Ini Perbedaan Kanvas, Rami, dan Goni untuk Material Tas

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Begitu banyak bahan serat atau alami untuk membuat tas, seperti katun, kanvas, rami, dan goni. Mari kita bedah satu per satu mengenai bahan-bahan berserat alami berikut untuk keperluan pembuatan produk-produk kreatif;

Kanvas merupakan salah satu bahan yang kuat dan tahan lama. Kanvas pun dikenal sebagai bahan yang memiliki ketahanan dan serba guna.

Sejak tahun 3000-an sebelum masehi, kanvas telah masuk ke dalam industri dan semakin populer sebagai pilihan bahan untuk banyak item, salah satunya adalah tas tote yang sangat dikenal era ini.

Tas tote berbahan kanvas memang kian populer saat ini karena seiring dengan semangat dan tren sadar lingkungan.  Penggunaan kanvas tentunya akan memangkas penggunaan plastik sebagai tas belanja, yang tentunya tidak ramah lingkungan. Selain lebih ramah lingkungan, pemakaian tas kanvas juga lebih mudah dan mampu menampung lebih banyak barang karena lebih kuat.

tote bag kanvas
tote bag kanvas ilustrasi

Banyak material kanvas saat ini terbuat dari katun, namun masih ada beberapa produsen yang menggunakan rami, linen, dan tekstil lain untuk memproduksi kanvas.

Namun, secara historis, kanvas memang terbuat dari rami, sesuai dengan namanya “canvas” berasal dari kata Latin yang berarti rami. Sedangkan, penggunaan katun atau linen membuat kanvas lebih modern secara konsep.

Kanvas sendiri berbeda dengan beberapa bahan katun berat lainnya karena terbuat dari tenunan polos bukan model twill di mana biasanya denim dibuat.

Ada dua tipe mendasar kanvas. Pertama, adalah plain canvas dan kedua, jenis yang disebut duck canvas. Jenis duck canvas ini lebih kuat dibanding jenis pertama.

Seperti kita tahu, kanvas kini banyak dipergunakan untuk berbagai item fesyen dan aksesoris, dari mulai pakaian, sepatu, dan tentu saja tas tote 😉

Sedangkan, rami masuk kategori serat alami yang beberapa kali lebih kuat dibanding katun. Rami sendiri kerap digunakan untuk bahan tekstil dan aplikasi industri lainnya.

Selain berbahan kuat, rami juga sangat tahan lama, di mana rata-rata tas berbahan rami bisa dicuci dengan mesin sekaligus dikeringkan. Rami juga dapat dikombinasikan dengan material lain, seperti linen untuk menambah kesan lebih ciamik.

burlap

Lalu, bagaimana dengan goni? Hmm, mungkin selama ini anda hanya tahu goni sebagai sebuah karung beras 😉 Namun, goni sebetulnya masuk dalam kategori bahan fiber alami yang sangat kuat, tahan lama serta cukup murah untuk dibeli.

Saat ini, goni juga termasuk salah satu bahan baku yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan produk kreatif, seperti tas dan dompet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.