru

Mencoba hal baru dan seru tentu bisa dijadikan bahan yang baik untuk tema penulisan anda selanjutnya. Beranikan diri untuk keluar dari rutinitas sehari-hari, dan mencoba sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Cara Ini bisa diawali dari hal-hal yang sederhana, seperti mencoba tipe transportasi yang beda, meninggalkan mobil anda dan mencoba dengan bersepeda saat berangkat kerja atau hal lainnya yang bisa dijadikan pengalaman baru.

Turunkan sedikit standar anda

Jangan sepelekan hal-hal kecil di sekitar anda, terkadang justru hal inilah yang bisa menjadi bahan menarik untuk penulisan anda. Cobalah anda membaca email spam,  menonton acara televisi yang mungkin  terlihat buruk, atau pengalaman belanja dan berjalan di suatu tempat. Pastinya, selalu ada sisi menarik dibalik semua hal-hal yang mungkin terlihat kecil di mata anda.

Posisikan diri anda sebagai orang lain

Tidak semua hal yang ditulis harus melulu tentang diri anda bukan? Cobalah pelajari kehidupan orang lain yang memiliki pengalaman menarik untuk dibagikan. Di sini, anda tentu akan memperoleh pandangan yang lebih baru dan berbeda.

Happy writing 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.