Yuk, Belajar dari 5 Start Up dengan Ide Bisnis Unik

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun
bisnis
sumber: inc

Di era sekarang, bisnis yang sukses tidak hanya menjadi monopoli perusahaan besar saja, namun juga inovasi dari para start up pemula turut membawa kebaikan di masyarakat.

Tak heran, saat ini banyak orang biasa mampu hidup melebihi ekspektasi dengan bisnisnya. Namun, sukses tak selalu mudah didapat.

Para pengusaha dapat belajar banyak dengan melihat bisnis yang telah ada sebelumnya. Berikut adalah 5 start up yang sukses dan alasan yang mendasarinya;

Happy Cheeks

Perusahaan ini memproduksi pembersih semprot toilet duduk yang mampu mengeliminasi bakteri dan bahkan membuat toilet umum layak untuk digunakan. Semprotan yang sama dapat digunakan pula untuk membersihkan pegangan pintu dan meja bayi.

Memang, ide ini begitu sederhana, dan inilah ternyata yang membuat berhasil. Ini bukanlah sebuah ide yang perlu dijelaskan dengan rumit. Terkadang, kesederhanaan dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Xiaomi

Didirikan pada tahun 2010 di China, siapa sangka jika merk Xiaomi mampu menjadi pembuat ponsel pintar terbesar setelah Apple dan Samsung.

Perusahaan ini telah mampu membuat ribuan lapangan kerja dengan valuasi jutaan dolar. Salah satu strateginya adalah, mereka tidak pernah menjual produknya di toko offline, dan hanya mengandalkan jalur online.

Dengan taktik ini, ponsel berbasis android ini mampu memangkas harga jual produk menjadi lebih murah untuk kalangan orang-orang biasa.

Slack

Komunikasi adalah segalanya dalam dunia bisnis. Slack muncul sebagai alat komunikasi di kantor. Dibangun tahun 2013, perusahaan ini mampu mencapai valuasi miliaran dolar. Berdasarkan pernyataan perusahaan, sudah lebih dari 30 ribu organisasi menggunakan teknologi mereka di seluruh dunia.

Cara kerjanya, Slack menggantikan email kantor dengan platform tersentralisasi untuk mengirim dokumen kerja. Slack menyatukan bermacam opsi komunikasi di kantor.

Maka, produk ini cukup sukses lantaran membawa konsep-konsep yang digunakan kompetitornya, seperti Google Apps, Dropbox, dan Github. Meski, tidak melakukan inovasi, mereka berupaya menyempurnakan produk yang ada di pasaran.

Flipkart

Ini adalah salah satu start up yang didirikan mantan pegawan Amazon, The Bansal Brothers. Perusahaan ini mulai tumbuh dan menjadi saingan Amazon di India. The Bansal Brothers mengatakan, India kekurangan bentuk struktur pengiriman eCommerce.

Belanja online dan menggabungkannya dengan ritel offline tidak pernah eksis seperti halnya di Barat. Konsep inilah yang ingin dibawa Flipkart di India. Perusahaan melihat kebutuhan yang telah ada sebelumnya. Penting bagi pengusaha untuk memahami tidak hanya pasar domestik, tapi juga pasar global.

Uber

Konsep perusahaan Uber memang telah menjadi topik pembicaraan di mana-mana belakangan terakhir ini. Namun, tak bisa dimungkiri jika faktanya, mereka telah menjadi start up paling sukses di dunia. Para penumpang dapat memangkas biaya taksi, dan menikmati perjalanan dengan nyaman ala mobil pribadi sampai depan rumah bermodal teknologi aplikasi.

Banyak cara menciptakan bisnis

Salah jika anda percaya, satu-satunya cara untuk membuat bisnis selalu dimulai dengan penemuan yang benar-benar baru. Banyak dari start up sukses di dunia justru membangun  ide dari yang sudah eksis lebih dulu kemudian menyempurnakannya.

Untuk melakukannya, mereka menggunakan sumber daya dari mulai teknologi hingga mengisi  kekosongan di pasar yang spesifik.

Anda perlu menarget bagian tak menyenangkan dan menyadari bahwa ide bisnis anda mampu membuat hidup lebih mudah dan nyaman untuk pasar anda.

 

Inc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.