Ternyata Bidang Kerja Ini yang Menurut Bill Gates Bakal Menjanjikan

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Siapa tak kenal Bill Gates? Pendiri Microsoft yang tak pernah menamatkan kuliahnya ini, kini dikenal sebagai seorang filantropis yang mengabdikan hidupnya untuk kepentingan orang banyak yang tak beruntung. Ia juga banyak berkeliling dari kampus ke kampus untuk memberi inspirasi bagi generasi muda tentang karir dan hidup.

Dalam cuitan di akunnya setelah memberi kuliah umum, pria yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia ini menyebut beberapa kata kunci, seperti dampak, kebahagiaan, dan kemajuan. Ia bahkan sama sekali tidak menyebut tentang uang atau materi.

Ia mengatakan pada para lulusan dalam pidato umumnya di Columbia University, bahwa Artificial Intelligence (AI) dan biosains adalah bidang lapangan kerja yang menjanjikan serta memberi dampak besar.

Buat yang belum paham soal Artificial Intelligence, kalau dalam ilmu komputer, bidang riset AI mencakup kajian “agen intelijen” di perangkat apa pun, yang memungkinkan peluang untuk mencapai tujuan tertentu. AI juga dikaitkan dengan fungsi gerak mesin “kognitif” yang menghubungkan manusia dengan pemikiran manusia lainnya, seperti “pembelajaran” dan penyelesaian masalah”.

Seiring perkembangan teknologi informasi, kajian AI ini memang sangat dibutuhkan. Situs e commerce terbesar di dunia, Amazon mengakui jika kesukesannya mengakuisisi pelanggan baru dan mendongkrak penjualan online adalah karena jasa AI.

Bahkan, menurut CEO Amazon Jeff Bezos, teknologi ini juga membantu banyak proyek Amazon, seperti pengiriman lewat drone, aktivasi suara pengeras Echo, serta pengurangan kasir untuk Amazon Go convenience store, di Seattle, AS (dok.bloomberg).

Gates yang akhirnya drop out dari Harvard untuk mendirikan Microsoft ini mengatakan, bahwa AI merupakan “fenomena” yang potensial ke depan dan segala sesuatunya akan berhubungan dengan hal itu.

Masih dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan, bahwa ada permintaan yang tinggi di sektor energi untuk pengembangan energi yang “bertanggung jawab, bersih, dan murah”. Pengembangan di bidang bioteknologi bekerja sangat cepat, di mana pastinya membutuhkan inovasi untuk melawan penyakit, seperti kanker dan obesitas serta pengembangan vaksin.

Gates juga mengingatkan, bagi para lulusan generasi muda tersebut untuk bergaul dengan orang-orang yang selalu bisa memberi tantangan, mengajarkan, dan mendorong mereka untuk menjadi diri yang lebih baik. Ia juga berpesan agar selalu ingat dengan orang-orang yang hidupnya kurang beruntung akibat ketimpangan ekonomi dan sosial.

“Kalian tahu lebih banyak dari saya, ketika saya di usia kalian. Maka, harusnya kalian bisa lebih baik dan cepat memerangi ketidakadilan di jalanan atau bahkan di dunia,”ujar Gates.

Di akhir pidato, ia meminta kepada para lulusan untuk mempertimbangkan perkembangan manusia yang telah dicapai, sebagai tanda bahwa ia percaya dunia akan semakin baik. “Ini akan membawa semangat jika anda berpikir dunia makin baik, maka anda akan selalu ingin menyebarkan kemajuan untuk lebih banyak orang dan tempat di dunia”tutupnya.

Sumber: WEF

Leave a Reply

Your email address will not be published.