Coba Pengalaman Jadi Kontributor Babe, Nulis, atau UC News

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Bagi para penggiat bisnis online, kreator konten, dan pemasaran internet, bisa mendulang rupiah dari google adsense tentu bukan sesuatu yang asing lagi. Sebagai informasi, google adsense adalah sebuah layanan dari Google yang membuat blog atau kanal Youtube seseorang bisa dipasangi iklan. Setiap iklan yang diklik, pemilik blog bisa mendapat penghasilan dari Google. Namun, ada jumlah minimal dana yang bisa ditarik.

Begitu banyak pengalaman orang yang jadi jutawan gara-gara google adsense ini, sebut saja Habibie Afsyah atau Asri Tadda yang penghasilannya sudah campur dolar dan rupiah sejak pertengahan 2000-an, bahkan kala itu fenomena internet marketing belum se-booming sekarang.

Namun, kita semua tahu bahwa memiliki blog atau kanal Youtube yang menghasilkan butuh kerja keras dan waktu bertahun-tahun membangunnya. Selain masalah konten yang perlu diperbarui berkala, menarik trafik segmen audiens, juga tak luput masalah sulitnya adsense disetujui pihak Google.

Contohnya saja, tak jarang ketika blog sudah cukup berumur dengan jumlah artikel lumayan, namun akhirnya harus gigit jari lantaran adsense tetiba ditolak atau di-banned Google tanpa alasan jelas. Ya, hal ini memang pernah dialami beberapa teman, bahkan mentor saya sendiri hehe……*capek dehh..

Nah, buat yang penasaran gimana caranya dapat penghasilan dari dunia online selain menjual barang, menggeluti adsense, teespring, CPA dan sejenisnya, kalian bisa mencoba jadi kontributor di beberapa situs media online berbasis UCG (user content generator).

Ini diutamakan bagi yang benar-benar hobi menulis yah.. (biar gak beban, karena nulis artikel yang bener-bener bagus itu capek, butuh konsentrasi dan ketenangan jiwa), ceilehh..

Tentu dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut rangkuman yang saya dapat dari beberapa sumber untuk dipertimbangkan:

Babe

pengalaman nulis di babe
sumber: jalantikus.com

Situs Babe ini berada dalam naungan grup yang sama dengan JalanTikus.com sebuah platform yang menyediakan informasi seputar teknologi, aplikasi dan game kekinian. Di situs Babe, ada sejumlah kategori yang bisa dipilih, seperti unik, hiburan, islam, otomotif, seks, humor, dan kesehatan.

Sejak Juli lalu, mereka memberlakukan fitur baru di mana tiap artikel yang bisa dibaca lebih dari 50 ribu viewers, akan mendapat reward sebesar Rp100.000. Terus gimana caranya bisa dapat 50 ribu viewers? Ini dia masalahnya, beberapa kontributor kerap mengeluhkan lamanya satu artikel dikurasi hingga keputusan diterima atau tidaknya artikel itu,  antara 2-4 minggu-an.

Nah, boro-boro ngarep dapat puluhan ribu viewers, diterbitin aja lama. Sekalinya direview, artikel ditolak dengan berbagai alasan yang kadang tak jelas-jelas amat. Misalnya, sumber gambar gak ada (padahal udah jelas ditulis), konten sudah ada di media lain (ini mungkin aja, tapi hari gini konten apa sih yang gak pernah diulas. Yang penting kan sudut pandangnya), tema kurang menarik, tidak penuhi 5-6 paragraf, paragraf penutup, dan lain-lainnya.

Haha, gak heran kalau banyak yang kesal. Tapi buat yang pantang nyerah, kalian nanti bisa diangkat jadi kontributor tetap dengan potensi penghasilan jutaan rupiah sebulan tentunya. Silahkan dicoba NULISBABE

Nulis.co.id

pengalaman nulis di nulis
sumber: bisnis.com

Dengan pengguna internet lebih dari 100 juta orang di Tanah Air, tak tanggung-tanggung, PT Digital Baca Nusantara (aplikasi Baca) menggelontorkan Rp130 miliar hingga mendapat pendanaan seri B senilai Rp263 miliar untuk pengembangan platform Nulis. Di sini, kontributor akan mendapat penghasilan lewat metode revenue sharing, di mana tiap artikel yang diterbitkan akan disusupi iklan. Makin banyak artikel diklik, maka makin besar pula potensi penghasilan. Bahkan, ada seorang kontributor yang  berhasil mendapatkan Rp10 juta dalam sebulan.

