Inilah Sejarah Pilu Di Balik Megahnya Panggung Victoria’s Secret

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Siapa tak kenal brand Victoria’s Secret? Jutaan wanita belanja di Victoria Secret setiap tahunnya. Riteler ini dikenal sebagai penyedia kebutuhan pakaian dalam bahkan untuk setiap acara spesial.

Pagelaran show Victoria’s Secret selalu menelan biaya lebih dari 10 juta dolar demi mendapat prestise dan pengakuan sebagai salah satu fashion show terpenting di dunia. Namun, tidak banyak orang mengetahui, kisah tragis yang menimpa pendiri pertamanya.

Tahukah anda jika awalnya brand ini tidak mendesain pakaian dalam untuk wanita?

Roy Raymond adalah sosok di balik tenarnya brand Victoria’s Secret. Roy merupakan alumnus Tufts University dan Stanford Graduate School of Business. Ia juga pernah bekerja di perusahaan Vicks bagian pemasaran.

Tepatnya pada tahun 1977, ia membuka toko Victoria’s Secret di Stanford Shopping Center, California Utara setelah merasa malu saat mencoba membeli pakaian dalam untuk istrinya di area publik pusat perbelanjaan.

Akhirnya, ia mengambil pinjaman masing-masing sebesar 40 ribu dolar dari bank dan kawannya. Perusahaan ini pun berhasil meraup 500 ribu dolar pada tahun pertama operasinya. Roy pun dengan sigap mulai membuat katalog pemesanan dan membuka 3 lokasi toko lagi.

roy raymond pendiri victoria's secret
Raymond mengakhiri hidupnya di usia 46 tahun

“Ide pertama kami sebetulnya adalah membangun toko di mana para pria merasa nyaman untuk berbelanja pakaian dalam. Semua berawal, saat Roy membelikan saya pakaian dalam dan merasa canggung saat berada di ruang publik. Victoria’s Secret berupaya mengubah kesan itu,”kata Gaye, istri Roy. Kini, Gaye berusia 65 tahun dan merupakan profesor di Samuel Meritt University.

Roy dan istrinya pun resmi memiliki 5 toko pada tahun 1982, hingga pada akhirnya mereka membuat keputusan paling fatal dalam hidup, di mana mereka menjual perusahaan Victoria’s Secret hanya sebesar 5 juta dolar kepada Leslie Wexner, pendiri The Limited.

Pada tahun 1990-an, siapa sangka jika Victoria’s Secret mampu menjadi riteler pakaian dalam terbesar Amerika, dengan nilai perusahaan sebesar 1 miliar dolar.

victoria's secret
Victoria’s Secret menjadi salah satu brand global tersukses
dok. dirtpost

“Suami saya telah berbicara pada Lex Wexner beberapa kali untuk tetap bisa bekerja sama, tapi Roy akhirnya merasa tak bisa menjadi pengambil keputusan, dan lebih bahagia jika dia benar-benar keluar dari usaha yang telah dirintisnya itu,”kata Gaye.

Tentu saja, nilai penjualan awal tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan nilai valuasi perusahaan ini sekarang. Berdasarkan banyak sumber baru-baru ini, nilai perusahaan Victoria’s Secret diperkirakan sudah mencapai 13 miliar dolar sekaligus menjadi kontributor terbesar bagi Wexner dan perusahaannya.

angel victoria's secret
Menjadi gadis terpilih dan menyandang sayap untuk Victoria’s Secret jadi salah satu pencapaian besar seorang model di industri fesyen
dok. keywordsking

Roy pun memulai proyek lain, dengan mendirikan toko “My Child’s Destiny,” yang menjual produk anak-anak untuk kalangan premium di sebuah toko di San Fransisco serta katalog email.

Sayangnya, perusahaan ini bangkrut tahun 1986 diduga karena lokasi yang kurang strategis dan kesan terlalu elit. Padahal, ia telah berinvestasi hampir 1 juta dolar dari uangnya sendiri hingga harus menyelesaikan sisa utangnya.

Tak sampai di situ, ia pun akhirnya bercerai dengan sang istri setelah kehilangan semuanya. Roy dan Gaye bercerai tahun 1993 di saat Victoria’s Secret sedang terbang tinggi menjadi riteler terbesar pakaian dalam di Amerika Serikat, AS.

Pada 26 Agustus 1993, Raymond ditemukan tewas lantaran menjatuhkan diri di Golden Gate Bridge di usianya yang ke 46. Ia terlihat terakhir kali berjalan di Golden Gate Bridge, dan membasahi tubuhnya di pantai dekat Marin County. Para penyelidik berkesimpulan ia memang terjun dari jembatan.

“Ia telah melalui beberapa kegagalan bisnis, dan menderita depresi. Ia meminjam uang ibunya, mencoba memulai perusahaan lain, namun semua tak berjalan mulus. Hingga ia merasa tak ada jalan keluar lagi. Sangat menyedihkan, karena sebetulnya dia masih muda, kreatif, dan seorang businessman yang cerdas,”ujar Gaye.

Baca juga: Tujuh Model Victoria’s Secret yang Berhasil Memikat Pria Kaya

Dok. Wikipedia/standartimespress

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.