Ini Daftar 10 Negara yang Warganya Merasa Paling Bahagia

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Lupakan membeli mobil baru atau rumah mewah, coba saja langkahkan kaki kamu ke Finlandia, salah satu negara di Eropa yang dinobatkan paling mampu memberi kebahagiaan sejati bagi warganya.

Dikenal memiliki layanan publik dan sistem pendidikan terbaik serta stabilitas dan keamanan politik, tak heran jika Finlandia dijuluki sebagai negara di mana warganya merasa paling bahagia di muka bumi. Finlandia mengalahkan Norwegia yang berada di posisi pertama tahun lalu, berdasarkan World Happiness Report 2018 dilansir The Guardian.

Kajian yang dipublikasikan oleh UN Sustainable Development Solutions Network mendasarkan peringkat tersebut pada penilaian warga atas kesejahteraan mereka dalam poling yang diadakan Gallup World.

Negara-negara yang berada di posisi teratas memiliki enam variabel dengan angka tinggi yang mendukung kesejahteraan di antaranya: pendapatan, kesehatan, harapan hidup, bantuan sosial, kebebasan, kepercayaan dan kebaikan.

Berikut adalah daftarnya:

1. Finlandia

negara finlandia
sumber: roughguides

Negeri yang dikenal memiliki ratusan ribu danau ini selalu menarik perhatian wisatawan untuk menikmatinya saat musim panas. Tak hanya alam, masyarakatnya juga memiliki ritual budaya sauna yang banyak mendapat pengaruh dari budaya Nordik, Rusia dan Eropa.

“Merupakan sesuatu yang hebat bisa tinggal di negara paling bahagia, meski di sini sangat bersalju dan kami sering berjalan di atas salju yang basah,”kata Inari Lepisto (28), warga negara Finlandia.

Laporan World Happiness 201 juga menyebutkan, peringkat kebahagiaan para imigran, dan Finlandia masih bertengger di nomor 1 juga.

2. Norwegia

negara norwegia
sumber: visitnorway

Norwegia ternyata harus turun peringkat ke nomor 2 sebagai negara yang warganya merasa paling bahagia. Budaya yang terbentuk di Norwegia sangat erat kaitannya dengan sejarah dan letak geografis. Salah satunya adalah budaya pertanian unik yang hingga kini masih eksis

Salah seorang warga Norwegia, Tanya Tamburaci Weggen (34), mengatakan, tinggal di sin kami benar-benar merasakan meditasi, merasakan pula kelembutan air laut ketika bertemu ombak. Kami merasa begitu menyatu degan alam. Hidup lebih besar dibanding hanya sekedar bekerja 9-5.

3. Denmark

negara
sumber: visitdenmark

Masih dari kawasan Nordik, Denmark menempati urutan ketiga yang diklaim mampu memberikan kondisi bahagia bagi warganya. Budaya Denmark sangat kaya dengan peninggalan intelektual dan artistik.

Budaya dan seni berdiri sebagai hasil dari proporsi pendanaan pemerintah yang dikelola oleh otoritas lokal agar masyarakat bisa ikut terlibat. Kopenhagen sendiri merupakan ibukota yang memiliki ragam situs bersejarah dan atraksi seni terkenal.

4. Islandia

negara
sumber: nationalgeographic

Islandia menjadi salah satu negara di bagian Nordik yang juga memberi kebahagiaan lewat kebebasan personal dan jaminan sosial bagi warganya. Selain keindahan alam dan cuacanya yang dingin, budaya masyarakat Islandia sangat kaya dengan peninggalan literatur yang dimulai sejak abad 12 silam.

Kesenian tradisional dari negara ini di antaranya adalah merajut, seni perak, dan ukir kayu. Reykjavik menjadi area di mana terdapat beberapa teater, orkestra, opera, dan ragam seni galeri, toko buku, sinema, dan museum.

5. Swiss

negara
sumber: encyclopediabritannica

Budaya orang Swiss bisa dibilang cukup beragam, terefleksi dari kebiasaan tradisional  masyarakatnya. Bagi orang Swiss, puncak gunung juga memainkan peran penting dalam membentuk sejarah dan budaya Swiss.

Kini, semua area pegunungan Swiss memiliki budaya mendaki yang terkait dengan seni lokal, seperti alphorn dan yodeling. Ikon budaya Swiss lainnya, adalah cokelat Swiss, keju Swiss, serta jam Cowbell.

6. Belanda

negara
sumber: trafalgar.org

Peringkat Belanda sebagai negara paling bahagia tak berubah sejak tahun lalu. Negeri kincir angin ini memiliki budaya beragam, merefleksikan perbedaan regional seperti halnya pengaruh asing yang terbentuk sejak berabad-abad.

Orang Belanda dan masyarakatnya juga telah lama memainkan peran penting sebagai pusat liberalisasi budaya dan toleransi. Masa keemasan orang Belanda disebut dengan zenith.

7. Kanada

negara
sumber: lonelyplanet

Masuknya Kanada menjadi salah satu negara paling bahagia, tentu bukan saja dipengaruhi oleh si Perdana Menteri tampan Justin Trudeau, namun juga negara ini dianggap paling menerima dan toleran  terhadap datangnya para imigran.

Menurut penulis sekaligus profesor emeritus ekonomi dari University of British Columbia, John Helliwell, ada konsistensi luar biasa antara kebahagiaan yang dirasakan para imigran dan warga lokal.

8. Selandia Baru

negara
sumber: therealdeal

Selain Kanada, Selandia Baru juga merupakan negara yang paling toleran terhadap datangnya para imigran. Negeri yang dikenal memiliki keindahan alam ini, kehidupan masyarakatnya banyak dipengaruhi oleh budaya Barat berdasarkan lingkungan dan letak geografisnya yang unik.

Namun, kita tak bisa melupakan juga campuran budaya suku asli Maori dan gelombang multi etnik beragam di era penjajahan Inggris di negeri rumah Hobbit tersebut.

9. Swedia

negara
sumber: vogue

Swedia dan masyarakatnya telah lama dikenal sangat perhatian terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kesejahteraan sosial. Mereka juga sangat merangkul kelompok- kelompok yang memiliki pandangan feminisme, anti rasis, dan dan anti fasisme.

10. Australia

negara
sumber: australia.com

Australia ternyata masih masuk daftar 10 negara yang warganya paling bahagia. Budaya Australia juga banyak mendapat pengaruh Barat, terutama Inggris, namun juga dipengaruhi oleh geografis unik dan kearifan lokal suku Aborigin serta orang Oseania. Berawal dari penjajahan Inggris tahun 1788, gelombang migrasi multi etnik pun terus berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.