Pesona Baru Blantika Musik Indonesia: Isyana Sarasvati

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Bila memang harus berpisah…

Aku akan tetap setia…

Bila memang ini ujungnya…

Kau tetap ada di dalam jiwa…

Dok. pribadi Isyana
Dok. pribadi Isyana

Itulah sepenggal lirik lagu dari penyanyi pendatang baru Isyana Sarasvati nan muda dan cantik asal Bandung. Saya bukanlah orang yang paham tentang perkembangan musik di negeri ini, namun perbincangan ramai dan hangat di berbagai media tentangnya beberapa waktu terakhir, mengusik saya untuk mencari tahu tentang Isyana dan latar belakang karirnya. Memiliki suara merdu dan paras cantik, tak sedikit pula netizen yang membanding-bandingkan dirinya dengan penyanyi Raisa yang sudah lebih dulu populer.

Sebelum meluncurkan single-nya Keep Being You (2014) dan Tetap dalam Jiwa (2015), dara kelahiran 1993 ini juga kerap meng-cover beberapa lagu artis luar negeri, seperti Boyce Avenue, Alex Goot, dan Megan Nicole dengan suara khas-nya lalu dipublikasikan via Youtube.

Meski, namanya baru melambung akhir-akhir ini di Tanah Air, namun kiprah Isyana dalam blantika musik internasional tak perlu diragukan lagi. Sederet prestasi-nya di bidang musik membuat banyak orang angkat topi, karena bisa dibilang tak banyak musisi Indonesia yang memiliki prestasi internasional seabrek seperti dirinya 😀

Pantas, jika banyak orang menganggapnya memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi. Isyana sendiri merupakan lulusan Nanyang Academy of Fine Arts Singapura dan Royal College of Music Britania Raya.

Dok pribadi Isyana
Dok pribadi Isyana

Single terbaru-nya, Tetap dalam Jiwa diciptakan oleh Isyana sendiri dibantu oleh Olof Lindskog (produser Swedia) dan balutan strings oleh Alvin Witarsa. Mastering lagu ini dilakukan di Sterling Sound Studio berbasis di New York, AS yang mengerjakan pula single-single milik Taylor Swift, Jessie J, Adele dan banyak artis internasional beken lainnya. Prestasi lain single tersebut juga adalah berhasil menempati posisi 3 Top Charts iTunes.

Daftar prestasi Isyana:

-Wakil Indonesia dalam Asian in Acapella; Opera in the Park Singapura

-Tahun 2008: Tampil di International Junior Original Concert Bunkamura Hall, Tokyo Jepang dengan membawakan lagu ciptaannya sendiri berjudul Wings of Your Shadow. Lagu itu dinilai memiliki tingkat kesulitan yang kompleks, maka tak heran jika terpilih sebagai 12 Best Compositions Songs dari 35 ribu orang di seluruh dunia

-Lagu Wings of Your Shadow turut membawanya terpilih menjadi salah satu pianis terbaik dunia.

Female Singer of the Year NET Indonesian Choice Awards 2015.

*berbagai sumber

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.