Dibandingkan Babe, sayangnya tim kurator Nulis belum memiliki standard operational procedure (SOP), untuk penulisan artikel atau gambar yang bisa diterbitkan. Hal ini mengakibatkan, banyak  artikel Nulis yang cenderung mengandung unsur click bait, di mana judul dibuat seheboh mungkin, tapi begitu diklik isinya yaaah gituu dehh. Tak jarang, banyak artikel juga yang tidak memenuhi aturan EYD yang benar. Yang tertarik boleh ke SINI

UC We-Media

pengalaman nulis di UC News
sumber: techinasia.com

Situs agregator berita satu ini memang berafiliasi dengan grup besutan Jack Ma, Alibaba dengan aplikasi UC News-nya. Sebelum terbit, setiap tulisan akan diperiksa oleh editor kelayakannya, di mana tiap artikel yang terbit akan dibayar menggunakan mata uang dolar tergantung jumlah viewers. Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu dengan investasi mencapai Rp400 miliar, mereka mengklaim telah memiliki 20 juta pengguna aktif bulanan di Tanah Air.

Beberapa kontributor pun banyak yang menuliskan testimoni keberhasilannya mendapat penghasilan jutaan rupiah dari artikel-artikel yang diterbitkan di sini. Meski, ada beberapa keluhan juga di mana jumlah viewers kerap fluktuatif alias bisa menurun drastis yang berdampak pula pada penghasilan. DAFTAR SEKARANG

Kaskus

kaskus creator
sumber: antaranews.com

Selain aplikasi agregator berita di atas, ada juga beberapa situs media online yang telah lebih dulu populer, membuka peluang kerja sama dengan para kreator konten. Salah satunya, adalah Kaskus, sebuah komunitas forum daring terbesar di Indonesia. Sebetulnya, bukan hal baru jika sejak dulu para pengguna Kaskus juga bisa disebut sebagai kreator lewat diciptakannya berbagai thread diskusi. Tapi, platform yang baru ini memungkinkan para pengguna forum daring tersebut untuk membuat konten sekaligus mendapatkan komisi, tentunya berdasarkan jumlah view dan hasil kurasi tim editor.

Di Kaskus, aturannya setiap view yang diperoleh bisa dikumpulkan menjadi poin yang bisa ditukar dengan saldo Kaspay. Setiap 10 views akan mendapat 1 poin. Namun, ada minimal poin yang harus dipenuhi untuk ditukarkan yakni 5000 poin setara Rp 50.000 dan maksimal 10.000 poin atau setara Rp100.000. Mereka juga menargetkan untuk menggaet 100 kreator konten sejak awal diluncurkan beberapa bulan lalu. LOGIN KASKUS KREATOR

IDN Times

idn times kreator
sumber: techinasia.com

Tak bisa dimungkiri, jika kini makin banyak situs-situs media online yang menjaring target pembaca milenial. Selain Hipwee, Brilio, ada juga IDN Times dan Pop Bela ikut meramaikan lewat konten-konten khas kekinian yang lebih menyentuh kehidupan langsung generasi Y dan Z. Dirilis awal Februari 2017, para kreator akan ditampung di IDN Times Community dan mendapat kesempatan mendulang rupiah dari setiap artikel yang lolos kurasi.

Untuk komisi, IDN Times juga menggunakan sistem poin seperti Kaskus, di mana tiap 100 views dari artikel akan mendapat 1 poin senilai Rp100. Semakin banyak artikel terbit dan dibaca, tentu akan menambah potensi pendapatan pula. Minimal poin yang bisa ditukarkan adalah 500 poin dan kelipatannya. LOGIN IDN TIMES COMMUNITY

Selain, 5 situs di atas, kalian juga bisa menjajaki Brilio, Famous ID, BasaBasi.co, Voxpop, dan Vebma. Tak cuma bisa menyampaikan cerita lewat tulisan, tapi juga lewat video dan foto, plus dapat komisi yang lumayan buat jajan harian.

Selamat mencoba  🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.