Peluang Usaha Produk Skin Care Natural Artisan

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Tak bisa dimungkiri, mencari produk skin care alias perawatan kulit terutama bagi kaum hawa yang benar-benar cocok itu susah-susah gampang. Terlebih, sejak masuk masa pubertas, berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kering, bau badan atau bentuk alergi kulit yang lain seperti eksim akibat stres dan pola makan turut membuat si penderitanya pusing tujuh keliling.

Namun, kabar gembiranya, kini para konsumen sudah punya banyak pilihan untuk merawat kulitnya tanpa takut terpapar bahan kimia. Lantaran makin banyak brand lokal yang menggarap bisnis kosmetik dan perawatan kulit alami ini. Tak pelak, pasar pun menyambut baik, sehingga produk skin care alami menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Tapi ada baiknya, sebelum benar-benar serius menggarap peluang usaha ini, kita wajib tahu konsepsi mengenai natural vs organik, karena tidak semua produk natural pasti organik atau 100 persen natural. Namun, satu keuntungan menggunakan produk yang natural atau organik adalah kulit menjadi lebih mulus dan lembut serta relatif aman dari risiko terpapar dampak negatif bahan kimia bagi tubuh.

Jika kamu ingin menggunakan bahan natural atau organik, keduanya harus sama-sama dicantumkan dalam kemasan. Organik biasanya merujuk pada penggunaan 95 persen bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan.

Di dalam kandungannya, juga bebas mengandung pestisida, atau zat-zat racun dari lingkungan sekitar. Tanamannya tumbuh dan dirawat dengan metode pertanian organik yang juga mendaur ulang dan mempromosikan keanekaragaman hayati.

Salah satu brand lokal yang cukup lama malang melintang di bidang kosmetik dengan menggunakan bahan alami, adalah Wangsa Jelita yang berdiri sejak 2009. Pendirinya, Nadya Saib mengatakan, pihaknya turut menggandeng dan membangun komunitas petani yang memasok sumber bahan baku kosmetik dan skin care-nya.

skin care
Krim Eucalie 15 gram, aslinya mungilnya banget 😀

Brand lokal lainnya yang sama-sama menggarap pasar skin care alami, adalah Vimala, Eucalie, Organicsupply, Klend and Kind, Peek Me Naturals, Botanina, Pepper Secret dan masih banyak lagi. Saya sendiri pernah mencoba produk Eucalie aroma chamomile untuk eksim, kulit iritasi dan bibir kering. Kandungannya rata-rata menggunakan bahan organik, seperti virgin oil, coconut oil, pure essential oil, dan sudah organic certified. Cuma sayangnya, tidak ada label expired di kemasannya 🙁

Nah, buat kamu yang ingin mencoba menggarap pangsa pasar ini, pastikan melakukan riset maksimal termasuk mengurus sertifikasi keamanannya sebelum meluncurkan produk ke pasaran. Tapi, bagi kamu yang tidak ingin repot-repot dalam urusan produksi dan kemasan, bisa mendaftar jadi reseller dari salah satu brand tersebut. Setahu saya, baru Wangsa Jelita yang membuka membership reseller. Silahkan cek langsung di situs resminya.

Selamat mencoba!

 

Sumber: Onegreenplanet.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.