Cara Mendaftar Rekening Jenius BTPN dan Aktivasi Kartu Sehari Jadi

Banner : Pelajaran Online 1,5 tahun

Sebenarnya udah tahu lama sih soal Jenius ini karena promosi mereka lumayan agresif dengan menggandeng salah satu riteler ternama, tapi saat itu masih males dan belum kepengen banget bikin. Sampai pada akhirnya, saya udah ngerasa kepepet banget harus buka rekening tabungan Jenius  hehe…

Meski, promonya cukup kenceng, saya malah baru tahu kalau Jenius itu salah satu produk dari BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional). Yaa..yaaa, BTPN cukup inovatif merilis layanan rekening digital Jenius yang notabene mampu menyasar kalangan muda.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2016 lalu, kini Jenius mengklaim sudah memiliki 350 ribu nasabah. Bahkan, menurut Product Head BTPN Irwan Sutjipto, hampir 100 persen pengguna Jenius adalah nasabah baru, bukan nasabah cross selling. Dalam setiap promonya yang saya lihat, Jenius memang cukup gencar menyasar  kalangan yang suka bepergian ke luar negeri, namun tidak memiliki kartu kredit untuk belanja.

Kebetulan saya juga bukan pengguna kartu kredit dari dulu, karena males kalau hidup harus terbebani utang sana sini wkwkwk… Padahal, ada beberapa transaksi yang saya butuhkan wajb menggunakan kartu kredit, akhirnya pinjem orang 😀

Nah, Jenius ini memang menjadi salah satu solusi bagi mereka yang anti kartu kredit tapi butuh melakukan transaksi internasional atau pembayaran online, seperti melakukan jual beli di eBay atau Amazon, beli lagu/album musisi di Spotify, iTunes, registrasi Paypal, langganan Netflix, atau bahkan beriklan di media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Buat kamu yang ingin membuka rekening tabungan Jenius sekaligus mengaktivasinya, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan, pertama kamu bisa meminta bantuan kru/staf jenius untuk mendatangi kamu langsung di lokasi, dan layanan ini gratis selama masih di area Jabodetabek dan Bandung. Kedua, mengunjungi langsung gerai layanan atau booth Jenius di beberapa tempat, seperti mal atau cabang Purna Bakti BPTN.  Lengkapnya ada di sini

Loh, bukannya aplikasinya bisa langsung diunduh di playstore, kenapa harus capek-capek datangin kru Jenius?

Karena waktu itu saya butuh aktivasi kartu sehari jadi, maka solusi yang paling gampang adalah langsung membuka rekening di gerai layanan Jenius di salah satu mal. Proses aktivasi dan kartu debit Visa Jenius juga langsung di-print atas nama kita di tempat.

Namun, jika kamu tak terlalu terburu-buru, maka setelah membuka rekening dengan mengisi data-data di aplikasi, kamu bisa menunggu aktivasi dan kartu dikirim ke alamat korespondensi dalam beberapa hari ke depan.

Ini beberapa langkah mudah saat membuka rekening di Jenius:

1.Unduh aplikasi jenius di playstore

jenius
sumber: nettren

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, karena Jenius ini merupakan rekening tabungan digital, maka segala transaksi pun dicatat lewat sebuah aplikasi. Beberapa fitur yang cukup menarik perhatian nasabah adalah In & Out Card Center, Dream Saver, Split Bill, dan bebas biaya admin bulanan.

Untuk fitur card center, memungkinkan pengguna memiliki empat kartu debit fisik dan satu kartu e card dengan limit transaksi kartu dapat diatur sendiri oleh pengguna. Dream Saver memungkinkan nasabah mengalokasikan dana sedikit demi sedikit untuk  rencana atau mimpi kebutuhan ke depan. Sedangkan, Split Bill juga memudahkan nasabah melakukan patungan bersama teman untuk kebutuhan tertentu.

2. Isi data diri dan ikuti langkah selanjutnya

jenius
sumber: youtube

Seperti umumnya membuka rekening bank, maka untuk pendaftaran kamu diharuskan mengisi sejumlah data penting. Siapkan dokumen penting seperti KTP, NPWP, dan tanda tangan di kertas putih. Tapi jangan dulu diambil fotonya lewat ponsel yah, karena selama proses pendaftaran di aplikasi, Jenius sudah otomatis menyediakan kamera untuk langsung mengambil foto dokumen yang sudah disiapkan itu. Nanti, juga ada prosedur di mana kamu harus selfie dengan KTP untuk database mereka. Proses pendaftaran paling cuma 15 menit, pastikan seluruh data yang diisi benar dan tidak ada typo.

3. Selesai, tinggal tunggu aktivasi

jenius
sumber twitter/jenius

Nah, setelah proses pendaftaran kelar, kamu tinggal menunggu aktivasi dan serah terima kartu debit Visa-nya. Seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau kamu mendaftar lewat playstore di gerai Jenius, maka kamu bisa mendapat kartu debit Visa hari itu juga. Namun, jika kamu melakukan pendaftaran sendiri, maka kamu harus menunggu beberapa hari ke depan untuk pengiriman kartu debit.

Di Jenius, memang ada dua tipe kartu yakni kartu debit fisik (m-card) dan kartu virtual (e-card) dalam bentuk aplikasi. Kartu debit fisik fungsinya sama saja dengan debit lain, seperti transaksi perbankan, tarik tunai, dan hal lainnya di ATM, bahkan termasuk transaksi online.

Gampang kan prosesnya? Selamat mencoba 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.