Desain & Fesyen

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Bukan Cuma Batik:

Ini Alternatif Kain Wastra Nusantara untuk Tampil Sehari-hari

kain tradisional RI

Indonesia adalah negara dengan beragam kekayaan alam serta kebudayaan. Kain wastra Nusantara, merupakan salah satu peninggalan budaya yang secara turun temurun dilestarikan dan digunakan oleh suku masyarakat tertentu.

Saat ini, menggunakan kain wastra tidaklah melulu saat anda akan pergi ke pesta atau acara resmi, karena banyak para desainer yang secara kreatif menciptakan beragam item fesyen dengan aksen tradisional untuk outfit sehari-hari. Banyak pula brand lokal yang berhasil unjuk gigi merebut pangsa pasar anak muda dengan item dan aksesori fesyen beraksen kain wastra.

Nah, jika selama ini, batik merupakan salah satu kain wastra yang sangat populer untuk dimanfaatkan sebagai outfit sehari-hari, maka anda perlu menengok ragam kain khas Nusantara yang bisa anda jadikan alternatif.

Tenun

Berbicara tentang salah satu kain yang sekarang makin populer ini, sejarah tenun berawal dari tradisi menenun yang telah dilakukan sejak zaman purba. Bahkan, ada indikasi sudah ada sejak zaman Paleolitikum. Diperkirakan, menenun yang dilakukan sejak zaman pra sejarah itu terinspirasi dari pengamatan terhadap jarring laba-laba, dan sarang burung. Di Indonesia, tenun mengalami penyebaran hingga pelosok daerah dan hampir setiap tempat memiliki porduksi tenun yang unik sesuai dengan budaya masing-masing. Bali dan Lombok adalah dua wilayah yang memiliki kain tenun dengan kualitas terbaik, bahkan sebagian besar motifnya sudah mampu melanglang buana ke berbagai belahan dunia dengan sentuhan cantik para desainer.

Ulos

Ulos merupakan salah satu budaya peninggalan masyarakat Batak di Sumatera Utara. Dalam berbagai acara kebudayaan Batak, ulos adalah salah satu kain yang wajib digunakan para pengikut acara tersebut. Namun, saat ini ulos telah banyak berkembang menjadi produk-produk kreatif dalam dunia fesyen dan craft. Kain ini pun kerap menjadi cinderamata khusus khas Sumatera Utara bagi para pelancong. Salah satu daerah sentra pengrajin ulos adalah di Desa Perbaban Pulau Samosir.

Songket

Masih dari wilayah Sumatera, kali ini songket menjadi salah satu peninggalan budaya yang tak terpisahkan bagi masyarakat Sumatera Barat. Nilai jual songket memang dikenal cukup mahal, karena terbuat dari benang emas. Varian harga pun tergantung dari tingkatan songket yang dipilih serta kerumitan pembuatan.

Sasirangan

Jenis kain sasirangan saat ini juga kerap dijadikan sebagai kombinasi untuk menciptakan aneka produk fesyen nan kreatif. Berasal dari Kalimantan, kain Sasirangan dapat anda temui di toko-toko kota Banjarmasin dan Martapura. Harga yang bisa didapat pun cukup bervariasi di sekitaran ratusan ribu rupiah.

Yuk, cintai produk lokal!

Dirgahayu RI KE-70 🙂

More stories—> check categories 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.