Ini Hal yang Dilakukan Lima Seleb Sukses di Usia 25

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Setiap orang memang memiliki jalan berbeda untuk mencapai sukses, namun bagi kebanyakan orang jalannya selalu linier. Sedangkan, yang lainnya merasakan putaran, jatuh dan bangun selama perjalanan. Untuk mengilustrasikan bagaimana jalan tiap orang untuk sukses tak serupa, berikut adalah hal luar biasa yang dilakukan oleh lima orang selebriti, di antaranya calon presiden AS, pengusaha, dan penulis. Siapa saja mereka?

Hillary Clinton

hillary clinton

Clinton mulai menerima gelar sarjana hukum dari Yale Law di tahun 1973, sebelum menginjak usia genap ke-25. Di tahun yang sama, Clinton mulai bekerja di Yale Child Study Center. Artikel pertama kelulusannya bertajuk “Children Under the Law”, dipublikasikan di Harvard Educational Review di akhir tahun 1973. Setelah lulus dari sekolah hukum, Clinton bekerja sebagai staf Kejaksaan untuk Children’s Defense Fund dan menginvestigasi komite penasihat Watergate.

Setelah pindah ke Arkansas di tahun 1975, dan memutuskan menikah dengan Bill Clinton, ia mengajar hukum kriminal, prosedur kriminal, dan advokasi di University of Arkansas dan menjalankan proyek  klinik kesehatan dan penjara. Sebelum mencalonkan diri sebagai presiden AS 2016, ia menjadi wanita pertama Arkansas, sekaligus wanita pertama yang menjadi US Senator dan Sekretaris Kenegaraan,

 

Donald Trump

donald trump

Sosok ini memang kerap menjadi kontroversial, Trump muda telah diberi kontrol menjadi pengembang real estate perusahaan milik ayahnya di usia ke 25. Ia pun menjadi banyak terlibat dalam proyek pembangunan di Manhattan. Sebelum mencalonkan diri sebagai Presiden AS, Trump melanjutkan pembangunan Grand Hyatt, di depan Grand Central Station Manhattan, lengkaplah sudah kerajaan bisnis properti Trump. Tak hanya itu, pengusaha flamboyan ini juga turut membintangi reality show “The Apprentice” di stasiun televisi NBC

 

Steve Jobs

steve jobs

Di akhir hari pertama perdagangan bursa pada Desember 1980, komputer Apple  memiliki nilai pasar sebesar 1,2 miliar dolar, membuat si pendirinya menjadi kaya raya. Steve Jobs yang saat itu masih berusia 25 merupakan satu di antara dari tiga orang co-founder Ia pernah berbicara pada penulis biografinya Walter Isaacson jika ia bersumpah tidak akan membiarkan uang menjatuhkannya.

Richard Branson

richard branson

Di usia yang ke-20, Richard Branson, pemilik Virgin Records membuka toko rekaman pertamanya, lalu studio di usia 22, serta meluncurkan label di usia ke 23, dan perusahaannya berhasil mencakup skala internasional di usia ke 30. Di awal-awal tahun begitu berat baginya, “Saya ingat sekali, lebih berat saat mulai menjadi pemilik usaha kecil dibanding memiliki ribuan pekerja dan 400 perusahaan. Membangun bisnis menggoreskan kerja keras 24 jam, dan 7 hari, yang kadang menyulitkan untuk membagi waktu bersama keluarga.

JK Rowling

jk rowling

Penulis terkemuka asal Inggris JK Rowling sudah mendapat ide menulis tentang Harry Potter di usianya yang ke-25 saat berada di kereta yang tertunda perjalanannya selama 4 jam tahun 1990. Ia pun memulai penulisan pertamanya di malam hari, namun baginya butuh tahunan untuk menyelesaikannya.

Ketika bekerja sebagai sekretaris untuk kantor London Amnesty International, Rowling dipecat akibat dinilai terlalu banyak bermimpi tentang Harry Potter. Namun, hal ini justru membuatnya semakin fokus dan tekun mengerjakan proyek penulisannya.

Selama melewati tahun-tahun itu pula, ia menikah, dan memiliki anak, tak lama setelah itu ia bercerai. Akibatnya, ia sempat didiagnosa mengidap depresi klinis sampai akhirnya ia mampu menyelesaikan bukunya di tahun 1995, dan berhasil dipublikasikan di tahun 1997.

 

*businessinsider

Leave a Reply

Your email address will not be published.