Bisnis & Brand

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

5 Strategi Sukses Pemasaran di Sosial Media

socmed marketing

Anda pasti pernah mendengar “Tidak ada orang berencana untuk gagal, namun merekalah yang gagal berencana?” Rahasia menyusun strategi pemasaran sosial media dengan eksekusi yang sukses terletak pada perencanaan. Berikut adalah beberapa tips strategi yang bisa ditempuh untuk memastikan anda berada di jalur yang benar dalam melakukan pemasaran di sosial media.

Pilih kanal yang tepat

Menjalankan strategi yang diformulasikan pada aplikasi sosial media yang lebih sedikit, jauh lebih baik ketimbang anda harus eksis di banyak kanal sosial media yang tak membuat anda menonjol. Sangat penting membangun strategi sosial media pada platform untuk menguatkan identitas brand dan tujuan anda.

Perkuat tujuan

Poin yang kedua ini biasanya begitu mudah dilupakan oleh kebanyakan pemasar. Mereka lupa apa yang menjadi tujuan bisnis, bagaimana mendapat pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan lama?

Cobalah luangkan waktu untuk mendiskusikan hal ini dengan tim anda, dan gambarkan pada secarik kertas di mana posisi anda, dan di mana anda ingin berada. Faktor tersebut amat penting guna membangun strategi konten bagi audiens anda.

Jika anda ingin sosial media menjadi platform untuk peduli pada konsumen, maka konten anda pun harus menyiratkan pesan tersebut. Tahukah anda jika brand yang peduli pada konsumennya meraih 3,5 kali lebih banyak interaksi dibanding yang brand yang minim respon.

Kembangkan strategi konten

Inilah tulang punggung dari strategi sosial media. Biarkan tim anda melakukan sesi brainstorming untuk menciptakan ide-ide dan eksekusi yang matang. Jangan lupa untuk membuat kalender berisi jadwal khusus posting di kanal sosial media anda tentang tema-tema tertentu. Contoh: tips, quote, berita artikel, event, kuis, video, foto dari pelanggan anda, foto endorser dan lainnya. Misalnya, di Instagram, sehari 1-2 posting mungkin cukup, namun di Twitter anda bisa posting 5-10 postingan.

Kelola profil

Pastikan saat anda atau tim membuatkan akun sosial media, diisi dengan profil selengkap mungkin, termasuk link sosial media dan alamat website yang merepresentasikan identitas brand atau usaha anda.

Analisa performa

Untuk benar-benar mengembangkan strategi konten yang unik dan efektif, sangat penting untuk memahami terlebih dulu kompetitor anda lewat performa sosial media. Bangun daftar competitor anda saat ini, dan perhatikan apa saja yang mereka lakukan lewat sosial media. Analisa kompetitor penting untuk memepertimbangkan apa yang akan anda lakukan ke depan, serta mendapat inspirasi. Analisa yang baik akan memberi anda pandangan baru, konten apa yang paling cocok dengan audiens atau pasar anda.

Sumber: socialbakers.com

Ingin praktik lebih jauh dan belajar bersama komunitas internet marketing terbesar di Indonesia untuk memasarkan produk anda lewat strategi konten atau iklan sosial media? Yuk langsung join di sini http://tinyurl.com/ne5fgz6

More stories–> check categories 🙂

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.