Siapa VJ MTV Favorit di Akhir Tahun 1990-an?

VJ MTV Favorit Tahun 1990Bagi anda yang tumbuh dan besar di tahun 1990-awal 2000-an, pastinya tahu benar ya salah satu program musik yang cukup happening saat itu, apalagi kalau bukan MTV (Music Television).

Di eranya, sebelum booming internet seperti sekarang, MTV menjadi salah satu program musik yang sangat mewakili gaya hidup anak muda. Meski, saat itu cukup banyak program musik di stasiun televisi swasta, MTV tetap menjadi magnet yang mencuri perhatian.

Saat itu, menonton video klip terbaru para musisi ternama secara utuh adalah ‘barang mahal’ dan istimewa, maka tak heran jika berbagai program MTV baik di Asia maupun Indonesia selalu dinantikan para penggemarnya.

Salah satu ciri khas MTV yang paling kuat adalah keberadaan VJ alias Video Jockey yang membawakan acara untuk memutarkan video klip para musisi bagi para pemirsanya. Menjadi seorang VJ MTV saat itu, menjadi dambaan banyak anak muda, maka tak heran jika setiap pembukaan audisi selalu dibanjiri banyak peminat.

Seorang VJ MTV tak hanya mampu sekedar membawakan acara saja, namun merupakan orang-orang yang memiliki karakter kuat, muda, asyik, cerdas, dan tentu saja karena merupakan program franchise internasional, seorang VJ MTV rata-rata dituntut fasih berbahasa Inggris.

Sedikit bernostalgia, berikut ini adalah beberapa VJ MTV favorit saya sejak zaman SD 🙂

Jamie Aditya

vj mtv favorit 1990

Gayanya yang kocak dan unik selalu membawa angin segar pada setiap acara yang dibawakannya. Itulah Jamie Aditya yang populer sebagai VJ MTV Asia dan MTV Indonesia di akhir tahun 1990-an. Ia juga merupakan cucu dari penulis dan sastrawan Indonesia yang terkenal Achdiat Kartamihardja. Namun, Jamie mengundurkan diri sebagai VJ tahun 2001 untuk pindah ke Australia. Meski begitu, hal itu tak menghentikan langkahnya menekuni dunia hiburan, ia sempat merilis lagu dan bermain film pasca tak lagi menjadi VJ.

Sarah Sechan

vj mtv favorit 1990

Kalau nama yang satu ini gak usah dibahas lagi ya, sampai sekarang masih sangat eksis: D. Wanita kelahiran 1974 ini, merupakan mantan VJ MTV Asia dan MTV Indonesia yang sempat menjadi pemimpin redaksi Majalah Cosmo Girl, presenter, bermain film, bintang iklan, dan saat ini telah memiliki program acara sendiri ‘Sarah Sechan’ di stasiun NET TV. Namanya mulai populer sejak menjadi VJ MTV, dan memang ia telah membuktikan kepiawaian-nya dalam public speaking. Saat itu, ia berhasil meraih penghargaan MTV Nokia Jukebox Music is My Life.

Donita Rose

VJ MTV favorit 1990

Si cantik berdarah AS-Filipina yang satu ini adalah salah satu VJ MTV yang memiliki pembawaan sangat asyik, terutama saat membawakan program MTV Most Wanted yang saat itu tayang Senin-Jumat pukul 15.30 di ANTV. Terlahir di Utah, AS 1974, lalu pindah ke Filipina di usia-nya yang ke-5. Sebelum menjadi VJ, Donita Rose cukup lama bergelut di dunia hiburan melalui film. Pasca tak lagi menjadi VJ, ia menikah tahun 2003 dan terus menggeluti dunia hiburan hingga saat ini dengan membawakan berbagai program TV lokal di Filipina.

‘Greg’ Utt Panichkul

vj mtv favorit 1990

Utt Panichkul (atau biasa disebut VJ ‘Greg’), pria tampan kelahiran 1973 berdarah Thai-Amerika ini adalah seorang mantan VJ MTV yang saat ini masih aktif menjadi aktor dan presenter. Seingat saya, salah satu program MTV yang cukup sering dibawakannya, saat itu adalah MTV Most Wanted, yang terkadang duet bersama Donita. Ia sempat mengeyam pendidikan komunikasi di California State University, Northridge, lalu pindah ke Assumption University (Thailand).

Mike Kasem

vj mtv favorit 1990

Saya mengingatnya sebagai salah satu VJ yang paling sering membawakan program MTV Asia Hitlist (tayang setiap Sabtu siang di ANTV) pada akhir tahun 1990-an. Tak banyak informasi mengenai Mike Kasem sekarang, namun pria kelahiran California, AS 1974 ini, masih bergelut di dunia hiburan, salah satunya dengan menjadi presenter Reality Remix (2005) dan membintangi film Scary Movie 5 (2013).

Wikipedia/berbagai sumber            

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.