Manfaat Ilmiah Kenapa Perlu Bangun Jam 5 Pagi Tiap Hari

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

 

bangun pagi
sumber: rapidleaks

Rasanya tak berlebihan jika petuah jadul politisi sekaligus aktivis Amerika Serikat Benjamin Franklin, “Early to bed, and early to rise makes man healthy,  wealthy, and wise”,  dianggap tetap relevan hingga saat ini. Siapa yang tak pernah mengalami gangguan tidur, bergadang karena pekerjaan atau menikmati tontonan hiburan? Tentu saja, dampak yang ditimbulkan setelah esok harinya, adalah kondisi fisik yang lemah dan pikiran tak segar.

Sebaliknya, semakin cepat tidur malam, maka kita cenderung akan mampu bangun pagi dengan kondisi segar di mana seseorang akan lebih produktif. Sayangnya, tidak semua orang mampu disiplin menjalankan rutinitas demi kesehatan baik mental atau fisiknya. Mumpung masih suasana awal tahun, apakah kita siap untuk menyusun resolusi sederhana “yup, gue siap bangun jam 5 pagi tiap hari”? J

Berikut adalah beberapa manfaat ilmiah kenapa kita perlu bangun pagi tiap hari?

Bebas menentukan prioritas

Saat terbangun di subuh hari, rata-rata kita belum disibukkan dengan beragam notifikasi di ponsel. Dengan demikian, kita masih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang relaks dan menyenangkan. Misalnya, berdoa, baca buku, olahraga pagi, atau sekedar stretching bersama hewan peliharaan sebelum benar-benar beraktivitas seharian. Bahkan, ada sebuah studi di tahun 2014 yang menyatakan, bahwa orang-orang yang kerap tidur larut malam cenderung lebih mengalami gangguan kecemasan atau pikiran negatif.

Membangun disiplin diri

Ketika rasa kantuk masih menyelimuti diri saat subuh hari lalu tetiba alarm berbunyi, langsung bangun dari tidur dan beraktivitas tentunya begitu berat. Kebanyakan dari kita pun kerap menunda-nunda waktu, mematikan alarm, lalu tertidur lagi. Membangun disiplin diri layaknya memperkuat otot, tidak mudah.

Tak heran, jika latihan disiplin diri sesungguhnya sangat bisa dimulai dari membangun kebiasaan bangun pagi on time tanpa telat. Hal ini diperkuat oleh studi pada 2008 lalu, yang menemukan bahwa orang-orang yang disiplin bangun pagi rata-rata merupakan orang yang tak pernah menunda-nunda dalam kehidupan sehari-hari.

Tidur bikin sehat

Tidur menyehatkan tubuh jelas bukan isapan jempol. Banyak studi yang menyatakan, tidur normal manusia adalah 8 jam sehari. Di beberapa perusahaan Jepang, bahkan ada yang menyediakan waktu khusus bagi karyawannya untuk tidur siang. Banyak riset menemukan, bahwa cukup tidur dapat menguatkan sistem imun tubuh di mana sangat berguna untuk menangkal bakteri atau virus di lingkungan sekitar serta menambah energi. Studi yang dipimpin oleh Dr. Joerg Huber dari Roehampton University menemukan, bahwa orang-orang pagi cenderung lebih sehat dan bahagia serta memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

Lalu, langkah apa saja yang harus kita lakukan jika ingin tidur lebih sehat dan nyaman di malam hari?

  • Tetapkan jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama, misalnya tidur malam maksimal jam 22.00, dan bangun tiap hari jam 05.00 pagi.
  • Jauhi segala bentuk penerangan, seperti barang elektronik, TV atau ponsel. Banyak studi yang menemukan, jika bermain ponsel sebelum tidur justru akan membuat seseorang makin sulit tidur. Cahaya biru dari ponsel dapat mengganggu produksi melantonin (hormon yang mengatur siklus tidur tubuh).
  • Buat mood dalam kondisi relaks. Banyak orang yang menggunakan aromatherapy diffuser di ruang kamar demi lebih relaks dan nyaman.
  • Hindari makan sebelum tidur
  • Olahraga

 

Entrepreneur.com/themuse

Leave a Reply

Your email address will not be published.